1 June 2016
10 film ghibli tonton

Jika kamu sudah menonton semua film di bawah ini, maka kamu bisa disebut sebagai otaku hardcore Ghibli. Ketika kita mendengar  film Ghibli, kita cenderung langsung  terpikir judul-judul besar, seperti Spirited Away, Princess Mononoke, My Neighbor Totoro, dan lainnya. Kemudian, ada juga judul-judul yang tidak sebesar judul-judul di atas, tapi tetap cukup terkenal seperti Whisper of the Heart, The Cat Returns, atau Pom Poko.

Setelah itu, ada juga judul-judul yang kurang populer, tetapi seberapa kurang populernya untuk ukuran film produksi Studio Ghibli yang terkenal itu?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut dan mengetahui berapa banyak mahasiswa Jepang yang belum menonton film Ghibli tertentu, Mynavi  melakukan survey kepada 400 orang mahasiswa untuk mengetahui film apa yang paling belum ditonton. Berikut hasilnya:

10. Arrietty (2010) – 31.3% belum menonton

10 film ghibli tonton

Kita mulai dari yang hampir tidak masuk ke daftar ini. Arriety bercerita mengenai manusia berukuran kecil yang tinggal di rumah keluarga berukuran normal, membuat mereka hidup dengan “meminjam” benda-benda seperti gula dan kertas tisu. Dengan review yang bagus dan cerita yang ringan, apa yang menyebabkannya kurang terkenal?

Ini adalah tanggapan salah satu responden survey mengenai film ini: “Keluargaku hanya tidak pernah membeli DVD-nya saja”. Kurasa ada cara mudah untuk mengatasi hal ini, bukan?

Artikel lengkap dari RocketNews24

9. Tales from Earthsea (2006) – 37.8% belum menonton

10 film ghibli tonton

Film satu ini bukannya kurang populer, hanya cukup mengecewakan. Tales from Earthsea disutradarai oleh putra Hayao Miyazaki yang baru pertama kali menjabat sebagai sutradara dan mendapat review campuran.

Berikut salah satu tanggapan responden survey mengenai film ini: “Aku dengar filmnya  tidak seru, jadi aku tidak tertarik menontonnya.” Kurang lebih inilah yang menyebabkan kita belum menontonnya.

8. Only Yesterday (1991) – 38.8% belum menonton

10 film ghibli tonton

Sekarang kita mendapat judul yang sedikit lebih tidak populer. Film yang bercerita tentang seorang perempuan yang mengingat kembali masa kecilnya ini sepertinya mendapat review yang sangat baik, dengan rating 100% pada situs Rotten Tomatoes.  Kalau begitu, kenapa hanya sedikit mahasiswa yang menontonnya? Jawabannya adalah karena film ini ditargetkan untuk penonton dewasa, bukan anak-anak. Oleh karena para responden berada di usia kuliah, mereka baru saja memasuki umur di mana film Only Yesterday diperbolehkan untuk ditonton.  Film Only Yesterday dengan versi Bahasa Inggris akhirnya dirilis pada tahun 2016 ini, dengan Daisy Ridley (Star Wars: The Force Awakens) sebagai pengisi suaranya. Jadi, ini waktu terbaik untuk memasukkan film ini ke dalam daftar film yang harus ditonton!

7. The Wind Rises (2013) – 41.3% belum menonton

10 film ghibli tonton

The Wind Rises pasti menjadi nomor satu dalam daftar film Ghibli yang ‘sering kudengar dari orang lain, tapi belum kutonton’. Film ini mendapat banyak pujian dan sangat sukses, tetapi entah kenapa tidak membuatku (dan 41.3% mahasiswa Jepang) menontonnya. Seorang responden survey memberikan pencerahan kenapa hal ini terjadi: “Aku tidak boleh menontonnya karena salah satu tokohnya merokok”.

6. From Up on Poppy Hill (2011) – 48% belum menonton

10 film ghibli tonton

From Up on Poppy Hill adalah film yang ‘sering kudengar dari orang lain, tapi belum kutonton’. Tetapi, kali ini aku punya alasan kenapa aku belum menontonnya dan alasan tersebut sama dengan alasan salah satu responden: “Kelihatannya tidak menarik, jadi aku tidak menontonnya.”

Sayangnya, From Up on Poppy Hill kehilangan penggambaran yang indah yang terdapat pada film Ghibli Tidak ada dunia roh atau hewan ajaib di film ini, hanya cerita setelah Perang Dunia Kedua Jepang. Ini bukan berarti buruk, hanya saja tema ini bukan tema yang sangat dinantikan fans, sehingga membuatnya masuk dalam daftar ini.

5. The Tale of Princess Kaguya (2013) – 52% belum menonton

10 film ghibli tonton

The Tale of Princess Kaguya adalah film yang menceritakan kembali cerita rakyat Jepang klasik tentang penebang bambu yang menemukan seorang anak perempuan di dalamnya dan menyebutnya “Puteri”. Film ini baru dirilis yang merupakan faktor besar para responden belum menontonnya. Film ini hanya belum punya cukup waktu untuk menarik penonton lebih banyak. Inilah yang dikatakan para responden: “Film ini tidak ditayangkan di TV, makanya aku tidak bisa menontonnya walaupun mau,”dan “Aku ingin menontonnya kalau sempat”.

4. When Marnie Was There (2014) – 57.8% belum menonton

10 film ghibli tonton

When Marnie was There adalah film lain yang juga mengalami penderitaan karena dirilis baru-baru ini. Ini yang dikatakan para responden: “Aku belum menonton film-film Ghibli yang baru”, “Aku rasa Ghibli kehilangan keunggulannya setelah Ponyo”, dan “Film-filmnya tidak ditayangkan di TV, jadi aku tidak bisa menontonnya.”

3. Panda! Go, Panda! (1972) – 58% belum menonton

10 film ghibli tonton

Film yang merupakan pendahulu My Neighbor Totoro ini justru mengalami masalah yang sebaliknya dari film-film sebelumnya: filmnya terlalu tua. Berikut pendapat para responden: “Filmnya terlalu tua, jadi aku belum pernah mendengarnya” dan “Film ini tidak ada di koleksi DVD keluargaku”.

Hmm… apakah ada kemungkinan DVD film ini akan dirilis kembali?

2. My Neighbors the Yamadas (1999) – 62% belum menonton

10 film ghibli tonton

Setelah banyak penyebab kurang populernya beberapa film Ghibli, terdapat film My Neighbors the Yamadas yang mengalami masalah karena terlalu tua dan tidak begitu bagus. Gaya animasinya begitu berbeda dari film Ghibli lainnya sehingga tidak begitu sukses di box-office dan orang-orang tidak begitu tertarik untuk menontonnya.  Berikut adalah pendapat dari para responden: “Aku harus repot-repot keluar untuk menontonnya, dan aku tidak terlalu ingin menontonnya” dan “Bukan sesuatu yang sangat ingin kutonton”.

Dan… film Ghibli yang paling sedikit ditonton adalah…

1. Ocean Waves (1993) – 65.2% belum menonton

10 film ghibli tonton

Aku belum pernah mendengar film Ocean Waves ini, tapi ada alasan bagus di balik itu: film yang diproduksi untuk ditayangkan di TV ini adalah salah satu dari sedikit film studio Ghibli yang belum dirilis di Amerika Utara! Perlu dicatat juga kalau Hayao Miyazaki tidak menyutradarai film ini dan banyak animasinya yang digarap oleh perusahaan luar. Hal ini merupakan bentuk dari usaha untuk memroduksi “film yang cepat, murah, dan berkualitas”… walaupun akhirnya film ini selesai lebih lama dari jadwal dan melebihi budget yang telah ditentukan. Berikut yang dikatakan oleh para responden: “Aku bahkan belum pernah mendengar film ini.” Inilah alasan dari 65.2% tersebut.

Inilah sepuluh film Ghibli yang belum ditonton oleh mahasiswa Jepang. Tapi, bagaimana denganmu? Apa kamu sudah menonton semuanya?

Tokyo Otaku Mode

Related article