Ciri Ciri Pohon Serut di Alam Liar

Ciri Ciri Pohon Serut di Alam Liar

Nama lain pohon serut adalah bonsai, di mana pohon ini sedang banyak diburu oleh penggemar tanaman unik. Nama ilmiahnya adalah Streblus asper yang sekilas mirip pohon yang sudah berumur ratusan tahun lamanya. Walaupun demikian, jika dilihat secara seksama tanaman ini sangat eksotis dan mudah dibentuk. Lalu apa saja sih ciri-ciri pohon serut di alam liar?

Ciri-Ciri Khusus Pohon Serut di Alam Liar yang Perlu Diketahui

Serut adalah tanaman asli dari Asia Tenggara, dipercaya memiliki banyak khasiat mulai mistis hingga kesehatan. Nama Inggrisnya adalah Siamese Rough Bush, termasuk golongan keluarga Moraceae. Ukurannya ada yang sedang dan tinggi, dengan panjang sekitar 4-15 meter. Karena termasuk monoecious, bunga jantan dan betinanya tumbuh terpisah, tapi masih tetap satu pohon.

Manfaatnya banyak sekali selain sebagai tanaman penghias kantor atau rumah ia juga bisa dijadikan bahan baku pembuatan kertas. Jika kamu penasaran, bisa melihat teks kuno yang ada di Thailand, itu adalah hasil olahan dari pohon ini. Lebih menarik lagi, bahwa beberapa jenis lain dari pohon serut bisa digunakan untuk mengobati sakit kusta, kanker dan demam. 


Jenisnya ada tiga, pertama adalah serut merah dengan batang warna putih dan bunga warna merah. Kedua adalah serut liar yang akan dibahas di bawah ini dengan batang sedikit pucat. Kemudian serut lanang yang memiliki batang berduri dan berwarna hijau dan terakhir adalah serut bonsai yang tumbuh liar di pedesaan, namun harganya relatif tinggi yaitu sekitar 2-6 juta/pohonnya.

Yuk langsung saja ini dia ciri-cirinya:

Akar Pohon Serut

Jenis akarnya adalah tunggal dengan ukuran yang sangat besar dan menusuk tajam ke dalam tanah. Pada beberapa kasus, akar pohon ini bisa lebih tinggi dibanding ukuran batangnya. Tapi semakin estetik dan besar maka semakin naik jumlah penggemar dan harga jualnya, karena ini adalah komponen penilaian utama.

Daun Serut

Selanjutnya adalah dauh pohon serut, berwarna hijau dan bergerigi. Cirinya tidak jauh berbeda dengan pohon yang lain yaitu saat musim kemarau tiba ia akan beradaptasi dengan cara menggugurkan daunnya. Teksturnya agak kasar dengan panjang 3-7 cm dan lebar 1,5-2,5 cm. 


Tapi kamu harus teliti ya, karena secara sekilas daun serut hampir mirip dengan pohon lainnya yang juga tumbuh di alam liar.

Batang Pohon Serut

Batang pohon serut ini sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan yang lainnya, warnanya putih, teksturnya keras dan mampu bertahan hingga ratusan tahun. Ini juga yang menjadi keunggulannya, sehingga banyak yang mengkreasikannya kemudian dipamerkan atau dilombakan agar menambah keuntungan.

Buah Serut

Walaupun disebut sebagai bonsai, tapi pada kenyataannya tidak sama ya. Pohon serut memiliki buah yang mana saat masih muda ia akan berwarna kehijauan. Jika sudah tua menjadi kekuningan atau orange. Ukurannya cukup kecil dengan diameter 8-10 milimeter. Apabila sudah matang rasanya sangat manis dan menyegarkan.

Bunga Pohon Serut

Bunganya berbentuk bulat dengan warna hijau kekuningan. Tapi di beberapa jenis ada yang berwarna putih. Biasanya bunga ini muncul di sela-sela ketiak daun.

Mengandung Antibakterial

Tahukah Anda jika di masa lalu pohon serut ini sering digunakan sebagai pembersih mulut sebelum ada pasta modern seperti saat ini. Oleh karena itu pohon ini dijuluki toothbrush tree. Setelah munculnya penelitian, ternyata serut memiliki aktivitas bakterisidal yang sangat selektif terhadap streptococcus dan sudah terbukti menyehatkan gigi.

Kulit Pohon Serut

Sesuai dengan namanya, kulitnya memiliki banyak sekali serat sehingga banyak digunakan oleh orang Thailand dan Vietnam sebagai bahan utama pembuat kertas. Ciri khasnya adalah tidak mudah terbakar. Namun kekurangannya harus ekstra hati-hati dalam pengolahan dan hanya bisa dilakukan dengan cara tradisional.

Sekarang kamu sudah memahami apa saja ciri-ciri pohon serut di alam liar, dari mulai akar, daun, batang pohon, bunga, hingga kulit pohonnya. Dengan mengetahui ciri-ciri pohon serut ini, kamu yang berminat untuk merawat pohonnya akan mudah melakukan pemeliharaannya. Pohon ini juga ternyata mengandung antibakterial yang dapat menyehatkan gigi.


Ciri Ciri Pohon Serut di Alam Liar  - Mangamon

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Serut di Alam Liar "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel