23 Desember 2015

Star Wars Episode VII: The Force Awakens sudah tayang di bioskop Indonesia, dan film ini pun sontak menjadi pembicaraan. Namun tahukah anda bahwa dalam permainan kartu Yu-Gi-Oh! ada loh kartu-kartu yang mengambil referensi dari seri Star Wars?

Pekan ini, film terbaru dari seri fiksi ilmiah ternama, Star Wars hadir kembali ke layar lebar dengan film tebarunya yang berjudul Star Wars Episode VII: The Forces Awakens. Menyambut tayangnya film ini, jagad internet dan media sosial pun diramaikan dengan kabar dan postingan yang berkaitan dengan Star Wars. Namun tahukah anda bahwa ternyata salah satu card game (permainan kartu) besutan Konami, Yu-Gi-Oh! memiliki beberapa kartu yang memiliki referensi dari seri fiksi ilmiah ini?

Beberapa bulan lalu, telah dirilis sebuah archetype baru dari permainan kartu Yu-Gi-Oh! ini yang bernama KozmoArchetype ini pertama kali dirilis dalam booster set Clash of Rebellions (CORE). Illustrasi dari kartu-kartu dalam archetype Kozmo ini ternyata mengambil referensi dari seri Star Wars serta The Wizard of Oz.

Berikut ini adalah beberapa kartu dari archetype Kozmo yang sudah (dan akan segera) dirilis:

Kozmo Tincan (R2-D2, Tin Woodman)
kozmo tincan

Kozmo Tincan adalah monster dengan level 1 dari archetype Kozmo yang akan dirilis padabooster set Breaker of Shadow (BOSH). Berikut ini adalah efek dari Kozmo Tincan:

“During either player’s turn: You can banish this card; Special Summon 1 Level 2 or higher “Kozmo” monster from your hand. You can only use this effect of “Kozmo Tincan” once per turn. Once per turn, during the End Phase: You can pay 500 LP; reveal 3 “Kozmo” cards with different names from your Deck, your opponent randomly picks 1 for you to add to your hand, and you send the rest to the Graveyard.”

Illustrasi di kartu ini menampilkan sesosok robot kecil berbentuk tabung dan juga sebagian tubuh robot bertubuh ramping. Kozmo Tincan ini mengambil referensi illustrasi dari salah satu robot ikonik di Star Wars, R2-D2. Selain itu, sosok robot bertubuh ramping yang ada dihadapannya mirip dengan C-3PO. Selain berbentuk mirip R2-D2, Kozmo Tincan juga terlihat bagaikan Tin Woodman dari The Wizard of Oz.

Kozmo Strawman (C-3PO)

Kozmo Strawman merupakan kartu dengan level 2 bertipe Psychic. Kartu ini dirilis dalam booster set Dimensions of Chaos (DOCS). Berikut ini adalah efek dari kartu Kozmo Strawman:

“During either player’s turn: You can banish this card; Special Summon 1 Level 3 or higher “Kozmo” monster from your hand. You can only use this effect of “Kozmo Strawman” once per turn. Once per turn: You can pay 500 LP, then target 1 of your banished “Kozmo” monsters; Special Summon it, but its effects are negated, also destroy it during the End Phase.”

Kartu ini memiliki illustrasi sebuah robot bertubuh ramping yang sedang berada di sebuah padang pasir. Jika anda akrab dengan seri Star Wars, tentu mengenal sekali sosok ini terlihat mirip dengan sosok robot bernama C-3PO bahkan dalam illustrasi tersebut juga ditampilkan pose bagaikan pose khas dari C-3PO.

Kozmo Farmgirl (Dorothy Gale)

Kozmo Farmgirl adalah kartu level 3 dengan tipe Psychic. Kartu ini dirilis dalam booster set Clash of Rebellions (CORE). Berikut ini adalah efek dari Kozmo Farmgirl:

“During either player’s turn: You can banish this card; Special Summon 1 Level 4 or higher “Kozmo” monster from your hand. You can only use this effect of “Kozmo Farmgirl” once per turn. When this card inflicts battle damage to your opponent: You can pay 500 LP; add 1 “Kozmo” card from your Deck to your hand.”

Model dan warna rambut dari kartu ini mengingatkan akan sosok karakter Dorothy Gale dalam seri The Wizard of Oz. Kurang terlalu terlihat siapa sosok yang mirip dengan kartu ini pada seri Star Wars, banyak yang mengatakan ini merupakan Luke Skywalker dari Kozmo, namun kurang terlalu terlihat cirinya.

Kozmo Goodwitch (Qui-Gon-Jinn, Good Witch of The North)

Kozmo Goodwitch merupakan kartu monster level 4 dengan tipe Psychic. Kartu ini dirilis dalam booster set Clash of Rebellions (CORE). Berikut ini adalah efek dari Kozmo Goodwitch:

“During either player’s turn: You can banish this card; Special Summon 1 Level 5 or higher “Kozmo” monster from your hand. You can only use this effect of “Kozmo Goodwitch” once per turn. Once per turn: You can pay 500 LP, then target 1 face-up monster your opponent controls; change it to face-down Defense Position.”

Kartu ini memiliki illustrasi dari tokoh yang terlihat mengenakan jubah dan sebuah pedang cahaya bagaikan seorang Jedi yang memegang lightsaber. Dari warna pedang yang ditampilkan, yakni pedang cahaya berwarna hijau, kartu ini terlihat bagaikan karakter Jediyakni Qui-Gon Jinn. Selain itu, Kozmo Goodwitch terlihat mempunyai sayap bagaikan sosok karakter peri bernama Good Witch of The North dari seri The Wizard of Oz.

Kozmoll Wickedwitch (Darth Maul, Wicked Witch of The East)

Kozmoll Wickedwitch adalah kartu monster level 4 bertipe Psychic. Kartu ini dirilis dalambooster set Dimensions of Chaos (DOCS). Berikut ini adalah rincian efek dari Kozmoll Wickedwitch:

“During either player’s turn: You can banish this card; Special Summon 1 Level 5 or higher “Kozmo” monster from your hand. You can only use this effect of “Kozmoll Wickedwitch” once per turn. Once per turn, during either player’s turn: You can pay 1000 LP; this turn, this card cannot be destroyed by battle or card effects.”

Mengenakan jubah hitam dan lightsaber berwarna merah dengan mata pedang di kedua ujungnya, Kozmoll Wickedwitch berpenampilan layaknya karakter Darth Maul di Star Wars. Selain itu, nama Wickedwitch sendiri diambil dari karakter penyihir jahat Wicked Witch diThe Wizard of Oz.

Kozmo Sliprider (X-Wing, Ruby Slippers)

Kozmo Sliprider adalah kartu monster bertipe Machine dengan level 5. Mulai level 5 keatas, kartu Kozmo merupakan kartu monster bertipe Machine dengan bentuk menyerupai pesawat luar angkasa. Berikut ini adalah efek dari Kozmo Sliprider:

“If this card is Normal or Special Summoned: You can target 1 Spell/Trap Card on the field; destroy it. If this card is destroyed by battle or card effect and sent to the Graveyard: You can banish this card from your Graveyard; Special Summon 1 Level 4 or lower “Kozmo” monster from your Deck.”

Sekilas sudah terlihat bahwa bentuk kartu Kozmo Sliprider ini menyerupai pesawat kelas petarung X-Wing.

Warna Kozmo Sliprider didominasi warna merah yang merupakan warna dari Ruby Slippers yang mana nama Sliprider juga diambil dari nama sepatu ajaib di seri The Wizard of Oztersebut.

Kozmo Delta Shuttle (Lambda-Class T4a Shuttle/Imperial Shuttle)

Kozmo Delta Shuttle adalah kartu level 5 bertipe Machine. Kartu ini akan dirilis dalambooster set Breaker of Shadows (BOSH). Berikut ini adalah efek dari Kozmo Delta Shuttle:

“Once per turn: You can send 1 “Kozmo” monster from your Deck to the Graveyard, then target 1 face-up monster on the field; it loses ATK and DEF equal to the sent monster’s Level x 100. If this card is destroyed by battle or card effect and sent to the Graveyard: You can banish this card from your Graveyard; Special Summon 1 Level 4 or lower “Kozmo” monster from your Deck.”

Kozmo Delta Shuttle ini merupakan unit pesawat luar angkasa dengan bentuk memiliki badan pesawat di tengah dan juga 3 buah sayap masing-masing di ujung kiri-kanan menghadap keatas dan di bagian tengah pesawat yang menghadap ke bawah.

Jika urutan sayap ini dibalik dimana sayap di tengah menghadap keatas dan yang di kiri-kanan menghadap kebawah, akan menyerupai pesawat Lambda-class T-4a Shuttle atau yang dikenal sebagai Imperial Shuttle.

Kozmo Dog Fighter (TIE/LN Starfighter)

Kozmo Dog Fighter adalah kartu monster berlevel 6 dengan tipe Machine. Kartu ini dirilis dalam booster pack Dimensions of Chaos (DOCS). Berikut ini adalah rincian efek dari Kozmo Dog Fighter:

“Once per turn, during the Standby Phase: You can Special Summon 1 “DOG Fighter Token” (Machine-Type/DARK/Level 6/ATK 2000/DEF 2400). If this card is destroyed by battle or card effect and sent to the Graveyard: You can banish this card from your Graveyard; Special Summon 1 Level 5 or lower “Kozmo” monster from your Deck.”

Berbentuk pesawat luar angkasa dengan memiliki satu bodi di tengah dan dua sayap berbentuk sama di kiri dan kanan. Bentuk ini cukup menyerupai dengan pesawat luar angkasa dari Galactic Empire yakni TIE/LN Starfighter atau lebih dikenal dengan sebutan TIE Starfighter.

Kozmo Forerunner (Millenium Falcon)

Kozmo Forerunner adalah kartu berlevel 7 dengan tipe Machine. Kartu ini dirilis padabooster set Clash of Rebellions (CORE). Berikut ini adalah efek dari Kozmo Forerunner:

“Cannot be targeted by an opponent’s card effects. During your Standby Phase: Gain 1000 LP. If this card is destroyed by battle or card effect and sent to the Graveyard: You can banish this card from your Graveyard; Special Summon 1 Level 6 or lower “Kozmo” monster from your Deck.”

Kozmo Forerunner memiliki bentuk pesawat luar angkasa dengan badan pesawat berbentuk lingkaran. Dalam seri Star Wars, terdapat pula pesawat luar angkasa bernama Millenium Falcon yang memiliki badan pesawat berbentuk lingkaran.

Kozmo Dark Destroyer (Scimitar Sith Infiltrator)

Kozmo Dark Destroyer merupakan salah satu kartu kunci dari archetype Kozmo. Kartu ini bertipe Machine level 8 yang dirilis dalam booster set Dimensions of Chaos (DOCS). Berikut ini adalah efek dari kartu tersebut:

” If this card is Normal or Special Summoned: You can target 1 monster on the field; destroy it. Cannot be targeted by an opponent’s card effects. If this card is destroyed by battle or card effect and sent to the Graveyard: You can banish this card from your Graveyard; Special Summon 1 Level 7 or lower “Kozmo” monster from your Deck.”

Kozmo Dark Destroyer merupakan pesawat tempur luar angkasa dengan bentuk badan pesawat lonjong memanjang ke depan dengan dua sayap di bagian kanan kiri yang juga menjulur ke bagian depan.

Memiliki warna dominan abu-abu lengkap dengan nuansa merah ini, bentuk dan warna dari pesawat ini menyerupai pesawat Scimitar Sith Infiltrator, pesawat tempur yang erat dengan sosok karakter Darth Maul.

Kozmo Dark Eclipser (Star Destroyer)

Kozmo Dark Eclipser adalah kartu Kozmo berlevel 9 dengan tipe Machine yang akan segera dirilis dalam booster set Breaker of Shadows (BOSH). Berikut ini rincian efek dari kartu tersebut:

“Cannot be targeted by an opponent’s card effects. During either player’s turn, when a Trap Card is activated: You can banish 1 “Kozmo” monster from your Graveyard; negate the activation, and if you do, destroy that card. If this card is destroyed by battle or card effect and sent to the Graveyard: You can banish this card from your Graveyard; add 1 Level 8 or lower “Kozmo” monster from your Deck to your hand.”

Kozmo Dark Eclipser adalah sebuah unit wahana luar angkasa dengan bentuk cukup besar, memiliki bentuk badan pesawat menjulur panjang ke bagian depan dan sebuah ruang kendali yang berada di bagian atas. Di Star Wars, ada pula wahana luar angkasa berbentuk serupa, yakni pesawat Star Destroyer.

Selain kartu monster, archetype Kozmo juga memiliki Spell & Trap Card. Berikut ini adalahSpell & Trap Card yang ada di archetype Kozmo:

Kozmotown (Coruscant, Emerald City)

Kozmotown adalah kartu Field Spell Card dari archetype Kozmo. Kozmotown ini dirilis dalambooster set Clash of Rebellions (CORE) serta Astral Pack 08 (AP08). Kartu ini merupakan kartu kunci dari deck Kozmo karena memungkinkan pemain untuk mengambil kembali kartu yang telah di banish, mengocok ulang kartu tangan, dan bahkan jika kartu ini hancur pemain dapat mengamil kartu Kozmo lain (termasuk kartu ini). Berikut ini adalah efek dari Kozmotown:

“Once per turn: You can target 1 of your banished “Kozmo” monsters; return it to the hand, and if you do, lose LP equal to its original Level x 100. Once per turn: You can reveal any number of “Kozmo” monsters in your hand and shuffle them into the Deck, then draw cards equal to the number of cards you shuffled into the Deck. If this card in the Field Zone is destroyed by a card effect: You can add 1 “Kozmo” card from your Deck to your hand.”

Dalam Yu-Gi-Oh!, sebuah Field Spell Card biasanya menampilkan illustrasi dari sebuah tempat (field). Kozmotown digambarkan sebagai sebuah tempat dengan banyak gedung-gedung tinggi pencakar langit yang padat, dan banyak kendaraan terbang berlalu-lalang.

Kondisi ini cukup mirip dengan keadaan kota di planet Coruscant. Kozmotown digambarkan didominasi berwarna hijau yang juga terlihat bagaikan Emerald City dalam The Wizard of Oz.


Kozmo Lightsword (Lightsaber)

Kozmo Lightsword adalah Equip Spell Card dari archetype Kozmo. Kartu ini dirilis dalambooster set Dimension of Chaos (DOCS). Berikut ini adalah efek dari Kozmo Lightsword:

“Equip only to a Psychic-Type “Kozmo” monster. It gains 500 ATK and DEF, it can make up to 2 attacks on monsters during each Battle Phase, also if it attacks a Defense Position monster, inflict piercing battle damage to your opponent. If this card is sent from the field to the Graveyard: You can pay 800 LP; add this card to your hand. You can only use this effect of “Kozmo Lightsword” once per turn.”

Equip Spell Card di permainan kartu Yu-Gi-Oh! biasanya digambarkan berbentuk sebuah senjata. Dari namanya saja, Lightsword, tentu sudah jelas bahwa referensi kartu ini adalah senjata khas dari seri Star Wars, yakni Lightsaber.

Kozmojo (Force Choke)

Kozmojo adalah satu-satunya Trap Card di archetype Kozmo. Kartu ini rencananya akan dirilis dalam booster set Breaker of Shadow (BOSH). Berikut ini adalah efek dari Kozmojo:

“Target 1 “Kozmo” monster you control; destroy it, and if you do, banish 1 card your opponent controls or in their Graveyard. You can only activate 1 “Kozmojo” per turn.”

Kartu ini memiliki illustrasi karakter Kozmo Farmgirl yang sedang tercekik namun tangan yang mencekik tidak langsung berada menyentuh leher dari Kozmo Farmgirl. Ini adalah salah satu teknik penggunaan Force yang cukup khas di seri Star Wars, ya, inilah dia Force Choke.

Secara umum, archetype Kozmo ini merupakan sekumpulan kartu yang terdiri dari 2 tipe monster yakni Psychic dan Machine. Untuk playstyle (gaya bermain) dari kartu-kartu ini sendiri lebih menitikberatkan pada mem-banish (buang dari permainan) kartu yang ada untuk memanggil kartu lain yang lebih kuat, atau jika salah satu kartu hancur dan masuk kegraveyard kartu tersebut dapat memanggil kartu Kozmo lain dari deck.

Selain itu, jika diperhatikan lagi, kartu monster dari archetype Kozmo ini terbagi dalam dua elemen, yakni Light dan Dark. Dalam seri Star Wars, dikenal pula istilah Light Side of The Forcedan Dark Side of The Force yang merupakan aliran dari penggunaan kekuatan Force, apakah akan dipakai untuk kebaikan atau dipakai dengan menempuh jalan kegelapan.

Archethype Kozmo ini saat ini masih tersedia hanya untuk kartu Yu-Gi-Oh! yang dirilis sebagai TCG alias hanya tersedia dalam booster set berbahasa Inggris. Oleh karena itu kartu-kartu ini merupakan TCG Exclusive yang belum dirilis versi berbahasa Jepangnya sendiri.

KAORI Newsline | Teks oleh Rafly Nugroho

Related article

Komik / Manga Baru