21 Desember 2015
Ghibli Red Turtle

Studio Ghibli telah membuahkan karya besar hasil Hayao Miyazaki dan Isao Takahata, dan saat ini Studio Ghibli sedang memproduksi anime baru dari luar negeri. Pada 10 Desember, salah satu perusahan film mayor di Jepang, Toho, merilis line-up karya apa saja yang akan didistribusikan pada 2016. Di antara deretan judul yang akan dirilis, The Red Turtle yang merupakan hasil karya besutan sutradara Michael Dudok de Wit menjadi salah satu anime yang mendapatkan perhatian.

Film ini menjadi karya terbaru sutradara Michael Dudok de Wit yang dikenal di seluruh dunia melalui anime pendek “Father and Daughter.” Sangat tidak biasa mengetahui bahwa Toho mendistirbusikan film dengan nilai estetika Eropa yang kuat.

Ternyata film tersebut memiliki hubungan yang dalam dengan Japan. Produksi film ini ditangani oleh Wild Bunch dari pihak Perancis, dan dari pihak Jepang ditangani Studio Ghibli di mana Studio Ghibli yang menangani biaya produksinya. Studio Ghibli akan melanjutkan distribusi dan penjualan anime luar negeri, baik di Jepang dan seluruh dunia. Begitu juga dengan The Red Turtle meski ini merupakan hal langka bahwa mereka terlibat langsung dengan produksinya.

Film The Red Turtle telah diperkenalkan pada Annecy International Animated Film Festival pada Juni 2015 di Perancis, dan masuk ke dalam kategori khusus “Work in Progress” yang menyatakan bahwa film ini sedang dalam tahap produksi. Michael Dudok de Wit juga menjelaskam tentang konsep dan artwork film ini. Dia juga menjelaskan bagaimana para sutradara Studio Ghibli, yaitu Isao Takahata dan Toshio Suzuki mengambil bagian dalam produksi film ini. Dia juga menambahkan kalau Isao Takahata mengambil peran besar sebagai artistic producer.

Meski Studio Ghibli belum mengeluarkan anime panjang sejak When Marnie Was There yang dirilis pada 2014, mereka masih akan terus memproduksi film baru.

The Red Turtle
Rilis September 2016
Karya Asli/Skrip/Sutradara: Michael Dudok de Wit
Skrip: Pascale Ferran
Produser Artistik: Isao Takahata
Produksi: Studio Ghibli, Wild Bunch
Distributor: Toho