15 Maret 2016
gaya mangaka

Bagi kalian penggemar manga, tentunya kalian punya mangaka favorit yang ketika sang mangaka tersebut mengeluarkan manga terbaru pasti nggak akan ketinggalan untuk dibaca dan dikoleksi. Saking seringnya baca manga karya mangaka tertentu, atau karena manga tersebut merupakan manga seri yang sudah bertahun-tahun dibaca, sehingga ketika melihat karya lain dari mangaka tersebut nongkrong di toko buku, tanpa lihat nama pengarangnya maka langsung berpikir “Wahh... ini pasti karya xx-sensei” atau “Whoho… ini gambarnya xx-sensei banget!”.

Tapi tentu kalian tahu bahwa sesuai dengan berjalannya waktu, segala sesuatu pasti juga berubah, begitu pula dengan gambar dari para mangaka tersebut. Mungkin mereka tetap memiliki ciri khas yang sama, tapi siapa tahu, karena setelah berjalannya waktu kemampuan dan gaya menggambar mereka berubah dan meningkat.

Hal ini ditunjukan oleh Yu Yabuuchi yang memposting perubahan gaya menggambarnya di akun Twitter-nya, mulai dari karya pertamanya yang diterbitkan pada tahun 1983 hingga karya terbarunya pada tahun 2015 ini.

gaya mangaka

Gambar tersebut menunjukan bagaimana gaya menggambar Yu Yabuuchi berubah menjadi semakin menakjubkan dibanding pertama kali Cra28debut setelah 32 tahun. Kalau diperhatikan gaya menggambar pun juga bisa mengikuti trend gambar manga sesuai masanya, ya

Yu Yabuuchi debut pertama kali pada tahun 1983 dengan karyanya yang berjudul Boin de Gomen! yang dimuat dalam majalah Ciao, dan fyi waktu itu Yu Yabuuchi masih berusia 13 tahun! Sejak saat itu Yu Yabuuchi terus berkarya, menghasilkan manga-manga ber-genre Shoujo, hingga karya terbarunya yang sudah diterbitkan sejak tahun 2012 lalu dan masih berlanjut sampai sekarang, Dolly Kanon. Manga ini juga sudah mendapat game 3DS-nya sejak November tahun lalu di Jepang.

Sebagai bonus, dilansir dari Kotaku berikut juga merupakan beberapa tokoh dalam manga yang gambarnya juga mengalami perubahan sejak pertama kali muncul. Mungkin sebagian tokoh adalah bagian dari manga favorit kalian dan mungkin gambar-gambar ini juga sudah pernah kalian temui sebelumnya, but enjoy!

gaya mangaka
Samurai X, Whaa… Kenshin kelihatan lebih imut dan chubby waktu awal-awal keluar, ya..


gaya mangaka
Samurai X, Kamiya Kaoru


gaya mangaka
One Piece, Usop


gaya mangaka
Keroro Gunso, Berasa Keroro before-afte diet xDD


gaya mangaka
Chibi Maruko-Chan, Maruko


gaya mangaka
Crayon Shinchan, Shinchan


gaya mangaka
Ninja Kids, Rantaro Kirimaru


gaya mangaka
Lucky Star, Konata


gaya mangaka
Yu-Gi-Oh, Yugi Mutou


gaya mangaka
Hunter x Hunter, Kurapika


gaya mangaka
Hunter x Hunter, Leorio


gaya mangaka
Untuk yang ini, mangaka-nya pasi sudah bekerja keras!


Akiba Nation / Vitaaa

Related article

Komik / Manga Baru