Hasil Lomba Komik Gelar Jepang UI 22 with Manga-Mon

Bekerjasama dengan Gelar Jepang Universitas Indonesia Ke-22, kali ini Manga-Mon menggelar Lomba Komik dengan tema ‘Tanabata’. Lomba yang ditutup pada tanggal 7 Juli ini berhasil mengumpulkan 31 karya dari calon komikus berbakat di Indonesia. Dari ke-31 karya yang masuk, para juri pun menentukan 3 karya terbaik. Walaupun posisi Juara Favorit belum ditentukan karena poling di Manga-Mon masih berjalan, tidak ada salahnya, ‘kan, kalau Juara 1-3 diumumkan lebih dulu.

Nah, penasaran dengan karya apa saja yang jadi pemenang? Let’s check it out!


Heaven's Work

Astrid Mustika Syamsuri

total skor : 118

Heaven's Work Score
CategoryScore
Story17
Art17
Character Development18
Pacing18
Framing17
Dialog Flow15
Creativity16

Mukhlis Nur

Idenya untuk mengambil sudut pandang Kasasagi yang sebenarnya karakter sampingan menjadikan cerita ini lebih fresh dari yang lainnya. Pengembangan karakternya juga cukup seimbang dan jelas dengan humor yang natural dan moment yang tepat. Walaupun ada beberapa panel dan penempatan dialog yang agak kurang sesuai, tapi secara keseluruhan alurnya tidak terlalu terganggu. Secara visual, karakternya yang sangat ekspresif dan digambarkan dengan baik, serta menarik juga menjadi nilai plus bagi komik ini.

Aruni

Ini bagus! Dari gambar, cerita, sampai panelling-nya sangat bagus. Humor-nya juga tidak cringe sama sekali. Satu-satunya komik yang memfokuskan cerita pada karakter burung kasasagi instead of Hikoboshi Orihime-nya.

Dewitri Virika

Menarik. Flow ceritanya mengalir sehingga enak untuk dibaca. Pengembangan karakter yang muncul juga sangat menarik. Good work!

Raina

Saya sangat enjoy ketika membaca komik, dan menurut saya komik ini juga menarik untuk dikiuti! Ceritanya ringan, namun lucu dan sesuai dengan tema yang diberikan. Teknik menggunakan screen tone, latar, dan efeknya juga dikerjakan dengan sangat baik.



One 'Fine' Tanabata Day

Rininta Widya

total skor : 116

One 'Fine' Tanabata Day
CategoryScore
Story18
Art14
Character Development17
Pacing16
Framing14
Dialog Flow16
Creativity20

Raina

Saya sangat enjoy membaca komik ini! Hikoboshi yang turun ke bumi ternyata seorang cowok dengan sifat flamboyan, bossy, dan hobi belanja. Kekurangannya adalah ada beberapa halaman yang terlalu penuh sehingga agak sukar untuk dibaca. Dari segi art dan teknik menggambar, saya rasa sudah bagus. Jika ingin dikembangkan lagi, mungkin bisa dibuat chapter tentang Orihime juga. He he he.

Mukhlis Nur

Menurut saya, yang menarik dari komik ini adalah karakterisasi Hikoboshi yang dibuat dengan unik dan interaksinya dengan karakter utama yang sifatnya kontradiktif. Secara visual, komik ini juga cukup baik dengan panelling serta flow dialog yang cukup baik. Tapi, kekurangan dari komik ini hanya pada bagian penyelesaiannya yang menurut saya terlalu cepat sehingga pembaca mungkin akan merasa agak kurang puas.

Dear, Orihime

Wava Carissa P

total skor : 115

Dear, Orihime Score
CategoryScore
Story8
Art8
Character Development7
Pacing8
Framing8
Dialog Flow8
Creativity8

Aruni

This makes me smile. Ceritanya yang hangat benar-benar didukung dengan visual yang simple. Efek yang dipakai juga cantik dan berhasil membuat seluruh halamannya terlihat bersinar

Dewitri Virika

Walau sempat bingung ketika membacanya, saya suka dengan ide pengarang. Twist-nya juga muncul di saat yang tepat. Kerja bagus!



Hope

Yuditha Ummiati

Total Suara: 277 Suara

Komentar Kami

Komik “Hope” karya Yuditha Ummiati keluar menjadi Juara Favorit berdasarkan poling yang diadakan. Dengan total vote sebesar 277 suara, Komik ini berhasil menjadi komik favorit di lomba komik Gelar Jepang UI ke-22. Selamat, ya!


Nah, bagi yang belum sempat mengikuti lomba kali ini, kalian bisa ikutan lomba komik berikutnya.

Klik banner lomba komik terbaru untuk melihat lombanya!

Promo dan Kontes Terkait