13 Mei 2016
Mengenal IC Card Masing-masing Daerah di Jepang

Pada artikel sebelumnya, The Daily Japan telah membahas mengenai penggunaan IC Card sebagai alat pembayaran di Jepang. Nah, selain berfungsi sebagai alat pembayaran, ternyata terdapat keunikan lain dari kartu tersebut, lho.

Untuk yang baru membaca artikel ini, The Daily Japan akan membahas lagi tentang kartu ajaib ini.

IC Card atau Integrated-circuit Card adalah kartu serba guna yang disediakan oleh pemerintah Jepang yang berfungsi sebagai alat pembayaran elektronik dalam rangka menekan jumlah transaksi uang tunai di Jepang.

Kartu ini dapat digunakan untuk pembayaran tiket JR, tiket Metro, vending machine, tiket bus kota, hingga pembayaran pada minimarket dapat dilakukan dengan IC Card, akan tetapi tidak dapat digunakan untuk pembayaran tiket Shinkansen, dan beberapa jenis Airport Bus.

Untuk para turis, kartu ini adalah solusi praktis dalam menghitung jumlah uang yen yang dimiliki, karena uang dalam bentuk fisik agak sulit dibedakan terutama dalam bentuk koin.

Cara mendapatkannya pun terbilang mudah, para turis dapat membelinya di seluruh stasiun JR atau Metro di wilayah manapun di Jepang.

Akan tetapi hal yang perlu diperhatikan selanjutnya untuk para turis yang mau membeli kartu ini pada saat traveling ke Jepang adalah perhatikan daerah pemberhentian pertama anda ketika melancong, karena nama IC Card atau Jenisnya di setiap wilayah berbeda.

Mengenal IC Card Masing-masing Daerah di Jepang

Untuk para turis yang destinasi awalnya ke Tokyo, anda bisa membeli IC Card yang bernama SUICA atau PASMO.  SUICA yang berwarna hijau, dapat digunakan di daerah Tokyo, Sendai, dan Niigata. Sementara PASMO hanya bisa digunakan di wilayah Tokyo saja.

Untuk di Nagoya atau Chubu, terdapat IC Card yang bernama TOICA atau MANACA, di mana jangkauannya hingga ke daerah Shizuoka.

Jika akan mendarat di Osaka atau Kansai, Anda bisa membeli kartu yang bernama IOCCA atau PiTaPa. Perlu juga diperhatikan ketika membeli kartu PiTaPa harus berhati-hati karena terdapat beberapa mesin yang sering menolak transaksi dengan kartu tersebut.

Berpindah ke wilayah Utara di Hokkaido, IC Card nya bernama KITACA. Sedangkan untuk wilayah Kyushu bernama SUGOCA, NIMOCA, atau Hayakaken.

Khusus untuk kartu Hayakaken hanya bisa digunakan di wilayah Fukuoka City saja di mana kartu tersebut khusus untuk Fukuoka Subway.

Ternyata IC Card yang disediakan oleh pemerintah Jepang berbeda dan unik. Kartu ini juga tidak mudah rusak, dan bisa untuk kalian koleksi sebagai tanda wilayah mana saja di Jepang yang telah kalian jelajahi.

Semoga info mengenai IC Card di setiap wilayah di Jepang dapat membantu para pembaca yang ingin berpetualan di Negeri Sakura!

The Daily Japan / Muhammad Yusuf Musa

Related article

Komik / Manga Baru