17 Juni 2016
Anime Ghibli Tentang Hasil Alam Jepang Sukses Bikin Penonton Lapar

Film film buatan Studio Ghibli memang selalu dinantikan. Tetapi setelah sutradara kondangnya, Hayao Miyazaki, hengkang untuk beristirahat. Kabar-kabar tentang Ghibli jarang mencuat. Padahal sejatinya, selain sang master banyak juga sosok yang menghasilkan karya cemerlang. Salah satunya animator yang turut campur tangan menghasilkan Mononoke Hime (もののけ姫/Princess Mononoke): Koji Aritomi. Semenjak memutuskan “lulus” dari Ghibli, Aritomi-Sensei juga terbukti masih sangat lihai dalam menangani anime populer. Di antara karyanya yang dapat Akiba-chan dan Akiba-kei lihat seperti anime Kill la Kill, Naruto the Movie, Blue Dragon, dan Yahari Ore No Seishun.

Namun beberapa waktu lalu baru diketahui bahwa Aritomi-Sensei ternyata sekarang juga masih intens berkarya di Ghibli meski bukan dalam lingkup anime seri panjang. Saat ini, ia menjabat sebagai animator utama dalam divisi yang khusus memproduksi anime pendek sebagai bentuk iklan promosi hasil alam jepang, khususnya Prefektur Kumamoto. Divisi istimewa Ghibli tersebut dapat menyulap hal-hal yang biasa banget seperti sayuran, buah, makanan lengkap dengan para binatangnya menjadi sesuatu yang sangat cantik. Menawan untuk dilihat dan mendorong penontonnya jadi kepengen makan. He he he. Bahkan yang lebih mengangetkan lagi, ternyata seri animasi pendek ini tak hanya dikemas oleh Ghibli saja. Mereka juga bekerjasama dengan salah satu animator andalan Walt Disney Japan yaitu Takahiro Ikezo. Makin nggak kebayang, ‘kan, jadinya sekeren apa seri animasi mereka. Dasar jepang, pasti mengerahkan seluruh SDM unggulannya untuk promosi yang berhubungan dengan kenegaraan.

Salah satu video yang sudah dirilis oleh pemerintah Kumamoto dapat kalian lihat di bawah ini:

Dalam video yang diberi judul NIKOYAKA RESTAURANT tersebut dipamerkan pertama kali sepanjang sembilan puluh detik. Videonya berisikan gambaran sebuah restoran sederhana yang sedang sibuk melayani para tamu. Semua orang yang datang terlihat menikmati hidangan yang disajikan oleh sang koki restoran dengan lahap. Dalam proses memasak sang koki disorot bersama banyak bahan lokal seperti sayuran segar dan daging lokal yang menjadi andalan Kumamoto. Salah satu tamu ternyata sedang berulang tahun sehingga disajikan juga kue cantik oleh anak pemilik restoran. Video ditutup dengan pengalaman si anak memetik hasil alam Kumamoto. Coba, deh, lihat. Dijamin langsung lapar sehabis nonton

Ngomong-ngomong, Nikoyaka merupakan singkatan dari niku(meat), kome(rice), yasai(vegetables), dan kajitsu(fruits). Kata tersebut mewakili seluruh hasil alam lokal terbaik yang dapat dipersembahkan. Wow... Coba di Indonesia juga dibikin kayak gini. Pasti rame. Ha ha.

Anime Ghibli Tentang Hasil Alam Jepang Sukses Bikin Penonton Lapar
Suasana Restoran

 

Anime Ghibli Tentang Hasil Alam Jepang Sukses Bikin Penonton Lapar
Kesegaran yang terpancar dari sayuran. Ingat apa hayo kalau nonton ini?  Yap! Totoro!

 

Anime Ghibli Tentang Hasil Alam Jepang Sukses Bikin Penonton Lapar
Daging pilihan yang bikin ngiler saat dipanggang

 

Anime Ghibli Tentang Hasil Alam Jepang Sukses Bikin Penonton Lapar
Sparkling melon!
Sparkling melon!

Akiba Nation / 林

Related article