24 Maret 2016
10 anime populer adaptasi light novel

GwiGwi.com – Light novel merupakan bacaan ringan berupa novel yang biasanya dilengkapi dengan ilustrasi seperti gambar-gambar di manga. Jumlah halaman light novel tidak lebih dari 200 halaman. Bahasanya cenderung sederhana sehingga mudah dicerna dengan sekali baca.

Light novel termasuk bacaan populer di Jepang. Kepopulerannya membuat banyak light novel yang diadaptasi menjadi manga maupun anime. Beberapa di antaranya pun menuai kesuksesan, seperti anime-anime populer di bawah ini.

 

1. Sword Art Online

Dari season pertama, Sword Art Online sudah mengambil perhatian banyak penggemar anime. Terutama mereka yang gemar bermain game. Mengisahkan tentang Kirito yang terjebak dalam dunia Sword Art Online, game VRMMORPG yang baru saja diluncurkan. Ia tak bisa log out dari game itu. Lalu muncul pengumuman jika ingin keluar dari sana, para pemain harus menyelesaikan game ini hingga level terakhir.

10 anime populer adaptasi light novel

 

2. No Game No Life

Anime ini masih menceritakan tentang game. Sora dan Shiro dikenal sebagai gamers legendaris yang selalu berada di peringkat pertama. Di dunia nyata, Sora dan Shiro kerjaannya memang hanya bermain game. Suatu hari kakak-beradik itu mendapatkan email yang membuat mereka terlempar di dunia game. Kemampuan game mereka benar-benar diuji di sana.

10 anime populer adaptasi light novel

 

3. Melancholy of Haruhi Suzumiya

Di tahun ajaran baru, Kyon sekelas dengan Haruhi, seorang cewek nyentrik yang terobsesi dengan dunia supranatural. Ia sampai dipaksa masuk ke dunia Haruhi dengan bergabung ke dalam sebuah klub yang menyelidikan tentang fenomena-fenomena supranatural. Haruhi pun berjuang untuk merekrut lebih banyak anggota. Hari-hari Kyon di tahun ajaran baru jadi tidak biasa.

10 anime populer adaptasi light novel

 

4. Accel World

Haru adalah seorang cowok bertubuh pendek dan gemuk yang jago bermain game. Kemampuannya itu menarik perhatian Kuroyukihime, seorang cewek populer di sekolahnya. Kuroyukihime memperkenalkan permainan terbaru bernama Brain Burst kepada Haru. Haru pun menyanggupi untuk membantu Kuroyukihime sampai ke level 10 di permainan itu.

10 anime populer adaptasi light novel

 

5. Toradora

Tokoh utamanya, Ryuji berbeda dengan cowok kebanyakan. Tampangnya memang seram, tapi ia senang mengerjakan pekerjaan rumah, terutama memasak. Suatu hari ia menyadari, rumahnya berdekatan dengan apartemen Taiga, cewek yang meninjunya di awal pertemuan. Namun hubungan mereka kemudian semakin baik, sampai akhirnya mereka bekerja sama untuk mendapatkan pujaan hati masing-masing.

10 anime populer adaptasi light novel

 

6. Hyouka

Anime ini mengisahkan tentang Oreki Houtaro yang bergabung di klub literatur di sekolahnya. Di klub itu ia berkenalan dengan Chitanda Eru, Fukube Satoshi, dan Ibara Mayaka. Setelah membaca buku antologi Hyouka, mereka lalu melakukan penyelidikan terhadap misteri yang ada di dalam buku tersebut.

10 anime populer adaptasi light novel

 

7. Shakugan no

Monster dari dunia lain mulai memasuki dunia nyata. Mereka mengambil energi milik manusia dan menjadi ancaman. Yuuji Sakai melihat fenomena itu di depan matanya sendiri. Hidupnya berubah saat melihat seorang cewek yang bertarung mengalahkan para monster itu sendirian. Cewek itu bernama Shana.

10 anime populer adaptasi light novel

 

8. Kokoro Connect

Kelima anggota Klub Riset Budaya mengalami fenomena aneh. Mereka bisa saling bertukar tubuh secara tiba-tiba. Mereka pun bisa merasakan kehidupan yang dijalankan oleh rekan sesama klub. Akibat kejadian aneh itu, mereka jadi tahu rahasia masing-masing. Hubungan kelimanya pun berubah.

10 anime populer adaptasi light novel

 

9. Durara!

Ryuugamine Mikado ingin merasakan bagaimana kehidupan di kota. Karena itu ia sekolah di SMA yang berada di pusat kota. Namun baru berada di sana Mikado menemukan banyak rumor tentang kehadiran gangster dan seorang pengendara bermotor tanpa kepala yang disebut Black Rider.

10 anime populer adaptasi light novel

 

10. Hidan no Aria

Kinji Toyama bersekolah di SMA Tokyo Butei, sekolah yang dikhususkan bagi mereka yang ingin menjadi detektif profesional. Karena merasa tidak cocok berada di sana, ia pun berniat keluar dari sekolah itu, tapi ia diserang oleh Butei Killer, seorang pembunuh yang memburu murid-murid Butei. Setelah itu ia pun terpaksa kembali ke Butei.

10 anime populer adaptasi light novel

 

Gwigwi.com / Pretty Angelia

Related article

Komik / Manga Baru