19 Juni 2016
Lima 2.5-Dimensional Terbaik 2015

Pertama-tama, apakah pertunjukan 2.5-Dimensional itu? Pertunjukan 2.5-Dimensional disebut demikian karena merupakan adaptasi panggung (musical atau drama panggung tanpa lagu) dari hal-hal 2 Dimensi (game, manga, anime, novel, etc). Contohnya TeniMyu (Prince of Tennis musical), SeraMyu (Sailor Moon musical), Touken Ranbu stage play, etc. Kali ini kita akan membahas tentang 5 adaptasi 2.5-Dimensional terbaik pada tahun 2015!

1. Live Spectacle NARUTO

Lima 2.5-Dimensional Terbaik 2015

Kombinasi akting dan akrobatik benar-benar mampu membawa dunia Naruto ke atas panggung. Make up dan kostum juga mampu membuat penonton terkagum-kagum karena kemiripan para aktor dengan tokoh-tokoh asli yang hanya ada di manga dan anime sebelumnya. Akting luar biasa terutama ditunjukkan oleh mantan aktris Takarazuka Yumi Hiro sebagai Orochimaru. Kehadirannya yang menakutkan dan mengancam makin terlihat dari gerak-gerik dan pengucapan dialognya. Ketiga aktor remaja yang memerankan Naruto (Matsuoka Kodai), Sasuke (Sato Ryuji) dan Sakura (Ito Yui) juga tidak boleh diremehkan karena mereka mampu mengimbangi para aktor senior yang ada, dan dinamika dan interaksi mereka begitu mirip dengan Team 7. Lagu tema yang dibawakan oleh FLOW berjudul Hikari Oikakete mengakhiri pertunjukan dengan sangat manis. Semoga akan terus ada lanjutan dari Live Spectacle NARUTO ini!

2. Ace of Diamond the Live

Lima 2.5-Dimensional Terbaik 2015

Baseball di atas panggung. Well, bila di atas panggung mampu diadakan pertunjukan dengan tema olahraga tenis, bola basket dan bola voli, mengapa tidak baseball? Ace of Diamond the Live menggunakan proyeksi untuk latar belakang yang membantu penonton untuk lebih bisa membayangkan luasnya lapangan baseball ketika para tokoh di atas panggung sedang berlatih atau bertanding. Ozawa Ren sebagai Sawamura Eijun mampu membawakan Eijun yang sangat enerjik, pantang menyerah, berisik tapi juga begitu unyu. Hirose Tomoki sebagai Furuya Satoru memberikan kehadiran yang sangat datar dan serius tapi juga menantang bagi Eijun. Wada Takuma yang memerankan Miyuki Kazuya juga begitu bisa membawakan sifat-sifat dan kelakuan Miyuki yang jail, manipulatif, licik namun juga perhatian. Rata-rata pemeran dari stage play ini memang benar-benar bisa bermain baseball, jadi gerakan dan bahasa tubuh mereka pun meyakinkan. Stage play ini juga cukup unik dalam mengguncang emosi penontonnya terutama dengan kehadiran Shiozaki Airu sebagai Yu Chris Takigawa dan segala konflik dan emosinya.

3. Kuroshitsuji Musical 2015: Lycoris that Blazes the Earth

Lima 2.5-Dimensional Terbaik 2015

Penggantian pemeran Sebastian Michaelis dari Matsushita Yuya menjadi Furukawa Yuta mungkin akan membuat beberapa fans ragu dan skeptis akan pementasan ulang judul Lycoris that Blazes the Earth. Namun Furukawa ternyata sangat sukses dalam memerankan Sebastian yang lebih mirip sang iblis di manga, dan bahkan sampai menuai pujian dari Toboso Yana-sensei sendiri. Seperti musikal-musikal sebelumnya, Kuroshitsuji penuh dengan kostum, tata panggung, lighting dan koreografi yang sangat indah. Aktor remaja pemeran Ciel Phantomhive, Fukuzaki Nayuta, tampak makin matang dan mantap dalam berakting, terutama ketika harus berinteraksi dengan Furukawa sebagai Sebastian dan AKANE LIV yang memerankan Madam Red dengan luar biasa. Uehara Takuya sebagai Grell dan Sasaki Yoshihide sebagai Viscount Druitt juga tetap mencuri perhatian. Yata Yusuke dan Hirose Yusuke sebagai W-Charles tampil menarik walau tidak memiliki jatah peran yang banyak.

4. Sailor Moon Musical Un Nouveau Voyage

Lima 2.5-Dimensional Terbaik 2015

Musikal yang menceritakan tentang bab Mugen Academy, alias tentang para Outer Soldiers, ini tetap didukung oleh para pemeran yang seluruhnya adalah perempuan. Un Nouveau Voyage juga merupakan pertunjukan kelulusan dari para pemeran Inner Soldiers dan Tuxedo Mask, sehingga mereka semua benar-benar berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi para penonton. Mantan aktris otokoyaku Takarazuka, Yamato Yuga, yang memerankan Tuxedo Mask, masih merupakan aktris yang paling berpengalaman dan berkharisma. Namun bila kamu penggemar Haruka dan Michiru, atau Sailor Uranus dan Sailor Neptune, musikal ini akan menjadi sangat sempurna untuk kamu. Kedua pemeran Haruka dan Michiru, Shiotsuki Shu dan Fujioka Sayaka, yang keduanya merupakan lulusan Takarazuka, tampil nyaris tanpa cela. Pemeran Tomoe Hotaru/Sailor Saturn, Takahashi Karin yang juga anggota idol group Prizmmy, juga begitu menyentuh ketika menunjukkan rasa kesepian dan ketakutannya akan apa yang ada di dalam tubuhnya.

5. Death Note the Musical

Lima 2.5-Dimensional Terbaik 2015

Musikal ini menjadi unik karena idenya justru datang dari Amerika. Komposer Frank Wildhorn yang membuat musikal Jekyll & Hyde lah yang pertama membuat lagu-lagu untuk musikal Death Note yang kemudian diterjemahkan ke dalam Bahasa Jepang dan Bahasa Korea dan dipentaskan di dua negara tersebut. Berperan sebagai si detektif jenius L adalah Koike Teppei, aktor drama dan artis J-Pop terkenal. Sebagai Yagami Light yang kompleks dan menjadi pilar pertunjukan adalah dua aktor yang bergantian memerankan Light untuk setiap show, Kakizawa Hayato dan Urai Kenji, yang keduanya sudah sangat berpengalaman di dalam dunia musikal Jepang. Pemeran senior lainnya adalah Kaga Takeshi sebagai Yagami Soichiro, yang sebelumnya sudah memerankan peran yang sama di adaptasi film dari Death Note. Penceritaan dan ending dari Death Note sendiri agak diubah dalam musikal ini, tapi tidak mengurangi keasyikan menonton. Salah satu adegan paling menonjol dalam Death Note the Musical adalah ketika L dan Light bersahut-sahutan tentang tekad mereka untuk saling membongkar kedok masing-masing.

SilverWind

http://silverwind.tumblr.com/

Related article

Komik / Manga Baru