7 Juni 2016
mengenal 4 pulau besar jepang

Jepang mempunyai 6.852 pulau pada 1988, dimana 426 pulau tidak dihuni. Kepulauan Jepang dibagi menjadi 10 bagian dan ada pulau utama.

Seperti halnya Indonesia, Jepang adalah negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan. Negeri matahari terbit ini mempunyai ribuan pulau meskipun kebanyakan adalah pulau yang kecil. Kepulauan Jepang adalah rumah bagi hampir 130 juta jiwa manusia. Sensus terakhir menunjukkan bahwa Jepang memiliki data penduduk yang diperkirakan mencapai lebih kurang 127 juta jiwa. Dari utara ke selatan, membentang empat pulau utama yang membentuk Jepang menjadi negara kesatuan. Apa saja pulau-pulau itu?

1. Pulau Hokkaido

Pulau ini terletak di bagian paling utara Jepang, dan menjadi pulau terbesar yang kedua. Dalam bahasa Ainu (suku asli Hokkaido) pulau ini disebut Ainu mosir yang berarti “tanah tempat tinggal manusia”. Hingga akhir zaman Edo, pulau ini dikenal dengan Ezo atau Hokushu dan akhirnya dirubah menjadi Hokkaido oleh pemerintan Meiji.

Pulau Hokkaido dinilai tidak seindah pulau-pulau yang lain karena tanahnya berbatu. Iklimnya yang dingin di hampir sepanjang  tahun membuat wilayah ini menjadi tempat yang cocok untuk merasakan salju meskipun dianggap sebagai wilayah terpencil. Kini Hokkaido telah berbenah dan terus mempercantik wilayahnya, terbukti dengan dipilihnya Hokkaido sebagai Prefektur paling menarik untuk dikunjungi atau berwisata selama dua tahun terakhir. Sapporo menjadi kota terbesar di Pulau Hokkaido dengan populasi sebanyak 1,890,561 jiwa.

mengenal 4 pulau besar jepang
Pemandangan Sapporo Snow Festival yang rutin diadakan setiap tahun mulai sejak awal 1980

2. Pulau Honshu

Ini adalah pulau terbesar di Jepang yang mencakup sekitar 60 persen dari total luas wilayah Jepang. Pulau Honshu dan Pulau Hokkaido dihubungkan oleh terowongan bawah laut Seikan. Berdasarkan geogfragisnya, Honshu adalah wilayah yang bergunung dan mempunyai banyak gunung berapi dan sering dilanda gempa bumi. Gempa yang terbesar adalah gempa bumi Kanto yang hampir menghancurkan Tokyo pada bulan September 1923. Meski demikian, pulau ini memiliki daerah pertanian penting yang berada di Niigata yang merupakan  produsen beras nomor satu di Jepang. Jumlah penduduknya adalah 98.352.000 jiwa yang sebagian besar tersebar di wilayah Kanto dan Kansai. Bisa dibilang pulau ini adalah jantung utama dari negara Jepang.

mengenal 4 pulau besar jepang
Gunung Fuji yang terletak dekat pesisir Pasifik di pusat Honshu adalah yang tertinggi di Jepang

3. Pulau Kyushu

Wilayah pulau ini juga sangat bergunung dan terdapat gunung berapi aktif yang terbesar di Jepang yaitu Gunung Aso, namun juga menjadi surga bagi para pecinta Onsen atau pemandian air panas. Pulau ini mempunyai tujuh Prefektu, dan Fukuoka menjadi kota utama di Pulau ini. Selain itu , ada Nagasaki, kota yang menjadi salah satu sasaran dijatuhkannya bom atom saat Perang Dunia II. Ini adalah pulau dengan jumlah populasi terpadat di Jepang, dikarenakan juga ukurannya yang tidak terlalu besar.

mengenal 4 pulau besar jepang
Aktivitas vulkanik di Gunung Aso

4. Pulau Shikoku

Ini adalah pulau terkecil dari empat pulau utama, serta dengan jumlah penduduk paling sedikit. Shikoku dihubungkan dengan Honshu melalui feri dan pesawat sejak 1988 oleh jaringan Jembatan Seto-Ohashi. Shikoku sendiri secara harafiah memiliki arti “empat propinsi” karena memang cuma ada empat Prefektur di pulau ini yaitu  Ehime, Kagawa, Kochi, dan Tokushima dengan  Matsuyama menjadi kota terbesar.

mengenal 4 pulau besar jepang
Jembatan Seto-Ohashi dibangun dari 1978 hingga 1988

The-Daily Japan / Christian Susanto

Related article

Komik / Manga Baru