9 Juni 2016
mengenal seragam sekolah jepang dari masa ke masa

Sekarang ini, seragam sekolah Jepang menjadi daya tarik tersendiri untuk para turis asing.

Di Jepang, tentunya setiap sekolah mempunyai seragamnya sendiri untuk murid-muridnya. Perbedaannya, kebanyakan dari seragam tersebut asalnya terinspirasi dari desain militer, namun sejak 1980an, gaya baru mulai muncul.

Gaya Militer

Seragam sekolah tradisional Jepang dipengaruhi dari seragam tentara eropa. Pada gaya ini, laki-laki biasanya memakai warna hitam atau celana biru laut , dan jaket dengan kerah yang berdiri. Institusi pertama yang memperkenalkan seragam ini adalah Universitas Tokyo pada tahun 1886. Saat ini, seragam ini dipakai oleh sebagian besar laki-laki dari SMP maupun SMA.

mengenal seragam sekolah jepang dari masa ke masa

Perbedaan dari seragam sekolah perempuan SMP maupun SMA adalah kerah besar yang mereka pakai di seragamnya, sering disebut yang pertama kali mempopulerkannya adalah Universitas St. Agnes di Kyoto pada tahun 1920. Seragam ini juga yang muncul pada serial anime Sailor Moon. Pada beberapa sekolah, murid memiliki pita yang berbeda tergantung dari kelas berapa murid tersebut, seperti contoh, mulai dari pita warna merah lalu biru kemudian putih setiap mereka naik kelas.

Berbagai macam gaya seragam yang kini muncul

Pada tahun 1980 gaya baru pada seragam mulai muncul, diawali dengan menggunakan blazer (jas) dengan kancing emas dan emblem di dada, mirip dengan seragam atlet oleh beberapa Negara pada upacara pembukaan dan penutupan olimpiade. Dibandingkan dengan seragam tradisional, seragam ini memiliki kesamaan untuk laki-laki dan perempuan.

mengenal seragam sekolah jepang dari masa ke masa

Mereka memiliki warna abu-abu atau jas biru laut yang cocok dengan celananya untuk laki-laki, dan rok untuk perempuan. Gaya seragam ini juga memiliki perbedaan pada musim panas dan dingin.

Beberapa sekolah mencari desainernya sendiri untuk membuat seragam sekolah  sesuai dengan reputasi dan atmosfer dari sekolah tersebut, sering juga seragam menjadi faktor penting dalam memilih sekolah.

Perubahan Fashion

Selalu saja  terdapat anak muda yang merubah sedikit seragamnya dengan tidak mengikuti aturan sekolah. Pada tahun 1990an misalnya, murid sekolah perempuan menggunakan kaos kaki yang panjang dan kebesaran dengan roknya yang sangat pendek. Baju yang kebesaran awalnya populer di kalangan laki-laki karena meniru gaya rapper dari Amerika yang sering memakai baju serta celana yang kebesaran. Kini, warna cokelat serta desain baju yang slim-fit lebih digemari karena terlihat sederhana dan tradisional bagi murid perempuan, dengan harapan terlihat lebih langsing.

mengenal seragam sekolah jepang dari masa ke masa

Kaos kaki panjang sampai lutut yang berwarna hitam juga kini digemari, dan banyak murid-murid sekolah yang kini sama sekali tidak membeli seragamnya di sekolah. Pada kasus ini biasanya murid  memakai baju yang terlihat smart yang mirip dengan seragam, namun memberikan keleluasaan berekspresi.

mengenal seragam sekolah jepang dari masa ke masa

Kini, banyak terdapat toko-toko spesialis untuk seragam sekolah yang populer bagi laki-laki maupun perempuan, bahkan untuk turis sekalipun.

The-Daily Japan /  Andri Bimo

Related article