06 Mei 2016
musim liburan di jepang alias golden week

Golden week adalah salah satu musim liburan di Jepang yang banyak mengundang para wisatawan asing untuk berkunjung karena banyaknya matsuri atau festival yang digelar.

Bisa dibilang juga Golden Week adalah musim liburan yang “kebetulan”. Hal ini karena ada empat hari libur nasional dalam periode tersebut dan ditambah dengan hari sabtu dan minggu yang memang hari libur reguler.

Selain itu, perusahaan dan industri sering meliburkan para pekerjanya pada tanggal 1 Mei untuk memperingati Hari Buruh meski di Jepang tidak masuk dalam kalender libur nasional.

Istilah Golden Week pertama kali muncul saat pemerintah Jepang mulai menetapkan undang-undang hari libur di tahun 1948. Gedung-gedung bioskop di seluruh Jepang dipenuhi penoton selama musim liburan tersebut.

Hal ini terjadi karena pada saat itu belum ada siaran televisi dan orang-orang Jepang gemar mengisi liburan mereka dengan menonton film di bioskop bersama keluarga mereka.

Karena fenomena ini, Matsuyama Hideo dari perusahaan film Daiei Motion Picture menilai periode ini sebagai minggu yang paling luar biasa di Jepang dan menyebutnya dengan “Golden Week.”

Istilah ini mulai menyebar ke masyarakat dan akhirnya periode libur diakhir bulan April sampai awal Mei dikenal dengan Golden Week.

Stasiun televisi terbesar di Jepang, NHK dan beberapa surat kabar sebenarnya sekarang sudah tidak menggunakan istilah ini. Karena menurut mereka penulisan dengan Katakana memakan tempat. Sedangkan alasan beberapa surat kabar tidak lagi menggunakannya karena mereka enggan meminjam istilah dari dunia film.

Selain pergi ke gedung-gedung bioskop, orang Jepang biasanya memanfaatkan liburan ini untuk pergi ke tempat-tempat wisata atau pulang ke kampung mereka.

Seperti musim liburan hari raya Lebaran di Indonesia, harga tiket transportasi dan tempat-tempat wisata menjadi lebih mahal.

Golden week juga mungkin merupakan periode liburan yang pas untuk orang indonesia untuk pergi ke Jepang. Karena meski masih memasuki musim semi, cuacanya sudah tidak terlalu dingin lagi dan yang pasti tidak panas.

Melihat stasiun-stasiun di Jepang yang dipenuhi oleh banyak orang pun akan menjadi salah satu pemandangan yang akan dinikmati saat Golden week!

Hari libur nasional yang terdapat dalam periode Golden Week:

29 April: Showa no Hi. Hari untuk memperingati ulang tahun kaisar Showa, yang meninggal tahun 1989.

3 Mei: Hari Konstitusi.

4 Mei: Greenery Day. Hari untuk memperingati alam dan lingkungan atau sering disebut dengan hari berkebun karena kaisar mereka sebelumnya yang memang suka berkebun

5 Mei: Hari anak.

The Daily Japan / Dshiryu13

Related article