Ciri Ciri Pohon Kelapa

Ciri Ciri Pohon Kelapa

Kelapa dalam bahasa Inggris disebut sebagai coconut. Pohon ini mulai muncul pada abad ke-16 di Spanyol. Namun untuk negara asalnya memang masih menjadi perdebatan, antara Amerika Selatan atau Asia. Banyak sekali manfaat yang dimiliki khususnya untuk kesehatan organ dalam. Tapi pernahkah kamu memerinci ciri-ciri pohon kelapa? Kalau belum, simak informasi di bawah ini ya!

Ciri-Ciri Khusus pada Pohon Kelapa

Terlepas dari perdebatan negara asalnya, pohon kelapa tersebar di daerah tropis, termasuk Indonesia. Hampir semua komponennya bermanfaat untuk dijadikan olahan makanan, minuman, kerajinan hingga obat-obatan. Contohnya adalah santan, tepung, nata de coco, kerajinan alami, obat penyubur rambut dan masih banyak lagi yang lainnya. Ini dia ciri-cirinya:

Akar

Jenis akar pada pohon kelapa adalah monokotil dan tidak memiliki akar tunggang. Radikula atau yang disebut dengan bakal akar mengalami pertumbuhan dengan arah memanjang ke bawah. Jika dihitung lebih rinci, selama 6 bulan akarnya mencapai panjang 15 cm dan tahan terhadap kadar garam yang tinggi. 


Susunannya adalah pertama serabut utama yang tumbuh secara horizontal dan vertikal. Ia akan bercabang dengan akar sekunder yang tumbuh dari atas ke bawah. Dari akar sekunder inilah tumbuh akar tersier yang panjangnya bisa mencapai 8 meter vertikal dan 16 meter horizontal.

Batang

Tahukah kamu bahwasanya batang pohon kelapa ini dibilang sebagai pohon sejati karena tidak memiliki cabang atau kayu, hanya satu saja dan bentuknya besar. Tapi tidak semuanya bisa tumbuh tinggi seperti yang banyak dilihat. Ada dua klasifikasi yaitu kerdil dengan ketinggian 20-60 kaki dan normal dengan ketinggian 98 kaki.

Manfaatnya sangat banyak sekali, bisa digunakan untuk kerajinan, lidi, bahan bakar dapur tradisional dan masih banyak lagi yang lainnya. Termasuk kategori barang langka karena jarang ada yang berniat untuk menebang batangnya dan lebih suka membiarkan tumbuh untuk diambil buahnya.

Buah

Inilah komponen yang paling ditunggu dari pohon kelapa, yaitu buahnya yang membungkus biji dalam lapisan keras. Pada umumnya memiliki tiga lapisan, pertama adalah exocarp yang halus dan berwarna hijau, kedua mesocarp yang berserat dan berlignin dan endocarp berwarna coklat, mengelilingi daging kelapa, ada air di dalamnya dan berwarna putih.

Buah kelapa bentuknya oval dengan diameter 10-20 cm. Jika masih muda ia akan berwarna hijau muda, lapisan endocarpnya lunak dan bertambah gelap dan keras seiring dengan kematangan usianya. Maka dari itu, di Jawa dikenal dengan dua jenis, yaitu kelapa muda dan tua. Sampai sini paham kan?

Bunga

Bunga jantan dan betina pohon kelapa disebut dengan monoecious yang tumbuh ketika sudah berusia 3 tahun. Berdasarkan sumber lain, bunga ini juga disebut sebagai polygamomonoecious.

Ciri-cirinya adalah bunga jantan lebih kecil dengan bentuk lonjong memanjang, sedangkan yang betina bentuknya besar dan bulat. Pohon kelapa juga mengalami penyerbukan silang.

Daun

Bentuk daun kelapa adalah menyirip dan tunggal. Bagian pelepahnya terdiri dari 2 baris duri tajam pada kedua sisinya dan teksturnya keras. Sedangkan anak daunnya berbaris dua-dua hingga ke ujung. Nah tulang daun yang sangat keras dan terletak di bagian tengah inilah yang bisa dimanfaatkan untuk membuat sapu lidi.

Bibit

Sebuah fakta menyebutkan bahwasanya bibit pohon kelapa adalah yang paling besar di dunia. Bentuknya oval dengan lebar 12x10 inci. Biji ini berasal dari buah kelapa yang sudah berwarna coklat. Produksinya sepanjang tahun dengan rata-rata 50-200 setiap tahunnya.

Bibit ini bisa beradaptasi dengan sangat baik dan mengambang di lautan bahkan bertahun-tahun lamanya. Lapisan luar yang keras disebut exocarp inilah yang membungkus sekam berserat tahan air.

Satu hal yang perlu digaris bawahi bahwasanya buah kelapa memiliki banyak sekali manfaat. Pertama adalah airnya yang sangat menyehatkan, seperti dapat membersihkan paru-paru, meningkatkan kualitas organ reproduksi dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan buahnya bisa digunakan untuk santan dan penyedap makanan.

Buah kelapa juga bisa diolah menjadi minyak yang digunakan sebagai bahan pengganti mentega. Lemak jenuh yang dimilikinya jauh lebih tinggi dibanding canola atau zaitun sehingga sangat baik untuk dikonsumsi dan tidak menyebabkan kegemukan. Nah, sekarang kamu sudah paham bukan apa saja ciri-ciri pohon kelapa dan sekilas manfaatnya?


Ciri Ciri Pohon Kelapa - Mangamon

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Kelapa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel