Manfaat Temulawak Selain untuk Bumbu Dapur dan Masakan

Manfaat Temulawak Selain untuk Bumbu Dapur dan Masakan

Temulawak masuk dalam salah satu jenis rempah yang juga banyak dikenal sebagai bumbu dapur dan juga masakan. Tetapi apakah Anda tahu bahwa temulawak juga sangat penting manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh? Jika temulawak dibuat jamu maka bisa menjadi salah satu alternative untuk jenis obat alami yang sangat luar biasa dan bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Maka dari itu, tidak heran bila manfaat temulawak memang dikenal masyarakat tidak hanya bisa digunakan untuk bumbu dapur atau bumbu masakan saja. Karena ternyata tanaman ini memiliki manfaat lain yang sangat luar biasa bagi tubuh manusia.

Temulawak untuk menjaga kesehatan tubuh memang sudah banyak sekali dikenal oleh masyarakat. Maka dari itu tidak heran bila saat ini temulawak banyak digunakan untuk pengobatan herbal. Dan menurut penelitian kesehatan yang telah berhasil dilakukan menyebutkan bahwa sampai dengan saat ini ada kurang 900 jenis obat yang menggunakan bahan dasar temulawak. Oleh karena itu tidak heran bila tanaman herbal satu ini memang sangat luar biasa manfaatnya dan juga menjadi salah satu tanaman obat unggulan yang dimiliki oleh Indonesia. Untuk yang penasaran dengan apa saja manfaat yang dimiliki oleh temulawak, berikut ini adalah beberapa penjelasannya:

Penambah nafsu makan

Manfaat pertama yang paling terkenal dari temulawak adalah biasanya digunakan untuk obat penambah nafsu makan. Tidak heran bila saat ini ada banyak sekali ramuan jamu yang menggunakan bahan temulawak untuk dijadikan sebagai obat penambah nafsu makan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Maka dari itu, apabila Anda menginginkan memiliki nafsu makan yang kuat pada diri Anda atau anak Anda, gunakan temulawak. Dijamin aman dan tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Bahwa menurut beberapa penelitian kesehatan menyebutkan bahwa temulawak juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dan cara penggunaannya juga cukup mudah yakni cukup hanya meminum air rebusan temulawak yang masih hangat atau sudah dingin sekalipun. Tetapi yang perlu diingat bila ingin menggunakan temulawak untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, saat merebus temulawak usahakan panci tetap terbuka. Karena di dalam temulawak banyak mengandung minyak atsiri sehingga nutrisinya tidak hilang.

Melindungi hati

Selain beberapa jenis manfaat seperti yang sudah disebutkan di atas, ternyata temulawak juga menjadi salah satu jenis obat herbal yang bisa digunakan untuk menjaga hati. Kandungan minta atsiri di dalam temulawak memang baik untuk penderita kolesterol. Dan jika mengkonsumsi temulawak dalam jangka yang panjang bisa digunakan untuk menyembuhkan kolesterol maka secara tidak langsung temulawak yang dikonsumsi tersebut juga bisa digunakan menjaga dan melindungi kesehatan hati.

Di atas adalah beberapa manfaat temulawak yang mungkin jarang sekali orang mengetahuinya. Mungkin memang saat ini masyarakat mengetahui bahwa biasanya memang temulawak bagus untuk meningkatkan nafsu makan. Padahal dibalik itu semua masih ada ratusan manfaat yang dimiliki oleh temulawak untuk menjaga kesehatan. Selai seperti yang sudah disebutkan di atas, kabarnya bahwa temulawak juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit maag. dan cara untuk menggunakannya juga sangat sederhana. Cukup minum air rebusan temulawak tersebut. Konsumsi dalam waktu yang rutin. Tetapi jangan terlalu berlebihan karena ditakutkan nantinya bisa menimbulkan efek samping yang tidak bagus untuk tubuh.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Temulawak Selain untuk Bumbu Dapur dan Masakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel