MangaMon yang menjadi portal pertama dalam penjualan buku komik digital, telah mengadakan lomba ilustrasi karakter maskot yang sudah ditutup pada tanggal 25 Oktober 2015. Lomba ini bertujuan untuk mencari maskot resmi MangaMon. Dari dua kategori yang dilombakan, MangaMon menerima banyak sekali email submisi. Dan dari sekian banyak submisi yang diterima, MangaMon memilih 3 karakter pemenang dan 1 karakter favorit yang dipilih oleh para user melalui polling. Berikut adalah para pemenang dan juara favorit untuk kategori Maid.

Komentar Dari MangaMon
Ilustrasi dari PIKOMINT memiliki kualitas yang tinggi, dari segi desain maupun teknik pewarnaan; shading dan blending dikerjakan sangat rapih. Pemilihan palet warna juga disesuaikan dengan image maid tanpa terihat membosankan. Selain itu, PIKOMINT dengan kreatif memasukan unsur kuma ke dalam Maid-chan. Hal itu dapat dilihat dari stocking dan bando telinga beruang yang menjadi aksesoris Maid-chan. Salut untuk PIKOMINT!

Kesan dari Sang Artist
Selain bangga, tentunya saya merasa berterima kasih pada pihak mangamon, serta teman-teman yang telah memilih karya saya. Bahkan ada pula yang sengaja membuat akun di MangaMon hanya untuk memberikan suaranya untuk gambar saya. Saya merasa sangat berterima kasih pada semuanya.

Karakter yang saya gambar ini terinspirasi dari maskot beruang milik MangaMon. Itulah kenapa saya meletakkan sepasang telinga beruang di atas kepala karakter. Sebenarnya jika karakter itu menghadap ke belakang, dia juga memiliki ekor beruang, lho! Dan kebetulan saya menyukai karakter manusia bertelinga hewan, menurut saya mereka terlihat lucu sekaligus seksi.

Komentar dari Mangamon
Dari semua karakter maid berbentuk chibi yang masuk, karakter buatan RINAMINT ini sejak awal telah mencuri perhatian kami; mulai dari palet warna yang digunakan sampai detail-detail unik seperti nampan hologram yang ia bawa. RINAMINT menyampaikan unsur ‘komik digital’ yang memang merupakan visi dan misi utama MangaMon melalui lembaran-lembaran komik yang muncul dari nampan yang dibawa Maid-chan.

Kesan dari Sang Artist
Terimakasih sudah memilih saya sebagai juara 2 (^-^)

Saya sangat senang mengetahui kalau ternyata karya saya disukai. Tidak menyangka juga karena awalnya ikut lomba karena temanya yang menarik ^_^

Dalam membuat ilustrasi, saya banyak mendapat inspirasi dari karya-karya para artis dari dalam dan luar negeri. Selain itu, saya juga mendapat inspirasi dari buku-buku cerita, artbook, dan film animasi. Khusus untuk membuat maskot ini, saya juga mencari referensi foto-foto maid di Jepang.

Komentar dari MangaMon
Desain yang dikirim Rialyn merupakan desain yang paling mendetil! Tidak hanya tampilan depan belakang, Rialyn juga melampirkan latar belakang karakter, konsep, serta palet warna yang digunakan untuk karakter buatannya. Rialyn juga memadukan unsur kuma ke dalam desain ‘Rireze’. Penggunaan warna merah muda juga membedakan karakter ‘Rireze’ dengan karakter maid lainnya.

Kesan dari Sang Artist
Saya benar-benar tidak menyangka akan mendapatkan email dari MangaMon yang berisikan kalau saya terpilih menjadi juara 3 untuk lomba ilustrasi maid. Melihat desain peserta-peserta lain yang menurut saya lebih indah, saya sempat mengira saya tidak akan keluar sebagai juara. Tapi, saya benar-benar bersyukur bisa menang dan saya benar-benar berterima kasih kepada teman-teman yang telah menyemangati saya agar tidak menyerah dan terus melihat ke depan sampai akhir.

Inspirasi utama yang saya dapat untuk desain maskot MangaMon berasal dari logo MangaMon dan juga beruang cokelat yang menjadi profile picture halaman Facebook MangaMon. Logo MangaMon yang memiliki dominan warna merah, hitam dan putih, yang membuat maskot buatan saya mempunyai warna seperti itu. Beruangnya juga saya pakai untuk desain headset dan pattern-pattern lain yang terdapat di pakaian si maksot. Desain bajunya juga sebisa mungkin saya ubah supaya tidak mengikuti pakaian maid pada umumnya. Saya ingin membuat desain baju main dan karakter yang unik. Karena itu, maskot saya yang bernama Rireze lahir.

Karakter maid dari Iraseugin terpilih sebagai ‘Karakter Favorit Pilihan Pembaca’ dengan jumlah suara 76! Selamat, Iraseugin

Kesan dari Sang Artist
Waaaah terima kasih banyak!! Benar-benar ngggak menyangka bisa terpilih menjadi pemenang favorit karena desain dari peserta lainnya bagus-bagus. Pokoknya, terima kasih buat MangaMon yang sudah menyelenggarakan lomba Illustrasi Maskot ini, dan juga terima kasih banyak untuk semua yang sudah nge-vote!

Banyak hal yang menjadi inspirasi ketika menggambar. Tapi untuk karakter ini, saya terinspirasi dari maid pada umumnya yang terkesan imut dan enerjik. Ditambah dengan dessert manis untuk memperkuat kesan ceria dan imut.

Itulah para pemenang dan juara favorit untuk kategori maid! Terima kasih untuk semuanya yang sudah mengirimkan karyanya kepada MangaMon! Bagi yang belum menang, jangan berkecil hati karena kami akan mengadakan kembali lomba ilustrasi karakter dengan tema yang berbeda! Sampai jumpa di kesempatan berikutnya!

Promo dan Kontes Terkait