28 Januari 2016

jadi orang jepang

Gak jarang kita menemukan berbagai harapan dan keluhan dari sesama otaku yang bernada “Aku mau jadi orang Jepang dan tinggal di Jepang!“. Meskipun JOI berharap kamu masih akan bisa menemukan alasan untuk menetap dan mengabdi di tanah air kita tercinta ini, kami gak akan melarang kalian yang tekadnya sudah bulat untuk jadi orang Jepang karena satu dan lain hal. Karena itu mari kita lihat beberapa cara supaya kita yang notabene orang Indonesia dari Jawa, Sumatra, Padang, Ambon, Irian, dll bisa jadi Orang Jepang.

jadi orang jepang

Menurut hukum kewarganegaraan yang berlaku, secara garis besar ada 2 metode dan klasifikasi bagi kita orang luar supaya bisa jadi Orang Jepang, yaitu Naturalisasi dan Permanent Residence atau Izin Tinggal Permanen. Mari bahas satu-satu.

Naturalisasi

Istilah ini mungkin tidak asing bagi penggemar olahraga atau cendekiawan dan ahli di suatu bidang tertentu. Naturalisasi adalah metode pemberian kewarganegaraan bagi seorang yang berasal bukan dari negara tersebut. Naturalisasi dapat membuatmu menjadi warga negara Jepang lahir dan batin, sehingga kamu berhak mengikuti pemilu, menjadi politikus negara dan sebagainya. Beberapa syarat agar kamu bisa dinaturalisasi antara lain:

• Tinggal di Jepang selama 5 tahun berturut-turut (Beberapa kasus menyarankan 10 tahun. visa pelajar tidak dihitung.


• Berusia setidaknya 20 tahun.


• Berperilaku baik/tidak pernah terlibat kegiatan kriminalitas dan pelanggaran hukum (Disebutkan bahkan pernah ditilang saja mungkin dapat mempengaruhi penerimaanmu, lho).


• Berpenghasilan cukup (Dapat berupa bekerja sendiri ataupun bergantung pada istri/suami yang sudah lebih dahulu ada di sana).


• Tidak berkewarganegaraan. Kamu harus rela melepas kewarganegaraanmu yang lama untuk dapat menjadi warga negara Jepang.


• Dapat berkomunikasi dalam bahasa Jepang secara baik

jadi orang jepang

Proses di atas akan jadi lebih mudah jika kamu tergolong seorang Profesional dalam bidang tertentu yang memang ingin ditarik oleh Jepang, seperti olahragawan atau mungkin peneliti atau insinyur. Selain Naturalisasi, kamu juga dapat membuat ijin Permanent Residency atau Izin Tinggal Permanen yang membuatmu bisa tinggal di Jepang, tapi tanpa hak warga negara. Beberapa perbedaan dengan Naturalisasi adalah:

• Kamu harus mengurus izin jika akan tinggal di negara lain lebih dari 1 tahun


• Memperbarui izin tinggal setiap 7 tahun


• Dapat dideportasi jika kedapatan melakukan tindak kriminal

Tapi sekali lagi, menjadi warga negara di negara lain tidak semudah yang kamu bayangkan, apalagi hanya bermodalkan duid dan kemampuan seadanya tanpa berkualifikasi sebagai profesional yang diminati oleh pihak Jepang. Kalau niatmu ingin jadi “Orang Jepang” cuma gegara karena ingin akses lebih gampang ke Akiba atau berburu waifu cosplayer Comiket, kayaknya kamu mesti pikir-pikir lagi.

Jurnal Otaku Indonesia / Nugrahadi

Related article