4 Daerah Penghasil Intan Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Intan Terbesar di Indonesia

Intan merupakan hasil bumi yang berupa mineral keras dan memiliki nilai jual tinggi serta daya leleh yang tinggi. Mineral berharga ini juga disebut dengan berlian sangat cocok digunakan untuk perhiasan. Di Indonesia sendiri, banyak pertambangan intan yang tersebar dengan kandungan kimia yang berbeda-beda. Nah mana saja daerah penghasil intan terbesar di Indonesia? Simak jawaban dan penjelasannya berikut ini.


Daftar Daerah Penghasil Intan Terbesar Di Indonesia

Kalimantan Tengah

Kekayaan alam Kalimantan tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Kalimantan tengah menjadi penghasil intan terbesar Indonesia yang hasilnya tak hanya untuk kebutuhan dalam negeri namun juga diekspor ke luar negeri. Ada beberapa titik penambangan intan tersebar di seluruh kawasan Kalimantan tengah yang dikelola oleh perusahaan-perusahaan besar.

Hingga saat ini penambangan intan di Kalimantan Tengah masih terus berjalan bahkan semakin meluas guna memenuhi kebutuhan intan baik dalam skala nasional maupun mancanegara. Maka tidak heran jika provinsi ini menjadi kawasan produktif dalam menghasilkan batu intan yang berkualitas. 


Kalimantan Selatan

Jika ada yang bertanya daerah penghasil intan terbesar di Indonesia, jawabannya adalah Kalimantan Selatan tepatnya di Martapura. Bahkan Martapura dijuluki sebagai penyumbang paling besar di Indonesia yang hasilnya mampu menutupi kebutuhan intan di dalam negeri. Selain itu, hasil berlian Martapura juga banyak diekspor ke luar negeri karena memiliki berlian berkualitas serta terbaik di dunia.

Banyaknya hasil intan yang terdapat di bumi Martapura, membuat daerah tersebut dijuluki sebagai kota Intan. Tidak hanya menghasilkan batu intan saja, namun di Martapura juga sebagai pusat transaksi sekaligus pusat batu intan diolah. Intan dari Martapura dapat dengan mudah ditemukan di toko perhiasan dalam bentuk aksesoris atau perhiasan yang cantik.

Populernya intan dari Martapura membuat pemerintah pusat menetapkan kawasan tambang Martapura sebagai tempat wisata. Kebijakan tersebut disambut baik oleh masyarakat namun tak sedikit pula masyarakat yang menolak karena lokasi tambang yang berlubang dan tanahnya yang tidak padat dapat memicu longsor. 


Kalimantan Barat

Tidak kalah dengan kawasan Kalimantan lainnya, Kalimantan Barat menyimpan kekayaan bebatuan alam yang bernilai tinggi. Kalimantan Barat menjadi penyumbang intan nasional yang tinggi dari beberapa wilayah. Terdapat pusat penambangan yang telah berdiri sejak lama yang saat ini semakin meluas dan hampir menguasai seperempat wilayah Kalimantan Barat.

Pusat penambangan intan terbesar Kalimantan Barat berada di Landak tepatnya di sungai Landak. Di sepanjang sungai landak terdapat kandungan mineral berharga tinggi yang digali oleh para penambang. Hasil intan Landak ini dijadikan sebagai produk intan unggulan oleh pemerintah Kalimantan Barat. 


Kalimantan Utara

Tanah Borneo memang pantas dijuluki sumber intan karena setiap provinsi di pulau Kalimantan mengandung intan di dalamnya, termasuk Kalimantan Utara. Meskipun masih terbilang baru, nyatanya Kalimantan Utara mampu menghasilkan intan terbaik dan berkualitas tinggi yang tidak kalah dengan mutu batu intan dari kawasan Kalimantan lainnya.

Provinsi di utara Kalimantan ini turut menyumbang pendapatan nasional dari hasil tambang intan yang bermutu tinggi. Pertambangan intan di Kalimantan Utara dikelola oleh perusahaan-perusahaan besar yang bekerjasama dengan pemerintah dalam upaya meningkatkan hasil dan memperluas daerah pertambangan. 


Itulah 4 daerah penghasil intan terbesar di Indonesia. Hingga saat ini intan paling banyak disumbang kali pulau Kalimantan dan menjadi komoditi batu alam yang menghasilkan nilai tinggi di Indonesia.


Daerah Penghasil Intan Terbesar di Indonesia - Mangamon

Belum ada Komentar untuk "4 Daerah Penghasil Intan Terbesar di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel