Ciri Ciri Pohon Pisang

Ciri Ciri Pohon Pisang

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti sudah tidak asing dengan berbagai olahan dari pisang. Ya, pohon satu ini memang memiliki banyak manfaat, mulai dari daun hingga akarnya. Pasti kamu juga sudah familiar dengan bentuk dan tempat tumbuhnya. Namun apakah kamu sudah tahu ciri-ciri pohon pisang? Jika belum, simak pembahasannya di bawah ini!

Ciri-Ciri Khusus pada Pohon Pisang

Secara umum, pisang dapat hidup di dataran rendah maupun tinggi. Untuk membudidayakannya tidak cukup sulit, kamu bisa menempatkannya di daerah dengan ketinggian 100 mdpl dengan tanah yang lumayan lembab dan terbuka. Pohon pisang juga akan tumbuh sangat baik jika terkena sinar matahari dan terhindar dari banyak genangan.

Manfaatnya sangat banyak, di antaranya adalah bagus untuk pencernaan karena mengandung gula, mengobati anemia karena zat besinya, baik untung lambung dan mencegah kanker usus. Bahkan beberapa ada yang mengkonsumsinya untuk diet harian yang ketat.

Sama halnya dengan pohon apel. Di Indonesia, pohon pisang sangat mudah ditemukan karena banyak yang menanamnya, pun peminatnya juga bisa dibilang tinggi karena bisa diolah menjadi makanan, minuman dan kerajinan lainnya. Bahkan beberapa ada yang go international loh, langsung saja ini dia ciri pohon pisang:

Akar

Dimulai dari bagian yang paling bawah yaitu akar berjenis serabut dalam jumlah yang cukup banyak. Walaupun demikian, akar pohon pisang sangat lunak loh sehingga tidak tahan terhadap tiupan angin kencang atau hujan. Maka jangan heran jika ia menjadi pohon yang paling rentan roboh ketika musim penghujan.

Kamu bahkan tidak memerlukan alat berat untuk memotongnya, cukup doyongkan ke samping maka pohon pisang akan roboh. Ciri akar yang lainnya adalah berwarna kecoklatan, tumbuh menyamping sejauh 4-5 meter dan mendekati permukaan tanah.

Batang

Ciri selanjutnya dari pohon pisang adalah batangnya yang tingginya 1-3 meter, bentuknya bulat silindris berlapis. Terdiri dari dua bagian satu batang asli dan batang semu. Batang asli terdapat di pangkal, posisinya tenggelam di dalam tanah. Sedangkan yang semu terdiri dari pelepah daun dan berdiri tegak kokoh di atas tanah.

Kamu juga perlu tahu bahwasanya batang pisang tidak memiliki kambium, hal ini tentu berbeda dengan pohon mangga. Bagian bawah batang asli juga diselimuti dengan tunas baru, yang bisa dipotong dan ditanam kembali agar berkembang biak.

Sedangkan batang palsunya berperan sebagai pembentuk dan pelindung lapisan baru. Jika kamu bertanya apa warna pohon pisang sudah bisa dipastikan berwarna hijau muda dengan lapisan kecoklatan.

Bunga

Siapa bilang jika pisang tidak memiliki bunga? Ini merupakan salah satu ciri pohon yang sempurna, tanpa bunga sebuah tumbuhan tidak akan bisa bereproduksi. Terdiri dari dua jenis, betina yang terletak di pangkal dan jantan yang terletak di tengah pohon. Warnanya merah muda, mahkota kekuning-kuningan dengan serabut halus berwarna kehitaman.

Buah

Ciri pohon pisang selanjutnya yaitu buah. Ada yang memiliki biji dan ada yang tidak. Berbiji ika penyerbukan terjadi karena bantuan serangga penyerbuk dan tidak berbiji jika tepung sari yang dihasilkan tidak terlalu subur.

Rasanya cenderung manis tapi ada juga jenis lain yang sedikit asam. Berwarna kehijauan jika belum matang dan berwarna kekuningan jika sudah matang. Tersusun menjadi beberapa sisir dan tandan, satu sisir berisi empat hingga sepuluh buah. Apabila dibandingkan dengan yang lainnya, buah pisang sangat unik karena tumbuhnya bertumpuk.

Daun

Daun pohon pisang berbentuk bulat, sedikit lonjong, memanjang, melebar dan mengandung banyak air. Pada bagian tulangnya terbentuk dari pelepah, ujung tumpul dan tepi merata. Jika masih muda, warnanya hijau muda tapi jika sudah tua berwarna hijau tua. Bisa dimanfaatkan untuk membungkus makanan ataupun penyedap rasa.

Diakui atau tidak, makanan yang dibungkus dengan daun pisang rasanya akan lebih lezat dibanding bungkus modern. Hal ini dikarenakan daun memiliki zat penyedap alami.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri pohon pisang adalah batangnya berair, daunnya mudah robek, termasuk jenis monokotil, akarnya serabut, berkembang biak dengan tunas, dan jantung pisang sebagai bunganya. Pohon pisang ini menyandang predikat pohon seribu manfaat, karena bisa diolah menjadi beraneka ragam makanan dan minuman yang menyehatkan.


Ciri Ciri Pohon Pisang - Mangamon

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Pisang "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel