10 Mei 2016
shin okubo korea kecil di tengah ibukota jepang

Apakah kalian pernah menonton film yang berjudul 26 Years Diary? Film yang bercerita tentang seorang pemuda Korea di Jepang yang mempunyai kekasih dan sahabat orang Jepang?

Cerita film tersebut diangkat dari kisah nyata Lee Su-Hyun yang mengembara ke Jepang. Ia harus menghembuskan nafas terakhir di Negeri Sakura ketika mencoba menyelamatkan seorang warga Jepang yang jatuh di atas rel kereta ketika sedang mabuk.

Lee bersama warga Jepang yang lain bernama Shiro Sekine mencoba membantu dengan melompat ke atas rel kereta, namun akhirnya maut menjemput mereka karena terlindas kereta.

Kisah heroik Lee pada tahun 2001 mendapatkan banyak perhatian dari warga Jepang yang tergugah. Aksi ini juga sedikit banyak memperbaiki hubungan bilateral antara Jepang dan Korea Selatan yang memang dikenal tidak akur karena faktor historis.

Lokasi kejadian tersebut berada di Shin-Okubo, sebuah daerah di Shinjuku yang juga dikenal sebagai “Korean Town” di Jepang. Tempat ini memang ibarat negara Korea dalam skala yang kecil.

Setahun berselang setelah peristiwa kematian Lee, Shin-Okubo benar-benar ditasbihkan sebagai “Korean Town” saat Jepang menjadi tuan rumah Piala Dunia bersama Korea Selatan.

shin okubo korea kecil di tengah ibukota jepang

Shin-Okubo terletak tidak jauh dari pusat kehidupan malam di Shinjuku, yakni Kabukicho. Sudah menjadi pusat kehidupan orang Korea di Jepang sejak Perang Dunia II karena banyaknya warga Korea yang hijrah ke sana.

Hingga kini, etnis Korea tercatat sebagai orang asing terbanyak kedua yang mendiami Jepang setelah China. Salah satunya yang paling terkenal tentu saja, Kiko Mizuhara.

Keturunan Korea di Jepang dikenal dengan Korea Zainichi, atau kadang disingkat Zainichi (在日). Istilah Korea Zainichi mengacu kepada penduduk permanen jangka panjang di Jepang, yang tetap mempertahankan kebangsaan Joseon (negara Korea lama, sebelum terbagi) atau Korea Selatan mereka.

shin okubo korea kecil di tengah ibukota jepang

Deretan toko yang menjual pernak-pernik Korea, restoran yang menyajikan makanan dan minuman Korea, hingga toko-toko yang menjual DVD, CD dan merchandise artis-artis Korea ada di sini. Tak ketinggalan juga poster besar yang terpampang guna mempromosikan konser ataupun drama Korea.

Sejak K-Pop melakukan invasi keluar negeri tak terkecuali Jepang, Shin-Okubo semakin dipenuhi oleh pernak-pernik girlband ataupun boyband Korea.

Star Shop mungkin menjadi toko yang paling populer dikalangan orang-orang yang mencari barang seputar dunia musik Korea dan toko ini juga menjual makanan dan juga kosmetik.

shin okubo korea kecil di tengah ibukota jepang

Jika kalian ingin mencicipi masakan Korea, cobalah mampir ke tempat makan seperti Tonchang Taisikan, Ozakukyo, atau Kanton no Omoide. Selain itu, juga banyak jajanan pinggir jalan murah meriah yang menjual makanan ringan hingga sushi dengan rasa Korea.

shin okubo korea kecil di tengah ibukota jepang
shin okubo korea kecil di tengah ibukota jepang

Di sini juga terdapat banyak bar dan tempat karaoke dengan lagu-lagu K-Pop pastinya. Sebuah yang bernama Bar Blue memiliki program ‘K-Pop nights’ dengan biaya masuk 2.000 yen untuk wanita dan 3.000 yen untuk pria yang sudah termasuk dua minuman gratis.

Berbicara tentang Korea, tentu tidak lengkap tidak membahas kosmetiknya. Di Shin-Okubo banyak toko-toko yang menjual kosmetik Korea yang bisa membuat tampilan kalian layaknya artis Korea.

shin okubo korea kecil di tengah ibukota jepang

Satu hal yang perlu kalian cermati sebelum berkunjung ke sini adalah pantau berita terkini antara Jepang dan Korea, karena jika sedang memanas, akan ada aksi demo dari penduk Jepang di sini. Kedua negara meski bertetangga nampaknya memang sulit untuk hidup rukun.

Untuk mengunjungi Korea kecil ini, kalian bisa menggunakan kereta JR jalur Yamanote Line menuju stasiun Shin-Okubo yang berada sebelum stasiun Shinjuku atau sebelum stasiun Takadanobaba.

Aroma Negeri Gingseng memang sangat kental di Shin-Okubo dan akan membuat kita lupa sejenak jika sedang berada di Jepang.

The Daily Japan / Dshiryu13

Related article

Komik / Manga Baru