20 Mei 2016
Manga Cafe Surga Backpacker

Manga Cafe di Jepang memiliki banyak fungsi sehingga sangat digemari

All You Can Read

Manga Café adalah salah satu tempat favorit para anak muda Jepang dan penggila manga atau komik untuk menghabiskan waktu. Di sini, mereka bisa membaca semua manga, dari mulai keluaran terbaru hingga edisi yang sudah lama dan sulit ditemukan di toko buku.

Selain bisa membaca manga sepuasnya, alasan lain kenapa Manga Café begitu digemari adalah para pengunjung juga bisa browsing internet, bermain game, menonton DVD dan mendengarkan musik.

Tempat ini juga sering dijadikan ajang kumpul para penggila manga di Jepang untuk saling berbagi info dan cerita tentang manga kesukaan mereka masing-masing.

Biaya perjamnya berkisar antara 100 yen hingga 400 yen, yang biasanya tergantung dari kebijakan toko. Pelanggan umumnya harus mendaftar terlebih dahulu untuk masuk dengan mengisi formulir yang dilengkapi dengan identitas dan untuk para turis asing diwajibkan membawa paspor mereka.

Manga Café biasanya menawarkan minuman ringan gratis yang sudah ditentukan, dan menjual makanan ringan. Beberapa kafe juga terkadang menyediakan minumal beralkohol untuk para tamu yang sudah dewasa.

Manga Cafe Surga Backpacker

Alternatif Menginap

Selain fasilitas-fasilitas yang sudah disebutkan diatas, Manga Café juga bisa menjadi alternatif menginap orang Jepang dan para backpacker untuk mengirit pengeluaran karena biayanya jauh lebih murah dibandingkan hostel, apalagi hotel.

Untuk paket menginap biasanya kenakan biaya sekitar 1.600 yen untuk 8 jam dan akan mendapatkan ruangan khusus atau private room ini yang cukup nyaman untuk Anda menghabiskan malam.

Ada beberapa warnet yang menyediakan futon atau sofa yang akan membuat para penggunanya nyaman untuk tidur.

Manga Cafe Surga Backpacker

Beberapa Manga Café juga menyediakan selimut dan pengering rambut tanpa biaya tambahan, serta menjual sikat gigi dan pisau cukur. Tempat ini benar-benar bisa menjadi alternatif paling tepat untuk mengirit biaya travelling.

Namun di saat bersamaan, ada kekhawatiran tentang orang-orang yang tinggal secara permanen di Manga Café karena mereka tidak punya pilihan untuk tinggal di tempat lain.

Ini sudah menjadi masalah sosial dan menjadi perhatian banyak media di Jepang karena dalam beberapa tahun terakhir, gejala kemiskinan meningkat di negeri Sakura.

Terlepas dari kontroversinya, tempat ini adalah surga untuk para pecinta manga dan penyelamat untuk para backpacker!

The Daily Japan / Dshiryu13

Related article