11 Mei 2016
Nobita and the Birth of Japan 2016 Jadi Film Doraemon Terlaris Sepanjang Masa

Film ke-36 Doraemon: Nobita and the Birth of Japan 2016

Siapa yang tidak kenal dengan karakter robot kucing dari masa depan bernama Doraemon? Tidak hanya di Jepang, semua hal yang berbau Doraemon sangat populer. Kesuksesan cerita karangan Fujiko F. Fujio ini tidak hanya di manga dan anime, tetapi juga di film layar lebar.

Film ke-36 yang bertitel Shin Nobita no Nippon Tanjou (Nobita and the Birth of Japan 2016), berhasil meraup 4,037,148,300 yen hingga tanggal 5 Mei kemarin.

Keuntungangan ini sekaligus melampui rekor pendapatan dari film ke-33 Nobita no Himitsu Dougu Museum (Nobita’s Secret Gadget Museum) yang meraih pendapatan sebesar 3,98 milyar yen di tahun 2013.

Meski film ini sejatinya adalah rilisan ulang dari film dengan judul yang sama yang tayang pada tahun 1989, euforia para penggemar Doraemon tak surut, dan justru melonjak lebih tajam. Nobita and the Birth of Japan 2016 pun ditasbihkan sebagai film Doraemon terlaris sepanjang masa.

Film ini juga mampu memecahkan pendapatan terbesar untuk film Jepang di musim semi. Tak heran saat Golden Week kemarin banyak warga Jepang yang berbondong-bondong mengisi liburan mereka ke bioskop untuk menonton.

The Daily Japan / Dshiryu13

Related article