Ciri Ciri Pohon Jambu

Ciri Ciri Pohon Jambu

Terdapat berbagai macam buah jambu, namun yang sering dikonsumsi adalah jenis kristal. Mayoritas orang menyebutnya dengan jambu biji karena bentuk fisiknya hampir sama. Namun perbedaannya, jambu kristal memiliki rasa yang lebih manis dan memiliki lebih banyak daging. Kamu harus mengetahui ciri-ciri pohon jambu kristal yang lain agar benar-benar paham.

Apa Saja Ciri-Ciri Pohon Jambu?

Jenis jambu kristal ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi di pasaran. Hal ini dikarenakan rasanya yang manis, tekstur renyah dan bijinya sedikit, sehingga memudahkan orang yang mengkonsumsinya. Selain itu, ia dipercaya sebagai antioksidan dan penghenti diare paling ampuh.

Asal mula buah ini dari Amerika Tengah dan menyebar ke beberapa negara di Asia termasuk Indonesia. Sangat cocok ditanam di iklim tropis baik di daratan ataupun pegunungan. Untuk varietas kristal sendiri ditemukan pada tahun 1991 di Taiwan dan diyakini sebagai mutasi dari Muangthai Pak. Berikut ini adalah ciri-cirinya:

Batang Pohon Jambu

Ciri khas pohon jambu adalah batangnya yang memiliki cabang tidak teratur. Baik di atas ataupun di bawah. Permukaan batangnya cukup licin, berwarna coklat muda dan agak terkelupas apalagi jika pada musim kemarau. Ciri yang lainnya adalah berkayu keras, tidak mudah patah dan ulet.

Baca juga: Ciri Ciri Pohon Bambu

Walaupun demikian batang jambu tidak bisa digunakan sebagai bahan bangunan atau komponen yang lainnya. Jadi ketika sudah mati maka sering dibiarkan begitu saja. Satu lagi, agar tetap tumbuh subur maka harus rajin menyiraminya (kemarau), karena jambu tidak bisa tahan dengan udara yang sangat panas. Coba teliti, tidak ada yang tumbuh di Afrika.

Daun Pohon Jambu

Ciri yang kedua adalah daunnya yang berwarna hijau dan mempunyai bau yang sangat khas jika diremas atau dihancurkan. Masuk dalam kategori daun tunggal, bentuknya bulat namun sangat ramping. Daun jambu inilah yang biasanya dimanfaatkan sebagai obat pencernaan. Dipercaya mampu menghentikan seketika dengan cara menumbuk atau dibuat jus. 


Sama seperti batangnya, daun jambu akan berwarna hijau muda ketika baru tumbuh, hijau tua ketika sudah dewasa dan coklat apabila sudah waktunya menua dan jatuh. Oleh karena itu, jika kamu ingin membudidayakannya maka harus teliti terhadap segala komponen yang berkaitan agar bisa memprediksi kapan harus menyiram, memupuk dan tindakan lanjut.

Bunga Pohon Jambu

Bunga jambu ukurannya cukup kecil dan tumbuh di sekitar ketika daun pada ujung percabangan. Bunga inilah yang menjadi cikal bakal munculnya buah. Termasuk jenis sempurna karena memiliki dua jenis kelamin yaitu jantan dan betina. Pembuahan akan terjadi apabila terjadi penyerbukan, baik itu oleh udara ataupun serangan. 


Namun sayangnya, bunga jambu sangat mudah rontok apabila terkena angin atau hujan. Tapi jangan khawatir, tingkat keberhasilannya menjadi buah juga cukup tinggi. Hal ini dibuktikan tidak pernah sepinya stok jambu di pasaran.

Buah

Buah jambu terbagi menjadi dua jenis yaitu berbentuk bulat dan lonjong. Apabila masih muda ia akan berwarna hijau muda, kecil dan agak keras jika dipegang. Sedangkan apabila sudah tua maka akan melunak, ukuran besar dan warna kekuningan. Tapi kamu harus waspada jika berwarna coklat itu tandanya membusuk dan tidak bisa dikonsumsi lagi.

Buah jambu juga rentan dimakan oleh hewan malam seperti kelelawar. Oleh karena itu, beberapa orang memilih untuk membungkusnya ketika akan matang agar bisa dipanen secara utuh. Daging buahnya bervariasi ada yang berwarna hijau, putih, merah dan kuning tergantung jenisnya, namun untuk jambu kristal berwarna putih.

Biji Jambu

Biji sudah jelas terletak di dalam buah, untuk jambu kristal jumlahnya tidak terlalu banyak, sehingga sangat memudahkan orang yang mengkonsumsinya. Ukurannya kecil, semakin ke dalam maka semakin banyak jumlahnya, bisa dibilang terpusat di tengah daging.

Manfaat buah jambu banyak sekali. Pertama untuk kesehatan ibu hamil yang bisa mengurangi potensi anemia, premature, kecacatan janin dan masih banyak lagi yang lainnya. Kedua bisa mengobati diabetes melitus dengan cara mengambil airnya untuk diminum.

Sekarang kamu sudah mengerti apa saja ciri-ciri pohon jambu kristal secara umum. Lalu apakah jenis lain berbeda? Tidak, kecuali jambu air yang batangnya tumbuh lebih tinggi dengan daun yang lebih panjang.


Ciri Ciri Pohon Jambu - Mangamon

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Jambu "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel