5 Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Timah di Indonesia

Hasil tambang di Indonesia tidak perlu diragukan lagi jumlah dan kualitasnya. Hal ini disebabkan negara kita dikaruniai sumber daya alam yang sangat melimpah. Minyak bumi, batu bara, perak, dan emas sudah sering kita dengar sebagai produk tambang yang dihasilkan oleh Indonesia. 

Namun masih ada beberapa hasil tambang lainnya yang kualitasnya tidak kalah bagusnya dengan produk tambang lainnya yaitu timah. Tiap tahun Indonesia menghasilkan lebih dari 100.000 ton timah. Hanya beberapa daerah saja yang terdapat timah sehingga jumlah dari produk tersebut tidak sebanyak produk tambang lainnya. Berikut beberapa daerah penghasil timah di Indonesia.

5 Daerah Penghasil Timah terbesar di Indonesia yang Harus Anda Ketahui

Daerah penghasil timah banyak ditemukan di Indonesia bagian barat yaitu Pulau Sumatra. Sangat sulit untuk mencari keberadaan sumber timah di Indonesia. Masing-masing pulau di Indonesia memang memiliki keunggulannya masing-masing dalam hasil tambang seperti Pulau Jawa yang terkenal dengan tambang perak, emas, dan hasil tambang lainnya. Berikut beberapa wilayah yang terkenal menghasilkan timah.


1. Bangka Belitung

Pulau ini memang sangat terkenal sebagai daerah penghasil timah di Indonesia yang terbesar. Lokasinya berada di daerah Manggar. Kehebatan daerah ini menghasilkan timah telah diakui oleh dunia. Daerah ini merupakan penghasil timah terbanyak setelah negara tirai bambu. Banyak faktor yang menyebabkan daerah ini kaya akan timah. Salah satu faktornya adalah terdapat banyak bebatuan yang mengandung sifat asam. Oleh karena itu, daerah ini dapat menghasilkan timah dengan kualitas terbaik.


2. Pulau Singkep

Timah ditambang di pulau ini sejak tahun 1812. Tidak hanya satu pihak pengelola saja yang menambang di tempat ini, melainkan banyak sekali pihak yang memanfaatkan keunggulan dari tempat tersebut. Pulau ini juga sudah dimanfaatkan dari zaman dahulu oleh Belanda. Pada zaman dahulu keunggulan dari tempat ini memang sudah diketahui oleh Belanda sehingga mereka memanfaatkan momen tersebut untuk mendapatkan hasil tambang yang cukup langka ini. 


3. Sungai Liat

Daerah ini juga dikenal sebagai daerah penghasil timah di Indonesia. Daerah ini cukup unik karena banyak juga ditemukan pasir di daerah sumber timahnya. Hal ini sangat berbeda dengan daerah lainnya yang sama-sama menghasilkan timah. Walaupun banyak ditemukan pasir, kualitas dari timah di daerah ini cukup baik dan bisa disejajarkan kualitasnya dengan daerah penghasil timah lainnya. 


4. Muntok

Daerah ini juga menjadi penghasil timah. Kejayaan dari daerah ini dalam menghasilkan timah membuat masyarakat setempat akhirnya mendirikan museum yang menjadi saksi dari kejayaan perkembangan timah di daerah tersebut. Nama dari museum tersebut adalah Museum Timah Muntok. Bangunan ini menggunakan bekas dari kantor pusat Banka Tinwinning yang merupakan perusahaan buatan Belanda yang saat ini berganti nama menjadi PT Timah TBK.


5. Bakinang

Bakinang merupakan penghasil timah tertua di Indonesia. Daerah ini juga sampai saat ini masih terus beroperasi dalam menghasilkan timah. Sejak tahun 1812 tempat ini sudah mulai aktif dalam menghasilkan tambang. 


5 daerah di atas adalah daerah penghasil timah di Indonesia yang terbesar. Potensi timah di Indonesia cukup besar sehingga harus digunakan sebaik mungkin. Selain itu, keberadaan timah juga harus dilestarikan dan tidak boleh dieksploitasi secara besar-besaran karena akan membuat bahan ini menjadi langka. Perlu adanya edukasi dari pemerintah kepada seluruh masyarakat di Indonesia agar keberadaan timah masih tetap terjaga dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, peran pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam hal ini.


Daerah Penghasil Timah di Indonesia - Mangamon

Belum ada Komentar untuk "5 Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel