10 Maret 2016
teman cewek jepang

Ternyata girl society chaos juga terjadi di dalam masyarakat Jepang. Penulis yang besar di Amerika sangat terkejut setelah kembali ke Jepang karena tidak ada peraturan tertulis mengenai cara bergaul di dalam komunitas anak perempuan. Jadi artikel ini mungkin dapat memberikan beberapa masukan bagian kalian para anak permpuan untuk survive di dalam komunitas ini.

1. Saat Pertama Kali Bertemu, Jangan Pernah Katakan “Tidak”

Gadis-gadis di Jepang tidak suka dengan orang-orang yang terlalu menonjolkan diri. Mereka tidak peduli dengan opini kalian dan going with the flow adalah priotitas pertama dalam kamus mereka. Memang ini tidak adil dan janggal, tapi “going with the flow” dan “membaca situasi” menjadi hal yang sangat penting bagi semua anak perempuan di Jepang. Hal ini juga berlaku bagi masyarakat di seluruh Jepang.

teman cewek jepang


2. Jangan Mencoba Menjadi Diri Sendiri.

Gadis-gadis di Jepang selalu berkelompok. Mereka akan berpikir seseorang tidak memiliki teman jika mereka melihat seseorang berjalan atau pergi sendirian. Kalau kalian tidak mau ditemani atau ingin pergi ke suatu tempat sendirian, mereka akan menganggap itu tidak sopan. Kalau kalian memang “teman”, lakukanlah semua kegiatan dengan seseorang dari grup kalian.

teman cewek jepang


3. Ketika Memiliki Masalah, Dia Ingin Seseorang Memberikan Saran. Tapi Jangan Katakan Opini Kalian.

Selalu ada saat di mana dia ingin berbicara dengan kalian ketika terjadi sesuatu. Ini bagian yang menipu karena sebenarnya dia tidak benar-benar ingin berbicara dengan kalian! Dia hanya ingin kalian setuju dengan apa yang dihadapinya dan simpati padanya, jadi dia bisa menjadi Ratu Drama.

teman cewek jepang


4. Bertatapan Mata Dengan Laki-laki, Terutama Menunjukkan Sex Appeal, Akan Membawa Kalian ke Dalam Masalah.

Mungkin kalian ingin dikenal di kalangan para cowok atau mungkin kalian hanya ingin berteman dengan mereka. Tapi jika kalian menunjukkan sikap yang lebih baik ke pada anak laki-laki dibanding ke teman-teman di grup kalian, mereka akan membenci kalian. Khususnya jika kalian menunjukkan sex appeal yang akan membuat kalian ditandai sebagai “cewek nakal”

teman cewek jepang


5. Jangan Abaikan Pesan atau Telepon Mereka.

Kalian HARUS merespon. Tidak peduli apa pun yang terjadi. Selalu terhubung merupakan peraturan yang mutlak, tapi kalian juga harus berhati-hati. Jangan kirim pesan lain jika dia belum membalas pesan sebelumnya.

teman cewek jepang


6. Kalian Mungkin Orang Paling Bahagia di Dunia, Tapi Kalian Tidak Bisa Memberi Tahu Orang Lain.

Membagikan kabar baik tentang diri kalian bisa diartikan dengan menyombongkan diri sendiri. Situasi di mana kalian akan terlihat lebih bahagia dibandingkan gadis lain di dalam grup akan membuat suasana tidak enak. Jadi sebaiknya kalian tulis saja kabar baik itu dia dalam buku harian, ya.

teman cewek jepang


7. Bilang Kalau Dia itu “Manis” Meski Kalian Tidak Benar-benar Serius

Saling memuji merupakan salah satu peraturan pentimg demi menjaga kelanggengan hubungan di dalam grup. Bilang saja kalau dia itu “manis” (meski sebenarnya tidak) dan semua akan berjalan dengan sebagaimana mestinya.

teman cewek jepang


8. Tidak Membawa Oleh-oleh Adalah Hal Tabu.

Penulis juga tidak tahu hal dimulai oleh siapa, tapi tidak membelikan souvenir atau oleh-oleh setelah liburan untuk teman-teman kalian bisa dianggap sebagai sikap tidak sopan. Biasanya, orang akan membelikan camilan yang dikemas dalam bungkus kecil sehingga bisa dibagikan kepada semua orang. Tapi jika kalian membelikan souvenir, sebaiknya jangan bercerita terlalu banyak tentang kenapa kalian pergi dan apa yang kalian lakukan di sana karena itu bisa dianggap menyombongkan diri (termasuk souvenir yang kalian berikan).

teman cewek jepang


9. Jangan Katakan Kalau Dia Terlihat Aneh. Dia Bisa Terluka...

Biasanya para gadis suka melayangkan pertanyaan “Apa aku terlihat aneh?”. Ya, semua orang memang tidak sempurna, tapi pasti tidak akan ada orang yang mengatakan kalau seseorang tidak sempurna, bukan? Mereka punya harga diri, dan akan memalukan jika penampilan mereka terlihat aneh.

teman cewek jepang


10. Jangan Jadi Orang Pertama yang Membahas Suatu Masalah.

Jangan pernah mengatakan hal buruk tentang seseorang, kecuali ketua geng kalian yang memulainya. Dan jika dia mengatakan hal tersebut, jangan membalasnya meski kalian tidak setuju. Kalian cukup mengangguk sambil tersenyum, dan berpura-pura setuju dengannya.

teman cewek jepang

Memang ada beberapa hal yang dilebih-lebihkan, tapi memang begitulah kenyataannya. Peraturan aneh ini memang ada di mana-mana dan kebanyakan orang tidak setuju dengannya. Tapi, siapa yang memulainya? Siapa yang mengatakan kalian harus mengikutinya? Semua itu tergantung pada kalian, dan penulis berharap kalian dapat menemukan sahabat orang Jepang tanpa perlu khawatir dengan hal-hal yang disebutkan di atas.

Tokyo Girls Update / Zoomie

Related article