26 Mei 2016
komikus manga perempuan terkenal

Pernahkah kamu mengetahui bahwa komikus favoritmu ternyata adalah perempuan padahal selama ini kamu selalu mengiranya laki-laki? Stereotip muncul di mana-mana, termasuk dalam manga dan anime. Menebak gender komikus yang telah membuat komik kesukaanmu tidak selalu mudah. Hal itu bisa saja dikarenakan genre dari komik tersebut, nama komikusnya, dan penggambaran diri komikus yang terkadang tidak jelas (seperti Umino Chica yang menggambarkan dirinya sebagai beruang).

Hal yang sebaliknya terjadi di Komikus Shojo Nozaki. Tokoh Nozaki Umetaro yang diam-diam menjalani kehidupan ganda sebagai komikus Sakiko Yumeno, penulis komik remaja perempuan Let’s Fall in Love. Akhiran “ko” pada nama “Sakiko” sering ditemukan pada nama perempuan, sehingga membuat terkejut Chiyo Sakura saat tahu kalau komikus tersebut adalah laki-laki.

J.K. Rowling juga menggunakan nama penanya sebagai respon dari penerbitnya yang ‘cemas konsumen laki-laki tidak akan membaca karyanya kalau mereka tahu karya tersebut ditulis oleh seorang perempuan’. Berkaitan dengan tema ini, Goo Rangking membuat daftar “Komikus Terkenal yang Ternyata Adalah Perempuan” dan inilah peringkat tiga teratas!

3. Oshima Tsukasa - Shoot!

Selain nama penanya, Oshima Tsukasa menggambarkan dirinya dengan karikatur laki-laki dan menggunakan kata ぼく (boku) saat merujuk dirinya yang adalah kata ganti maskulin.

komikus manga perempuan terkenal

2. Hiromu Arakawa - Fullmetal Alchemist

Peringkat kedua diduduki oleh Hiromu Arakawa, komikus yang terkenal dengan karyanya, Fullmetal Alchemist! Dia menggambarkan dirinya sebagai seekor sapi berkacamata dan menggunakan nama pena “Hiromu” yang berkesan maskulin sebagai pengganti nama aslinya yang terdengar lebih feminin, yaitu Hiromi.

komikus manga perempuan terkenal

1. Fumiya Sato - Kindaichi Case File

Komikus yang menduduki peringkat pertama adalah pemenang Kodansha Manga Award dan komikus dari komik Kindaichi Case File dan Detective School Q, Fumiya Sato. Karena nama penanya yang terdengar maskulin, tidak banyak orang yang menduga kalau Fumiya Sato adalah perempuan!

Apakah daftar komikus ini membuatmu terkejut? Ataukah menurutmu ada komikus lain yang seharusnya masuk daftar ini?

Tokyo Otaku Mode / Jen Smith

Related article