Ketahui 4 Cara Merawat Gigi Agar Tidak Berlubang


Menyikat gigi menjadi rutinitas setiap pagi, sore atau malam hari. Sayangnya permasalahan gigi sering timbul dan menimbulkan rasa nyeri, alhasil banyak kegiatan terbengkalai karena tak tahan rasa nyerinya. Solusinya adalah  cara merawat gigi dengan benar agar tidak berlubang.

Cara Merawat Gigi Agar Tidak Berlubang

Sejatinya, gigi berlubang diawali dengan permukaan gigi yang melunak atau proses demineralisasi. Sementara permukaan gigi yang berlubang disebut enamel gigi yang biasanya terdapat bercak putih atau cokelat. Jika dibiarkan, gigi akan keropos dan sering sakit gigi. Untuk itulah dibawah ini ada cara merawat gigi agar tidak berlubang, yaitu:

Menggunakan Pasta Gigi Berkualitas

Menyikat gigi wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi, Anda dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride sehingga gigi bisa kuat. Pasalnya menurut penelitian, fluoride mampu menghentikan proses terjadinya gigi berlubang. Alhasil masalah gigi berlubang dapat diatasi sejak dini, usahakan cara menggosok gigi yang benar dan sesuai anjuran dokter agar tak merusak email gigi.

Selain itu kandungan tersebut membuat gigi lebih kuat dan tahan pada serangan kuman maupun asam. Walaupun gigi sudah berlubang, jangan tinggalkan cara merawat gigi berlubang sehingga kesehatan gigi dan gusi tetap terjaga.

Memberikan Sealant Gigi

Anda tipe orang yang suka menyantap makanan manis, panas atau soda? Hal tersebut memicu gigi berlubang dan permasalahan gigi lainnya. Agar tak merasakan nyerinya sakit gigi akibat berlubang, dapat menggunakan sealant gigi karena mampu bertahan lama lo. Baik kisaran bulan atau tahunan, alasannya karena sealant gigi mengandung lapisan protektif sehingga mambantu plak gigi maupun sisa makanan tak terjebak di dalam sudut gigi.

Walaupun efektif menjaga kesehatan gigi, diperlukan konsultasi dengan dokter gigi agar tidak ada kesalahan penggunaan. Anda dapat mendatangi Klinik Mayapada Central park dan melakukan pemeriksaan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Membatasi Konsumsi Makanan Manis

Mayoritas orang menyukai makanan atau minuman manis karena dianggap dapat menghilangkan stress. Apalagi untuk orang yang sibuk, mereka menjadikan makanan manis sebagai penghilang lelah.

Maraknya camilan atau minuman manis membuat banyak orang susah menghentikan mengkonsumsi. Alasannya karena rasanya lezat dan bikin nagih, walaupun sudah mengetahui makanan manis membuat gigi berlubang tetapi banyak yang mengabaikannya. Alhasil tingkat permasalahan gigi melonjak tajam karena kebiasaan tidak sehat mengkonsumsi makanan. Berusahalah membatasi makanan manis demi menjaga kesehatan gigi.

Memberikan Fluoride Bentuk Gel

Jangan salah loh, fluoride ada yang berbentuk gel dan mudah digunakan. Caranya pun mudah, cukup menggunakan nampan khusus berbentuk plastik yang lentur. Kemudian diisi fluoride gel dan dimasukkan ke dalam mulut yang direkatkan dengan gigi. Biarkan sekitar 3 menit, agar hasilnya maksimal Anda bisa mencari waktu luang sehingga tak terganggu aktifitas lain.

Anda dapat merawat gigi dengan fluoride gel dengan pengulangan sekitar 3 sampai 6 bulan sekali. Tentunya tergantung kondisi gig, jika kerusakan gigi cukup parah maka dokter gigi akan memberikan aturan pemberian fluoride gel. Cara tersebut dapat dijadikan cara merawat gigi palsu karena gigi palsu juga membutuhkan perawatan.

Banyak yang mengabaikan cara merawat gigi agar tidak berlubang karena dianggap sepele sehingga mudah diterapkan. Padahal terbilang sulit jika pola hidup sehat tidak tidak atur. Tenang saja, agar kesehatan gigi selalu terjaga dapat berkonsultasi dengan dokter menggunakan Halodoc. Anda bebas berkonsultasi mengenai permasalahan gigi dengan dokter yang berpengalaman, pastinya cukup menggunakan Smartphone.

Pastinya banyak informasi penting perihal kesehatan yang dapat dijadikan wawasan, diantaranya adalah obat apa yang pas untuk gigi berkarang, cara merawat gigi berkarang dan informasi lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Ketahui 4 Cara Merawat Gigi Agar Tidak Berlubang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel