21 September 2015

Pertengahan tahun ini, di Jepang telah dirilis adaptasi film layar lebar dari seri anime Love Live! School Idol Project. Sejak pertama kali diputar pada 13 Juni di Jepang, film ini berhasil mencetak prestasi yang luar biasa baik dari pendapatan filmnya maupun CD single nya yang berhasil masuk ke chart dunia. Kali ini, dikabarkan bahwa film rilisan Shochiku ini berhasil menjadi 5 film terlaris yang dirilis Shochiku dalam kurun waktu 15 tahun terakhir.

Meraup pendapatan sebesar 2.53 Milyar Yen (sekitar 280 Milyar Rupiah), film Love Live! School Idol The Movie masuk sebagai 5 film terlaris rilisan Shochiku sejak tahun 2000. Peringkat ke-4 film terlaris rilisan Shochiku sejak tahun 2000 diduduki oleh film Zatoichi dengan pendapatan sebesar 2,85 Milyar Yen (sekitar 313 Milyar Rupiah) dan posisi ketiga diraih oleh Yatterman dengan 3,14 milyar Yen (sekitar 345 Milyar Rupiah). Untuk posisi kedua diraih oleh film Love and Honor dengan pendapatan sebesar 4,11 Milyar Yen (sekitar 452 Milyar Rupiah), sedangkan posisi puncak diduduki oleh film Departures yang meraih pendapatan sebesar 6,46 Milyar Yen (sekitar 710 Milyar Rupiah).

Jika dilihat dari film-film rilisan Shochiku sejak 5 tahun terakhir atau setelah tahun 2010, Love Live! School Idol The Movie berhasil meraih posisi puncak mengalahkan film Hot Road dengan penghasilan 2,47 Milyar Yen (sekitar 271 Milyar Rupiah). Film Love Live! juga mengalahkan film Ototo! yang meraih 2,1 Milyar Yen (sekitar 231 Milyar Rupiah) serta K-ON! yang meraup untung 1,9 Milyar Yen (sekitar 209 Milyar Rupiah).

Cerita dari film layar lebar Love Live! ini sendiri disebut-sebut melanjutkan kisah yang ada pada akhir penayangan musim kedua seri animenya. Kisah dimulai setelah kejadian-kejadian di musim kedua, pada upacara kelulusan siswa tahun ketiga. Kelulusan siswa tahun ketiga berarti akhir µ; grup beranggotakan sembilan penyanyi remaja perempuan. Mereka berjalan-jalan di sekitar sekolah yang penuh kenangan. Namun usaha mereka keluar dari gerbang sekolah terhenti ketika sebuah email dikirimkan kepada mereka. Kisah baru untuk µ pun dimulai.

Love Live! merupakan proyek kerjasama studio Sunrise, perusahaan rekaman Lantis dan penerbit ASCII Media Works. Proyek 2D Idol ini diluncurkan pada tahun 2010 dan langsung menjadi fenomena di Jepang. Musim pertama anime ini ditayangkan pada tahun 2012 dan musim keduanya tayang pada tahun 2014.

Melalui laman resmi Love Live film ini dijadwalkan akan hadir di Indonesia mulai tanggal 21 Oktober 2015. Disebutkan bahwa jaringan bioskop CGV Blitz serta Cinemaxx akan turut menayangkan film ini di Indonesia.

Related article