09 November 2015

Pasangan Yuri bukan lagi hanya terjadi di manga dan anime. Untuk pertama kalinya, Jepang meresmikan pasangan sejenis untuk diakui secara resmi.

Koyuki Higashi, 30, dan Hiroko Masuhara, 37, menikah di Shibuya Kamis pagi lalu. “Saya sangat senang kota ini akhirnya mengakui pasangan saya sebagai bagian dari keluarga saya.” Sebut Masuhara. Pasangan ini sebenarnya sudah sempat merayakan “pernikahan” mereka di Disneyland tahun lalu, namun akhirnya diresmikan secara hukum beberapa waktu lalu.

Shibuya merupakan satu dari beberapa daerah di Tokyo yang secara resmi mengakui pasangan LGBT (Lesbian, Gay, Bi dan Trangender), selain Setagaya. Pergerakan komunitas LGBT di Jepang bisa dibilang sangat minim dibandingkan di Amerika, dimana pasangan LGBT sudah diakui resmi di semua negara bagian. Sampai saat ini, Jepang masih merupakan salah satu negara yang memandang hubungan sesama jenis sebagai sesuatu yang tabu.

Meskipun begitu, hubungan mereka baru diakui “resmi” di 2 daerah itu saja. Sehingga dalam skala nasional, mereka belum resmi sah sebagai pasangan suami-istri. Namun hal ini dianggap sebagai langkah penting bagi pergerakan LGBT di Jepang yang belum secara nyata terlindungi oleh hukum dari segala bentuk diskriminasi yang ada. Higashi harap langkah ini dapat diikuti oleh berbagai daerah Jepang lainnya di kemudian hari.

Berbagai lapisan pemerintah, termasuk sang Perdana Menteri Shinzo Abe menyatakan segala bentuk pergerakan menyangkut LGBT “harus diperhatikan dan dipelajari dengan seksama”. Pergerakan ini masih ditentang terutama oleh generasi tua Jepang, yang masih merupakan salah satu lapisan mayoritas masyarakat. “Umat manusia akan berkurang jika tak ada anak dilahirkan. Jika kita ingin menghindari hal itu terjadi, kita harus berpasangan dengan lawan seks kita.” Komentar salah satu penduduk, Tetsuyuki Akiyoshi.

Saya sendiri menyayangkan hal ini, karena dengan ini berkurang 2 wanita cantik yang mungkin bisa kita, para pemburu cinta yang masih jomblo dan bermimpi dapat waifu orang Jepang, gebet dan jadikan pacar kalau takdir mempertemukan kita. Tapi tenang, saya belum menyerah.

Related article

Komik / Manga Baru