16 November 2015

Perusahaan penerjemah novel visual, Sekai Project, akhirnya mengumumkan detil terbaru mengenai perilisan Clannad. Melalui laman Kickstarter-nya, novel visual yang dibuat oleh studio Key tersebut akan dirilis pada tanggal 23 November 2015 dan akan didistribusikan di Steam seperti rencana awal.

Proyek penerjemahan novel visual Clannad telah dibuka oleh pihak Sekai Project pada November tahun lalu melalui penggalangan dana lewat situs Kickstarter. Target awal penggalangan dana tersebut, yaitu sebesar US$140.000 (atau sekitar 1,89 milyar Rupiah) berhasil tercapai dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, sehingga novel visual ini akan dirilis dalam format fisik dan digital. Selain itu, kegiatan penggalangan dana ini juga mampu meraih tiga target tambahan lainnya, yaitu aset grafis yang dihadirkan dalam format berdefinisi tinggi, penerjemahan side-story Clannad yang berjudul Clannad: Hikari Mimamoru Sakamichi de yang akan ikut dirilis di PC (sebelumnya dirilis di PSP), dan pembuatan seri komik antologi Clannad baru. Kegiatan penggalangan dana ini akhirnya ditutup pada bulan Januari 2015 dengan mengumpulkan uang sebesar US$541.161 (sekitar 7,30 milyar Rupiah).

Sekai Project menyatakan bahwa rilisan fisik novel visual Clannad yang diterbitkan oleh mereka akan dibuat mirip seperti versi aslinya yang dirilis pada tahun 2004 silam. Selain itu, versi terjemahan ini juga akan tetap menghadirkan suara karakter aslinya dalam bahasa Jepang yang diisi oleh berbagai seiyuu seperti Mai Nakahara, Ai Nonaka, Mamiko Noto, dan Kikuko Inoue.

Novel visual Clannad berkisah mengenai Tomoya Okazaki, seorang siswa SMA Hikarizaka yang kehilangan ibunya akibat kecelakaan. Sehari-hari Okazaki menjalani kehidupan sekolah sebagai murid yang dikenal nakal, keadaan semakin diperparah dengan sang ayah yang setelah kehilangan istrinya menjadi seorang pemabuk berat. Suatu hari, Okazaki bertemu dengan Nagisa Furukawa, seorang siswi yang terpaksa tidak naik kelas akibat sakit yang dideritanya. Akibat pertemuan tersebut, Okazaki pun memutuskan berteman dengan Nagisa dan membantunya untuk membuat klub drama. Pertemuan tersebut bagaikan takdir, yang membawa Okazaki untuk menemui berbagai hal baru dalam kehidupannya. Novel visual besutan Jun Maeda ini sudah diadaptasi menjadi seri anime dan juga mendapat novel visual spin-off lainnya yang berjudul Tomoyo After.

Related article