5 Tips Dasar Bagi Perawatan Bayi Baru Lahir Yang Wajib Anda Ketahui


Merawat bayi akan menjadi pengalaman baru yang akan dirasakan oleh para orangtua baru. Rasa senang bisa melihatnya lahir dan lelah akan menyatu menjadi satu, sebab anda perlu melakukan serangkaian perawatan bayi baru lahir dengan ekstra hati hati. Pada awal kelahirannya, bahkan tidak banyak pula orangtua yang mengeluh susah tidur hingga jatuh sakit. Agar tidak salah langkah, berikut tips dasar untuk merawat bayi yang perlu diketahui.

Tips Dasar dalam Merawat Bayi Newborn yang Tepat

1. Menggendong Bayi yang Benar

Badannya yang terlihat mungil dan rapuh, merupakan alasan utama mengapa banyak orang yang enggan menggendong si kecil. Namun sebagai orangtua, wajib untuk mengetahui bagaimana cara menggendong si kecil dengan benar. Pengetahuan dasar ini perlu diketahui, mengingat otot lehernya belum bisa menompang berat kepalanya sendiri. Inilah alasan mengapa orang yang menggendong bayi, selalu memegang leher bayi hingga lehernya cukup kokoh.

2. Menyusui

Mengetahui cara menyusui yang tepat, merupakan pengetahuan dasar sebelum menjadi seorang ibu. Jangan menunggu si kecil menangis terlebih dahulu, namun anda bisa memenuhi kebutuhannya dengan memberikan susu selama dua hingga tiga jam sekali. Apabila anda terlambat memberikan ASI, ditakutkan si kecil mengalami dehidrasi maupun penyakit kuning karena tidak mendapatkan asupan yang diperlukannya.

3. Membuat Bayi Bersendawa

Meski terkesan sepele, ternyata membuat bayi bersendawa merupakan pengetahuan dasar yang harus diketahui oleh para orangtua baru. Perawatan bayi baru lahir ini perlu diasah, sebab adanya udara yang ikut tertelan saat si kecil sedang menyusui. Dengan mengeluarkan gas yang terperankap di dalam perutnya, menghindari si kecil rewel karena merasa badannya kurang sehat.

4. Mengetahui Pola Tidur

Kurang tidur disertai tubuh letih, merupakan keluhan yang seringkali telontar oleh para orangtua baru. Salah satu faktor penyebabnya adalah sang ibu yang harus menyesuaikan diri dengan pola tidur sang buah hati yang memiliki durasi pendek, meski secara keseluruhan bayi membutuhkan tidur sekitar 16 jam pada dua bulan awal kelahirannya. Hal ini disebabkan oleh lambungnya yang hanya bisa menampung makanan dalam jumlah sedikit.

5. Perawatan Tali Pusar

Bagian pusar bisa dikatakan sebagai titik krusial pada usia awal kelahiran si kecil. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan perawatan bayi baru lahiryang tepat agar tali pusarnya tetap higienis. Bahkan beberapa dokter tidak memberikan saran untuk tidak memandikan si kecil hingga tali pusarnya terputus dan pusarnya telah mengering. Jika ingin memandikannya, pastikan bahwa bagian pusar tetap kering dan bersih.

Kondisi tubuhnya yang masih rentan, membuat si kecil sangat bergantung pada orangtuanya. Oleh karenanya, tidak jarang pula yang merasa letih hanya untuk fokus merawat si kecil. Belum lagi dengan banyaknya masukan bagaimana cara ideal merawat dan membesarkannya dari orang lain. Kini tidak perlu khawatir, sebab setiap keluarga memang memiliki karater berbeda meski secara garis besar perawatannya hampir serupa.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Dasar Bagi Perawatan Bayi Baru Lahir Yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel