04 Maret 2016
penafsiran makna kata samurai

GwiGwi.com – “Tawuran antar siswa terjadi di Kawasan X. Tawuran berawal dari saling mengejek hingga akhirnya saling serang-menyerang. Polisi mengamankan barang bukti berupa gear, ikat pinggang, serta samurai”.

penafsiran makna kata samurai

Kita orang Indonesia, terutama orang awam pada umumnya sering mendengar kalimat ini dari seorang pembaca berita yang mana saat menyampaikan suatu berita terutama tentang tawuran atau perkelahian yang melibatkan lebih dari 1 orang ataupun 1 kelompok. Tapi, ketahuilah bahwa sebenarnya penafsiran yang disampaikan oleh pembaca berita tentang kata samurai sangatlah jauh dari yang seharusnya.

Kata Samurai itu sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya ksatria atau prajurit. Dalam arti aksara kanji, kata Samurai (侍) merupakan gabungan 2 kanji yang terbentuk dari 人 (ひと)+寺 (てら) yang apabila diartikan adalah “Orang yang berada di kuil”. Memang samurai adalah seorang pendekar atau ksatria yang pada awalnya menjalani pendidikan di kuil. Ketika masa pendidikan di kuil usai, ia dapat menentukan pilihan yang dibimbing oleh seorang Kepala Biksu sebelumnya. Apakah akan tetap mengabdi di kuil atau menjadi seorang Samurai.

penafsiran makna kata samurai
penafsiran makna kata samurai

Senjata yang selalu dibawa seorang samurai ada 2 macam, Katana dan Wakizashi. Katana merupakan pedang yang pada umumnya digunakan para samurai dalam perang sedangkan wakizashi merupakan pedang berukuran pendek digunakan oleh seorang Samurai apabila kalah dalam suatu peperangan.

Untuk memulihkan nama Ia melakukan ritual harakiri atau seppuku dengan merobek perut menggunakan wakizashi.

penafsiran makna kata samurai

Jadi, dengan penjelasan sederhana ini, kita, orang awam, dapat mengetahui apa itu arti samurai Sebenarnya.

GwiGwi.com / Irsan Firdaus

Related article