16 Februari 2016
silent manga winner indonesia

Yuk, kita lihat bagaimana kisah mereka menjadi pemenang di SMAC!

Sudah kenal dengan Alex Irzaqi, belum? Atau dengan Erwin Prasetya? Mereka adalah para peserta Silent Manga Audition Competition (SMAC) yang karyanya berhasil menjadi pemenang SMAC sebelumnya. Wah, hebat, ya!? Bagaimana bisa mereka menjadi pemenang? Ayo kita simak kisah mereka!

Erwin Prasetya mengikuti ajang SMAC pada tahun 2013. Karyanya yang berjudul ‘Roach Story’ berhasil merebut penghargaan sebagai Winner Runner-up. Sesuai dengan judul karyanya, ‘Roach Story’ memiliki tokoh kecoak dalam jalan ceritanya, sebuah ide menarik yang jarang ditemukan dalam manga.

“Sebetulnya idenya sederhana. Saya berpikir, akan terlihat lucu ketika makhluk yang paling dibenci oleh perempuan, kecoak, jatuh cinta kepada perempuan.” ujarnya. Menarik sekali, ya, ide dari Alex ini! Bagaimana jika ada seekor kecoak yang jatuh cinta pada kalian, lalu mengikuti ke mana pun kalian pergi? Hii, membayangkannya saja sudah merinding.

silent manga winner indonesia

“Bercerita hanya dengan menggunakan ilustrasi, merupakan sebuah tantangan besar bagi saya.” tuturnya. “Saya sangat gembira melihat karya saya dimuat dalam Comic-Zenon. Akhirnya saya berhasil mewujudkan mimpi saya sejak kecil” lanjutnya lagi.

Berbeda dengan Alex, Erwin Prasetya mengambil sudut pandang seorang siswi dalam ceritanya. Alex mengerjakan karyanya bersama dengan Fima. Mereka berdua membuat sebuah manga yang berjudul ‘Excuse Me’. ‘Excuse Me’ bercerita mengenai seorang siswi SMA yang menemukan sebuah surat cinta di kolong meja pada saat jam pelajaran berlangsung. Tentu saja, ia sangat kaget ketika menemukan surat itu. Kemudian ia meminta izin kepada pak guru untuk pergi ke toilet dan membaca isi surat tersebut. Saking bahagianya, ia sampai menari-nari di dalam toilet sekolah! Penasaran bagaimana kisah selanjutnya? Silakan baca karya mereka di link berikut: http://www.manga-audition.com/smac-playback/

“Sejujurnya saya adalah seorang laki-laki yang cukup pendiam, jadi menggambar dengan tidak menggunakan kata-kata terasa alami bagi saya, mengalir begitu saja.” ujar Erwin pada saat diwawancarai tim redaksi SMAC. Karya Erwin dan Fima juga berhasil menyabet penghargaan, lho, dalam SMAC 2013 lalu!

silent manga winner indonesia

So kewl! Bangga banget karya anak bangsa bisa dikenal oleh dunia!

Jadilah pemenang SMAC selanjutnya! Informasi mengenai SMAC bisa dilihat disini:

http://mangamon.id/special/smac.html

(Artikel disadur dari: 

http://www.manga-audition.com/meet-the-award-winners-alex-irzaqi/
dan http://www.manga-audition.com/meet-the-award-winner-erwin-prasetya/

MangaMon / Kuma-san

Related article

Komik / Manga Baru