02 May 2016
tukang kayu jenius jepang
tukang kayu jenius jepang

Mendirikan bangunan di zaman dahulu pastinya sulit dan penuh dengan tantangan. Selain tidak tersedianya bahan-bahan dengan mudah seperti saat ini, mereka juga tidak punya banyak sarana untuk membuat struktur yang kuat tanpa semen, paku, sekrup, dan masih banyak lagi pengikat material modern. Mereka tetap mampu mendirikan bangunan luar biasa seperti Piramida dan Candi Borobudur. Tapi ternyata, Jepang juga punya cara sendiri dalam mendirikan bangunan mereka.

tukang kayu jenius jepang

Video dokumenter berikut akan memperlihatkan bagaimana cara orang Jepang membangun bangunan tanpa menggunakan paku, sekrup, atau benda lain untuk menjadi pengikatnya. Metode ini digunakan sejak zaman dahulu kala, karena metode inilah kastil-kastil di Jepang tahan sampai lebih dari 1.000 tahun.

Video dokumenter ini memang lebih banyak berbicara mengenai toko mebel Miya Shoji yang menggunakan cara tradisional dalam membuat mebel. Tapi, bila kamu punya 25 menit nganggur, menonton video ini lebih bermanfaat ketimbang melamun ngilerin waifu.

Dalam dokumenter tersebut, Hisao Hanafusa adalah salah satu dari sedikit orang yang masih mengggunakan cara tradisional. Dia berkata, “Tidak perlu sekrup, tidak perlu paku. Akan jadi tahan lebih lama!” Dia menekankan kalau efektivitas cara tradisional ini merupakan rahasia bagaimana kastil-kastil dan menara-menara tradisional di Jepang masih bisa berdiri sampai saat ini.

Rahasia lain mendirikan bangunan yang tahan lama di Jepang adalah mereka tidak didesain untuk melawan alam. Mereka didesain untuk menjadi satu dengan alam, mungkin artinya mereka tidak melawan terpaan angin atau menahan guncangan gempa, tapi malah mengikuti gerakannya.

Apakah kamu juga ingin membuat rumah tanpa paku atau perangkat modern lain? Siapa tahu lebih kuat dari rumah modern.

Jurnal Otaku Indonesia / Signum

Related article