21 Desember 2015
Santa Versi Jepang Yang Ramaikan Natal Tiap Tahun Banner

Pada 8 Desember 2015, laporan voting untuk Sugoi Japan Award 2016 tentang karya apa saja yang masuk nominasi telah diumumkan.

Sugoi Japan Award merupakan ajang penghargaan bergengsi budaya pop di mana para fans dapat memilih sendiri karya mana yang menurut mereka harus dikenal orang di seluruh dunia.  Kategorinya pun dibagi menjadi empat, yaitu anime, manga, light novel, dan entertainment novel. Kali ini, 92 hasil karya yang masuk nominasi keempat kategori tersebut sudah dapat dipilih.

■ Top 5 Manga
(Tidak menurut ranking)
・My Love Story!!
・Twittering Birds Never Fly
・Tokyo Ghoul
・Haikyu!!
・One Punch-Man

■ Top 5 Anime
(Tidak menurut ranking)
・Monthly Girls’ Nozaki-kun
・Psycho-Pass
・Your Lie in April
・Shirobako
・Sound! Euphonium

■ Top 5 Light Novels
(Tidak menurut ranking)
・Amagi Brilliant Park
・Overload
・Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend
・Shimoneta: A Boring World Where the Concept of Dirty Jokes Doesn't Exist・Is It Wrong to Try to Pick Up Girls in a Dungeon?

Top 5 Entertainment Novels
(Tidak menurut ranking)
・The Murder of Alice
・Kaidantou series
・The Empire of Corpses
・Beatless
・A Vow Fulfilled

Masa voting dibuka mulai 16 November 2015 sampai 3 Januari 2016, dan hasilnya akan diumumkan 22 Maret 2016 pada Yomiuri Shimbun, serta situs resmiv Sugoi Japan Award 2016 . Pemenang ajang penghargaan ini juga akan diumumkan ke seluruh dunia.

Sugoi Japan Award diadakan pertama kali pada tahun lalu, dan Puella Magi Madoka Magica keluar sebagai pemenang bertepatan dengan penyangannya pertama kali di Jepang. Anime ini juga mendapatkan fans dari seluruh dunia, termasuk Italia yang menanyangkan anime ini di hari Minggu jam 10:00. Puella Magi Madoka Magica juga menjadi pemenang Grand Prix dengan vote terbanyak untuk semua kategori.

Attack on Titan yang juga menjadi fenomena berkat aninme, film, dan pameran, terpilih sebagai pemenang kategori manga. Karya manakah yang tahun ini akan keluar sebagai pemenang Grand Prix!?

SUGOI JAPAN Award 2016

Related article

Komik / Manga Baru