2 December 2015

Dunia manga kembali harus kehilangan salah satu legenda hidupnya. Mangaka yang terkenal dengan beberapa seri klasik seperti Ge Ge Ge no Kitaro, Nonnanba dan lainnya, Shigeru Mizuki dikabarkan telah wafat di Jepang.

Dilaporkan oleh YTV, Shigeru Mizuki, yang berusia 93 tahun ini pingsan di rumahnya Senin pagi, dan dilarikan ke rumah sakit dimana ia meninggal karena gagal jantung. Kumanichi menambahkan bahwa ia mengalami serangan jantung.

Mizuki baru menyelesaikan manga terakhirnya, Watashi no Hibi bulan Mei lalu. Shogakukan menyatakan bahwa ia harus menyelesaikan manga tersebut saat itu karena kondisi kesehatannya yang memburuk.

Mizuki lahir di Osaka tahun 1922 dan besar di prefektur Tottori. Mengikuti wajib militer di Jepang saat Perang Dunia II dimana ia kehilangan lengan kirinya. Beberapa pengalaman tersebut dituangkannya dalam beberapa manga seperti Watashi no Hibi dan Sōin Gyokusai seyo!!. Karyanya yang paling menonjol adalah beberapa karya tentang hantu dan setan Jepang atau yang biasa disebut Youkai. Beberapa manga dan penelitiannya tentang Youkai telah banyak mempengaruhi depiksi Youkai di adaptasi modern hingga saat ini.

Di ranah internasional, Mizuki adalah mangaka Jepang pertama yang memenangkan penghargaan bergengsi di salah satu festival komik terbesar di dunia, Angouleme International Comics Festival di Prancis dimana ia memenangkan Fauve d’Or: Prix du Meilleur Album di tahun 2007 untuk NonNonBa. Ia juga telah menerima penghargaan budaya dari pemerintah Jepang di tahun 2010. Selain itu ia juga menerima penghargaan di Eisner Comic Industry Awards untuk manga sejarahnya, “Showa 1939-1944 A History of Japan” dan “Showa 1944-1953 A History of Japan“.

Related article