21 September 2015

Sejak tanggal 12 September, Studio Ghibli Grand Exhibition atau Pameran Akbar Studio Ghibli berlangsung di Moricoro Park di Nagakute1, Prefektur Aichi. Pameran ini akan berlangsung hingga 8 November 2015.

Studio Ghibi Grand Exhibition adalah bagian istimewa dari “32nd National Urban Greenery Fair Aichi”, atau Pameran Nasional Penghijauan Urban ke-32, yang merayakan dirgahayu ke-10 dari acara World Exposition di Aichi tahun 2005. Atraksi utama dari acara ini adalah When Marnie Was There x Yohei Taneda Exhibition dan Studio Ghibli Grand Exhibition, yang dibuka untuk waktu terbatas.

Presiden Studio Ghibli Koji Hoshino, yang berperan dalam perencanaan dan pelaksanaan pameran, berkomentar pada upacara pembukaan untuk media dan pejabat industri tanggal 10 September, “Saya ingin semua orang untuk datang bersama dan menikmati balik layar dari dunia [film-film] Ghibli.” Yohei Taneda, konseptor dan art director dari When Marnie Was There, juga mengungkapkan, “Saya banyak terlibat dalam pameran ini. Ini detail kecil, tapi… saya membuat gapura di pintu masuk dan juga tangga kecilnya.” Beliau juga membicarakan tentang karirnya yang banyak terlibat dalam film live-action, “Menjadi art director di [Studio] Ghibli, saya dapat melihat hasil gambar tangan semuanya [para animator]; adalah pengalaman yang berharga. Sebuah kehormatan untuk menjadi bagian dari Studio Ghibli selama delapan tahun.”

Di dalam When Marnie Was There x Yohei Taneda Exhibition, yang berpusat pada karya terbaru Ghibli, terdapat set yang menciptakan kembali adegan-adegan dari filmnya dan bahkan lingkungan kerja dari anggota staff produksi. Selain itu, berbagai screen shot dan key frames dari film Marnie juga ditampilkan.

Pintu masuk When Marnie Was There x Yohei Taneda Exhibition. Pameran tersebut terletak di dalam kubah. © 2014 GNDHDDTK; Production Design by Yohei Taneda

Art Director Yohei Taneda memberi tur kepada para wartawan. © 2014 GNDHDDTK; Production Design by Yohei Taneda

Studio Ghibli Grand Exhibition diselenggarakan di lokasi yang berjarak 5-menit jalan kaki dari When Marnie Was There x Yohei Taneda Exhibition. Bagaimana film-film Studio Ghibli diciptakan, dan bagaimana mereka menjadi begitu terkenal? Pertanyaan-pertanyaan ini, beserta 30 tahun sejarah kreatif Studio Ghibli ditelusuri melalui sekitar 3.000 benda berharga yang dipajang, termasuk di antaranya material yang belum pernah dirilis, seperti catatan produksi dan proposal, poster dan brosur iklan, dan banyak lagi.

Di dalam Studio Ghibli Grand Exhibition. Kami disambut oleh Totoro. ©STUDIO GHIBLI

Related article