08 Oct 2018
Mangaka Ghosty's Comic
Raden Fajar Hadria
Raden Fajar Hadria
GHOSTY’s COMIC sendiri dibuat oleh Raden Fajar Hadria atau biasa dipanggil Fajar yang berasal dari Bandung coret atau daerah Cileunyi. Awalnya Fajar membuat komik ini karena melihat teman-temannya yang wibu dan ia gatal untuk membuat komik berdasarkan pengamatan yang ia lihat. Komik ini telah dirilis mulai dari 2015 dan sudah mendapatkan 155 ribu like di Facebook dan 53 ribu followers di Instagram. Komik ini juga telah diterbitkan menjadi buku yaitu Khilafpedia (2017), Khilafporia (2017), dan Wibutopia (2018).

Sebagai seorang pembuat komik, Fajar juga merupakan seorang pecinta manga yang teladan. Berikut lima rekomendasi manga pilihan Fajar dalam edisi pertama MangaRekomen kali ini:
Bakuman
Takeshi Obata / Tsugumi Ohba

Kenapa saya suka Bakuman bukan gara-gara cita-cita saya jadi komikus (meskipun pada akhirnya jadi komikus meme), tapi karena ceritanya mengandung realisme yang believable namun tetap mudah diikuti oleh orang awam. Dramanya pun bukan berupa klise seperti urusan percintaan (meskipun ada tapi masih grounded dan relatable), tapi lebih ke drama seputar karir sebagai komikus.

Yu-Gi-Oh !
Kazuki Takahashi

CARD GAMES ON MOTORCYCLES! Nggak deng, saya lebih suka yang original, karena saya bisa liat perkembangan sebuah TCG yang awalnya cuma parodi Magic the Gathering menjadi salah satu TCG paling ikonik di dunia. Ceritanya pun lebih menarik karena masih relatif simpel, tentang roh Pharaoh yang harus kembali ke alam baka, belum nyasar ke dimensi-dimensi lain atau dunia digital.”

Hunter X Hunter
Yoshihiro Togashi

Hiatus x Hiatus aside, saya suka HxH karena dia shonen, tapi rasanya bukan shonen. Dia bisa ngeblend klise-klise shonen seperti petualangan dan persahabatan dengan hal-hal yang lebih mature seperti konsep kejiwaan manusia, manuver politik, perebutan tahta, dan lainnya. Setiap arc pun punya atmosfir yang berbeda, jadi ga pernah bosen bacanya

Assassination Classroom
Yusei Matsui

Siapa yang tau usaha membunuh guru sendiri bisa jadi premis gag manga yang bagus? Kapan lagi anak SMP bisa punya niat membunuh yang tinggi?

Kapan lagi punya guru alien psikopat yang bisa ngajar lebih efektif dibanding guru biasa?

Death Note
Takeshi Obata / Tsugumi Ohba

Salah satu komik tentang perang psikologis paling seru. Di sini orang bukan bertarung pake kekuatan super atau fisik, tapi dengan akal bulus dan prediksi serta kapan lagi ada protagonis yang sekaligus jadi antagonis dan bisa memerankan kedua peran dengan baik?