24 November 2015

Pada Ahad (22/11), ada hal unik di Jalur Loop Osaka di area West Japan Railway Company (JR West). Untuk pertama kalinya, satu rangkaian Kereta Rel Listrik (KRL) spesial dengan formasi 8 kereta dijalankan khusus untuk acara pernikahan!

Acara ini diselenggarakan atas kerjasama antara JR West, Granvia Hotel, dan Nippon Travel Agency. Gelaran ini merupakan bagian dari proyek “Osaka Loopline Remodelling Project‘ yang dicanangkan JR West. Proyek “kondangan dalam kereta” ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan penumpang dengan menaikkan citra Jalur Lingkar Osaka.

Pada bagian muka kereta ini dipasang Head Mark yang bertuliskan Bridal Train atau kereta pengantin beserta nama mempelai yang menikah di dalam kereta tersebut. Sisi interior kereta ini dihias dengan berbagai macam pernak-pernik khas pesta pernikahan lengkap dengan bunga-bunga dan lainnya.

Ada yang lebih menarik ketika kereta ini tiba di stasiun Tennoji. Ketika berhenti, tiba-tiba ada satu “penumpang spesial” yang ikut naik ke kereta ini! Ya, dia adalah maskot kartu e-ticketing JR West, Platypus atau yg biasa disebut Kamonohashi no Iko-chan. Platypus nyasar yang lucu dan imut ini datang tidak lain untuk meramaikan acara pernikahan dalam kereta ini.

KRL JR seri 103 tersebut disewa oleh Yuta dan Rie, sepasang kekasih yang baru menikah di Jepang. Mereka menyewa 1 set KRL JR 103 tersebut untuk memeriahkan pernikahan mereka.

Acara ini sekilas mengingatkan kita kepada acara pernikahan di dalam kereta yang juga pernah terjadi di Indonesia. Terdapat dua peristiwa yang hampir sama, diantaranya seorang penggemar kereta api (railfan) menggelar acara resepsi di lokomotif, dan seorang pegawai kereta api menyewa satu rangkaian kereta api luar biasa (KLB) untuk acara pernikahan dan resepsinya.

Jika anda tertarik untuk membuat acara seperti ini, anda harus bersiap merogoh kocek dalam-dalam karena biaya sewa kereta untuk pernikahan ini mencapai ¥2.350.000 atau sekitar Rp261.000.000,00, dengan ketentuan jumlah undangan yang terbatas dan hanya dapat mengundang sekitar 50 orang saja. Berminat?

Related article