Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Pantyliner dan Cara Menggunakan Pantyliner Saat Haid

Apa itu Pantyliner dan Cara Menggunakan Pantyliner Saat Haid

Bagi kaum hawa kesehatan organ intim tentu harus menjadi prioritas utama. Salah satunya dengan penggunaan panty liner, apa itu panty liner? Kita akan bahas apa dan bagaimana penggunaannya agar aman dan memberi manfaat bagi organ intim kita.

Jika dilihat dari bentuknya, sekilas mirip drngan pembalut yang biasa digunakan ketika Kamu datang bulan. Namun, panty liner lebih kecil dan tipis. Oleh sebab itu fungsi panty liner untuk mengatasi cairan vagina berlebih ataupun keputihan sehari-hari.

Apa Itu Panty Liner dan Bagaimana Menggunakannya?

Panty liner umum digunakan saat menjelang menstruasi ataupun sesudahnya. Sebab tanda-tanda jelang dan usai menstruasi adalah adanya flek ataupun cairan vagina yang keluar. Penggunaan panty liner yakni menjaga agar vagina tetap lembab dan celana dalam tetap bersih, sehingga Kamu tetap bisa beraktivitas dengan nyaman.

Perbedaan pembalut dan panty liner terlihat jelas dari ukurannya. Cukup menjawab jika daya serap panty liner tidak sebesar pembalut. Sehingga tidak bisa digunakan untuk menstruasi. 

Tidak disarankan menggunakan panty liner setiap hari. Sebab vagina yang terlalu lembab memudahkan jamur juga bakteri berkembang biak. Jika dibiarkan, tentu akan menimbulkan penyakit yang tidak diinginkan. Apabila tidak mendesak, sebaiknya membawa celana dalam cadangan dibandingkan menggunakan panty liner.

Namun jika kondisi memang mengharuskan menggunakannya, seperti cairan vagina maupun keputihan dalam jumlah banyak perhatikan bahan juga durasi pemakaiannya. Dengan begitu, kesehatan dan kebersihan organ intimmu akan tetap terjaga.

Cara yang Benar Dalam Menggunakan Panty Liner

Apabila kondisi mengharuskan mengenakan panty liner. Maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan juga lama pemakaiannya. Berikut ini tips memilih dan menggunakan panty liner agar aman dan tidak menimbulkan efek samping.

  • Gunakan panty liner non parfume. Beberapa produk hadir dengan wangi sirih atau lainnya guna menyamarkan bau cairan vagina ataupun keputihan. Namun panty liner yang bagus untuk keputihan adalah yang non parfume. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya iritasi atau peradangan di sekitar organ intim. Bahan panty liner dengan ekstra kapas yang lebih lembut juga amat bermanfaat bagi Kamu dengan kulit sensitif
  • Ganti panty liner minimal 2 jam sekali dan maksimal 4 jam sekali untuk menjaga kebersihannya. Jangan gunakan panty liner ketika Kamu tidur, agar sirkulasi udara terjaga sehingga organ intim tetap dengan kelembaban yang normal.

Sudah jelas bukan apa itu panty liner. Jika masih ada pertanyaan tentang panty liner, kesehatan organ kewanitaan ataupun lainnya. Kamu bisa kunjungi charmgirlstalk.com untuk dapatkan informasi lengkap seputar kewanitaan dan produk-produk terbaik yang disarankan. Pengetahuanmu akan bertambah, kesehatan kewanitaanmu juga akan terjaga.

Posting Komentar untuk "Apa itu Pantyliner dan Cara Menggunakan Pantyliner Saat Haid"