19 Februari 2016
figur wonfes

Wonder Festival Winter 2016 (WonFes), festival garage kit terbesar di Jepang yang diselenggarakan pada tanggal 7 Februari di Makuhari Messe, Prefektur Chiba. Ribuan orang memadati area festival, membuat acara ini menjadi event terbesar yang pernah ada.

WonFes diadakan dua kali dalam setahun, yaitu satu kali di musim panas dan di musim dingin. Tahun ini lokasi event kembali diperbesar, dan ada pula pameran dari para pembuat figur dan dealer amatir.

Hal yang menonjol di event ini adalah figur berukuran sebesar badan yang tersebar di sepanjang area tersebut. Salah satunya adalah figur Megumi Kato dari Saekano yang berukuran sebesar badan manusia dewasa: How to Raise a Boring Girlfriend dipajang di booth Aniplex. Mereka juga mengadakan lomba foto untuk figur yang ditampilkan.

wonder festival

Sebanyak 20 figur bisa dibeli melalui undian sebesar 1.9 juta yen (termasuk pajak dan biaya pengiriman). Pendaftaran untuk mengikuti undian terbuka sampai 14 Februari.

wonder festival

Di booth Medicom Toy dipajang prototipe berwarna karakter The Boy and the Beast. Kiri-kanan: Kyuta, Kumatetsu, Ichirohiko.

wonder festival

Gambar di atas adalah Valkyrie dari serial terbaru Macross dalam moda Gerwalk. Event lain yang berkaitan dengan Macross termasuk acara karaoke juga diselenggarakan.

Tahun ini merupakan ulang tahun ke-10 seri Nendoroid, dan booth Good Smile Company dipenuhi oleh pajangan Nendoroid yang pernah ada sepanjang sejarah serial tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai peringatan 10 tahun Nendoroid oleh Good Smile Company, yang dalam 10 tahun tersebut telah dibuat lebih dari 600 Nendoroid, silakan klik di sini.

Di booth Kotobukiya, figur baru dari serial Yu-Gi-Oh! dan game smartphone Granblue Fantasy ditampilkan. Awal dari figur Pokémon juga diumumkan. Figur pertama dalam serial, “ArtFX J Red with Pikachu,” diprediksikan akan dirilis suatu hari di tahun ini.

wonder festival

Prototipe figur terbaru dari Kotobukiya, Danua dari Granblue Fantasy. Akan dirilis pada tahun ini.

Semua jenis produk juga ditampilkan di area dealer umum, yang memanjang dari Hall 4 sampai 8 venue. Ada pula produk mekanik yang menggunakan baut dan bagian lainnya dibuat dengan menggunakan printer 3D, yang memberikan nuansa dunia garage kit di masa mendatang.

Berkaitan dengan semakin meningkatnya popularitas teknologi 3D, para sponsor: Orang-orang yang menggunakan data 3D untuk figur dan garage kit, semakin bertambah. Para pengrajin hobi menggunakan produk yang dihasilkan oleh printer 3D dengan menggunakan data 3D dalam proses produksinya sebagai prototipe dan sample produk baru untuk ditampilkan, dan kita akan melihat lebih banyak lagi dibanding sebelumnya metode produksi pembuatan prototipe garage kit yang dibuat dari data 3D + printer 3D bahkan di antara dealer pribadi.” (dikutip dari Wonder Festival Winter 2016 Guidebook, hlm.10)

wonder festival

Bahkan booth dealer umum juga memperkenalkan produk rumitnya yang terlihat dibuat dengan penuh keahlian.

wonder festival

Deretan figur sebesar ukuran aslinya. Beberapa di antaranya bahkan bisa dipakai layaknya sebuah kostum. Saking detailnya mereka terlihat menakutkan!

Wonder Festival yang berikutnya akan diselenggarakan pada musim panas tahun ini di Makuhari Messe pada tanggal 24 Juli.

Tokyo Otaku Mode / Foto: Kohji Sakurai, Soh Takemori / Terjemahan dalam Bahasa Inggris: Jarrett M

Related article

Komik / Manga Baru