>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Payudara Kendur menurut SehatQ, Bukan Cuma Faktor Usia!


Payudara kendur adalah sebuah permasalahan yang kerap kali dialami kaum hawa. Semua bentuk payudara bisa berpotensi kendur. Entah itu berbentuk payudara bulat, payudara tubular, dan sebagainya.

Hal ini biasanya terjadi seiring bertambahnya usia. Seiring waktu, bertambahnya usia menyebabkan ligamen di payudara yang disebut ligamen Cooper meregang. Kondisi ini umumnya dialami perempuan saat mulai memasuki usia 40 tahun ke atas.

Faktor usia inilah yang umumnya menyebabkan payudara kendur. Jika sudah begini, biasanya perempuan akan sulit mendapatkan kepercayaannya kembali. Payudara kendur bisa mempengaruhi penampilan mereka sehingga kepercayaan diri tersebut berkurang. Banyak dari perempuan kenudian mencoba untuk mengatasi payudara mereka yang mulai kendur.

Namun terlepas dari faktor usia, ada berbagai faktor dan juga kondisi yang menyebabkan payudara kendur. Nah, lalu apa saja sih hal-hal yang bisa menyebabkan payudara kendur? pada pembahasan kali ini akan berbagi informasi seputar payudara yang kendur. Mari simak pembahasan selengkapnya.

Faktor-faktor Penyebab Payudara Kendur Selain Umur

Ada banyak faktor-faktor lain yang menyebabkan kendurnya payudara. Berikut telah kami rangkum untuk anda penjelasannya:

1. Bentuk Payudara

Biasanya, bentuk payudara yang lebih besar dan lebih berat cenderung lebih mudah untuk mengendur seiring bertambahnya waktu. 

Payudara yang berukuran besar akan lebih mendapatkan gaya gravitasi yang akan menarik ke bawah jika dibanding payudara berukuran kecil. Payudara dengan ukuran lebih kecil dan bulat umumnya mempertahankan bentuknya lebih awet dibandingkan payudara dengan ukuran besar dan lancip. 

2. Perubahan berat badan dengan drastis

Pertambahan atau penurunan berat badan secara drastis atau terjadi dalam jangka waktu cepat dapat memengaruhi bentuk payudara perempuan. Saat Anda mengalami penurunan berat badan secara signifikan, kulit payudara Anda bisa meregang dan mengkerut. Kondisi seperti ini dapat memicu payudara cepat kendur.

3. Faktor Genetik

Banyak faktor penyebab payudara kendur yang memang berasal dari faktor genetik seseorang, misalnya saja bentuk payudara, berat badan, serta kekuatan ligamen Cooper yang ada di payudara perempuan sebagai penyangga. Oleh karena itu, faktor genetik juga bisa menjadi alasan payudara mudah kendur jika seseorang berasal dari orang tua yang juga demikian.

4. Kehamilan

Jika Anda sedang hamil, maka jaringan ligamen yang menopang payudara akan meregang, hal ini terasa semakin berat saat menopang bayi Anda dan menyebabkan payudara kendur semasa mengandung. 

Selain itu, semakin sering Anda hamil, semakin berpotensi pula payudara Anda untuk kendur. Saat masih proses kehamilan dan menyusui, payudara akan lebih berisi untuk memfasilitasi kebutuhan janin dan bayi. Akan tetapi seusai masa menyusui, kulit payudara yang awalnya tertarik dan saluran payudara yang tadinya penuh tidak lagi terisi ASI (Air Susu Ibu), sehingga payudara kendur.

5. Olah raga

Beberapa jenis olah raga khususnya olahraga berat atau ekstrim juga bisa membuat payudara Anda mudah untuk mengendur. Hal ini disebabkan olah raga yang berat kemungkinan besar akan memberikan tekanan berlebih pada jaringan ligamen di payudara. Sehingga tekanan ini akan memberikan dampak pada bentuk payudara.

6. Indeks Massa Tubuh (IMT)

Indeks massa tubuh (IMT) adalah analisa ukuran yang didapatkan dari menghitung perbandingan berat dan tinggi badan seseorang untuk mengukur standar gizinya. 

Biasanya, perempuan dengan IMT yang lebih besar cenderung memiliki payudara yang lebih besar juga dibanding wanita dengan indeks massa tubuh kecil. Sehingga perempuan yang mempunyai IMT lebih besar akan lebih berpotensi mengalami pengenduran payudara. 

7. Merokok

Kebiasaan buruk seperti merokok juga merupakan salah satu penyebab payudara kendur. Salah satu efek buruk merokok bagi kulit ialah dapat menyebabkan kulit kehilangan kelenturan dan kekuatannya. Hal ini bisa terjadi entah itu pada perokok aktif maupun perokok pasif. Dengan begitu perempuan yang sering terkena dampak asap rokok akan cenderung berpotensi mengalami pengenduran payudara.

8. Penyakit-penyakit tertentu

Penyakit tertentu, khususnya penyakit kronis seperti kanker payudara dan tuberkulosis dapat melemahkan jaringan dan penyangga atau ligamen yang ada di payudara. Sehingga hal ini menyebabkan payudara kendur.

Nah, itulah kurang lebih faktor-faktor yang bisa menyebabkan payudara kendur. Perlu diketahui bahwa payudara yang kendur bukanlah perkara yang berbahaya menurut medis. Akan tetapi jika anda adalah perempuan yang ingin selalu menjaga penampilan Anda, maka Anda perlu melakukan upaya pencegahan untuk menghindari payudara kendur.

Apa Yang Harus Dilakukan?

Anda harus mencoba mengatur pola hidup anda sejak dini, hal ini perlu dilakukan mengingat payudara kendur juga bisa disebabkan oleh penyakit kronis seperti yang sudah dijelaskan. jagalah kesehatan semaksimal mungkin sebab hal itu akan menghindarkan anda dari penyakit yang efeknya bisa ke payudara anda. Sebisa mungkin hindarilah pengaruh rokok dan alkohol.

Jika Anda hendak menurunkan berat badan, alangkah baiknya juga Anda melakukannya secara bertahap dan perlahan. Hindari penggunaan obat atau usaha yang akan menurunkan berat badan secara drastis karena akan berpengaruh kepada payudara.

Melakukan olahraga sederhana seperti yoga juga bisa Anda lakukan. Gerakan-gerakan tertentu dalam yoga seperti standing forward bend, triangle pose, dan cobra pose dapat membantu memperkuat otot dada yang menyokong payudara. Selain itu, gerakan lainnya seperti headstands, inverted leg stretch, backbends bisa mengurangi pengaruh gravitasi payudara.

Makanan pun juga perlu diperhatikan. Anda dapat mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat membantu menutrisi payudara. Susu, keju, dan yogurt misalnya. Jangan lupa untuk menjaga konsumsi air putih juga.

Anda juga bisa melakukan terapi sederhana dengan memijat payudara Anda selama 15 menit sehari. Anda pun juga bisa mencoba mengencangkan dengan bahan alami seperti memijat dengan minyak zaitun atau memijatnya dengan es batu.

Seperti itulah pembahasan lengkap tentang payudara kendur dari SehatQ. Menjaga kesehatan dan bentuk payudara sangat bermanfaat bagi Anda khususnya yang ingin menjaga penampilan. 

Oleh karena itu perhatikan hal-hal seperti di atas untuk menjaga bentuk payudara Anda. Lihat juga Direktori Penyakit kami untuk melihat pembahasan penyakit-penyakit lain. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda ya!

Posting Komentar untuk "Penjelasan Payudara Kendur menurut SehatQ, Bukan Cuma Faktor Usia!"