7 Oktober 2015

Baros International Animation Festival (BIAF) merupakan festival animasi tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Cimahi bekerjasama dengan Cimahi Creative Association (CCA). Tahun ini, BIAF akan diselenggarakan pada 7 – 10 Oktober 2015 di Area Simply Valore Hotel Baros, Cimahi, Jawa Barat.

“BIAF diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan kota Cimahi sebagai pusat pengembanngan industri animasi di Indonesia. Ada enam program yang diselenggarakan di BIAF tahun ini, yaitu BIAF Short Animated Film Festival, Talkshow, Animation Screening, Masterclass, serta Bussiness Meeting dan Exhibition,” ungkap Walikota Cimahi Atty Suharti.

BIAF Short Animated Film Award merupakan ajang penghargaan bagi para kreator tanah air maupun luar negeri yang memiliki karya berpua film animasi pendek. Hingga saat ini, telah terdaftar 132 karya dari 42 negara.

Dari 132 karya tersebut akan diseleksi menjadi 15 nomine yang dibagi ke dalam 3 kategori, yaitu Best Short Animated Film, Best Story, dan Best Picture. Para pemenang penghargaan ini akan diumumkan pada malam penganugerahan pada 10 Oktober 2015.

Ada juga program talkshow yang bertujuan menambah wawasan tentang tren, karier, tips, maupun film terbaru di dunia animasi. Talkshow yang diselenggarakan oleh beberapa narasumber lokal dan internasional.

Bagi para penikmat film animasi, beberapa film pendek, seperti The Garden of Words, 5 CM Per Second dari Makoto Shinkai, serta film-film dari Eropa, Timur Tengah, dan Asia akan ditayangkan dalam program Animation Screening.

Terdapat pula program Masterclass yang merupakan program pelatihan teknis bagi para kreator atau pelajar yang ingin memperdalam ilmunya di bidang animasi. Dalam sesi ini, ada beberapa instruktur dari dalam maupun luar negeri yang akan berbagi ilmu.

Business Meeting merupakan sebuah program gathering para pebisnis animasi lokal maupun luar negeri. Melalui program ini, mereka bisa membangun relasi dan mencari kesempatan untuk berkolaborasi dalam hal produksi, distribusi, serta financing. Tahun ini, akan ada sesi khusus diskusi bersama Stephane Aldelbert (CEO M&W Singapore).

Stephane akan berbicara mengenai bagaimana memasarkan film animasi Indonesia di regional Asia, bagaimana mencari pendanaan untuk produk animasi, dan apa saja yang harus dipenuhi para perusahaan terkait legalitas produk dan perusahaan.

Selain itu, ada Exhibition yang akan menjadi ajang berkumpul dan Showcase para Stakeholder di bidang animasi, komik, dan games. Pameran ini akan berlangsung selama 4 hari dimulai dari pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Penyelenggara BIAF tahun ini didukung oleh Kementerian Perdagangan.

“Dengan event seperti BIAF ini, pemerintah optimistis bahwa industri animasi Indonesia akan tumbuh, yang pada akhirnya menurunkan permintaan pada importir film animasi,” tutur Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak.

Selain Kementeriaan Perdagangan, dukungan diberikan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Acara ini juga didukung oleh pihak swasta, salah satunya Djarum Foundation, yang peduli akan pengembangan dunia pendidikan di Indonesia, termasuk animasi.

Sebagai informasi, pembangunan sekolah animasi pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan di SMK Raden Umar Said Kudus, Jawa Tengah, merupakan salah satu lanngkah dari Djarum Foundation dalam mengembangkan industri animasi di Indonesia.

Sekolah animasi yang baru didirikan ini dilengkapi teknologi terkini yang umumnya digunakan oleh industri animasi kelas dunia. Bagi para peminat animasi, BIAF merupakan perhelatan yang bisa membuka wawasan, pengetahuan, serta pelluang untuk berkarya dan berkarier di industri animasi.

Related article