10 Februari 2016
burikko girls

Burikko”, dalam bahasa Jepang, adalah sebutan karakter untuk gadis di Jepang. Mungkin kalian membayangkan seorang gadis kepribadian ganda dengan sifat dan kelakuan yang sangat buruk. Tapi, bukan itu maksud dari Burikko yang memiliki special hint ini dalam budaya kawaii Jepang.

burikko girls

Karakter Burikko yang Tak Tergoyahkan

Burikko biasanya digunakan untuk perempuan, dan sebelum Burikko menjadi kata yang umum, Kamatoto-lah yang digunakan untuk menyebut Burikko. Sederhananya, Burikko adalah seorang gadis yang bertingkah laku imut atau manis, dan berakting berbalik dengan sifat aslinya (atau memang itu sifat aslinya). Biasanya di banyak negara, kita akan membayangkan para anak perempuan melakukan apa yang para pria lakukan untuk menunjukkan sex appeal mereka. Tapi di Jepang, Burikko dilakukan untuk menunjukkan sex appeal, tapi sebagai keinginan untuk dilihat sebagai anak perempuan yang manis. Berikut adalah beberapa sikap atau tingah laku yang umum dilakukan Burikko.

- Berbicara cadel yang disengaja
- Berbicara dengan nada suara yang lebih tinggi dari suara aslinya
- Menggunakan namanya untuk menyebut orang pertama
- Bertingkah laku ceroboh
- Sikapnya berubah ketika di depan laki-laki
- Upturned eyes

Sekarang adalah bagian menariknya! Ada anak perempuan yang bersikap menjadi Burikko hanya ketika di depan laki-laki, dan bersikap Burikko di depan semua orang. Banyak yang berpikir kalau banyak anak perempuan yang bersikap menjadi Burikko hanya di depan laki-laki, dan sepertinya masuk akal jika itu hanya kepada laki-laki. Ini adalah beberapa investigasi mengapa mereka ada dan mengapa mereka menjadi bahan pembicaraan.

burikko girls

Pada Dasarnya Mereka Populer di Kalangan Laki-laki!

Anak perempuan yang tidak menyukai Burikko menyatakan bahwa laki-laki yang menyukai Burikko adalah laki-laki bodoh karena mereka tertipu daya oleh tingkah laku aneh dan menganggapnya imut. Meski begitu, beberapa laki-laki yang diketahui menyukai Burikko berpikiran bahwa anak perempuan yang berusaha terlihat manis itu imut. Banyak laki-laki yang merasa kalau perempuan itu gila, dan bagi mereka gadis Burikko sangat “mudah dimengerti”, terutama saat Burikko ini tahu bagaimana perasaan para laki-laki.

Laki-laki dapat memikirkan cara membuat seorang anak perempuan bahagia dengan mudah, dan karena reaksi para Burikko ini selalu berlebihan, para laki-laki akan merasa senang. Inilah mengapa Burikko menjadi tipe anak perempuan yang paling banyak disukai.

burikko girls

Kenapa Mereka Menjadi Burikko?

Mereka yang menjadi Burikko hanya di depan laki-laki dapat dikatakan ingin menjadi populer. Meski banyak anak perempuan yang tidak menyukai Burikko, banyak laki-laki yang membayangkan image gadis manis jika dia seorang Burikko. Banyak anak perempuan yang ingin terlihat cantik dan manis, dan Burikko adalah cara untuk terlihat cantik dan manis.

Ada sedikit perbedaan pada mereka yang menjadi Burikko untuk semua orang. Biasanya mereka tidak pura-pura bertingkah manis. Itu merupakan tingah laku mereka yang terlalu girly atau “berlebihan” untuk terlihat natural, dan pada akhirnya mereka disebut Burikko.

burikko girls

Bagaimana pendapat kalian?

Seperti yang sudah dijelaskan, ada orang yang tidak suka dengan Burikko dan ada yang mendukung mereka. Inilah opini mereka.

Orang yang Menyukai Burikko

- Burikko itu sangat kecewe’an dan manis, jadi secara pribadi saya menyukai mereka. Mereka yang dikritik adalah mereka yang menjadi Burikko hanya di depan laki-laki. Jika mereka menjadi Burikko di depan semua orang, kurasa tidak akan ada yang mengkritik mereka.

- Aku suka Burikko, tapi hanya mereka yang bersikap seperti itu pada semua orang. Dan menurutku, itu hanya berlaku bagi mereka yang memang benar-benar manis.

Orang yang Tidak Menyukai Burikko

- Ada yang bilang Burikko hanya ingin menunjukkan sisi femininnya, tapi memang hanya itu saja caranya? Banyak gadis yang menarik meski mereka bukan Burikko. Jadi menurutku, mereka yang tidak populer memakai cara ini karena tidak ada cara dan pilihan lain. Ada juga laki-laki yang tidak suka Burikko. Jadi kalau mereka berpura-pura menyukai Burikko, menurutku kepribdian mereka harus dibenahi.

- Kalau mereka bertingkah seperti Burikko, menurutku mereka itu cuma berpura-pura menjadi orang lain. Aku ini tidak suka orang bermuka dua.

burikko girls

Jadi bagaimana menurut kalian? Burikko mungkin saja merupakan salah satu dari sekian banyak jenis budaya Kawaii Jepang. Mereka manis dan tidak berbahaya.

Tokyo Girls Update / Zoomie

Related article

Komik / Manga Baru