29 Juni 2016
Otona no Kagaku Pocket Miku Singing Keyboard

Masih ingat dengan Pocket Miku Singing Keyboard yang kami perkenalkan kemarin? Kali ini kami akan membahas lebih dalam mengenai Pocket Miku Singing Keyboard ini.

Otona no Kagaku Pocket Miku Singing Keyboard

Hatsune Miku merupakan program singing voice synthesizer yang dapat membuat bagian vokal hanya dengan memasukkan melodi dan lirik lagu. Sementara Pocket Miku (NSX-39) merupakan versi sederhana dari program Hatsune Miku tersebut, tetapi tetap memiliki data vokal yang sama.

Otona no Kagaku Pocket Miku Singing Keyboard

Dengan menempelkan stylus pen pada carbon pad yang berbentuk seperti tuts piano, kalian bisa membuat Miku bernyanyi sesuai dengan nada yang kalian tekan. Kalian juga bisa menambahkan vibrasi dan mengganti oktaf suara Miku dengan menekan tombol-tombol yang ada pada Pocket Miku ini. Tombol-tombol tersebut memiliki fungsi berbeda-beda:

- Tombol vibrato: menambahkan vibrasi pada suara Miku

- Tombol shift

- Tombol a-i-u-e-o: membuat Miku menyanyikan kelima vokal tersebut

- Tombol volume up

- Tombol volume down

Selain itu, terdapat juga 3 mode yang bisa kalian mainkan, yaitu mode basic, mode preset, dan mode MIDI.

Pada mode basic, kalian bisa membuat Miku bernyanyi dalam dua mode yang berbeda:

1) mode do-re-mi (default)

2) mode a-i-u-e-o (dengan menekan tombol a, i, u, e, dan o)

Sedangkan dalam mode preset, kalian bisa memainkan 5 buah lagu yang telah dimasukkan sebelumnya, yaitu:

● Tombol shift + A: Konnichiwa Arigato (Hello, thank you)

● Tombol shift + B: Butterfly song (choucho)

● Tombol shift + C: Cherry song (Sakura)

● Tombol shift + D: Auld Lang Syne (Hotaru no hikari)

● Tombol shift + E: Irohanihoheto

Pada mode MIDI, kalian bisa memasukkan lirik lagu yang kalian inginkan dan memainkannya pada realtime. Untuk menggunakan mode MIDI, kalian perlu mengakses aplikasi Pocket Miku pada link-link berikut ini:

1) Aplikasi Pocket Miku

2) Aplikasi Pocket

3) Aplikasi untuk bermain pada realtime

4) Aplikasi untuk mengganti konfigurasi

Langkah-langkah menggunakan mode MIDI:

1. Sambungkan Pocket Miku dengan komputer melalui kabel Micro-USB

2. Masukkan URL aplikasi pada browser (dapat diakses dengan Google Chrome Version 33 ke atas)

3. Izinkan Web MIDI API (chrome://flags/#enable-web-midi) dan reboot browsermu

4. Masukkan kembali URL applikasi dan setujui Terms of Condition. Setelah itu Pocket Miku akan tersambung dengan komputermu.

Panduan penggunaan Pocket Miku ini dapat kalian lihat pada Pocket Miku User’s Manual yang tersedia dalam bahasa Jepang dan Inggris atau bisa kalian lihat pada video ini.

Apa saja keunggulan Pocket Miku Singing Keyboard ini?

Pertama, Pocket Miku ini dilengkapi dengan banyak mode yang bisa dipakai, seperti menambah vibrasi dan menaik-turunkan oktaf.

Kedua, Pocket Miku ini dapat berfungsi sebagai MIDI sound generator yang cukup lengkap hanya dengan menghubungkannya ke komputer atau smartphone melalui kabel Micro-USB sehingga tidak perlu memakai banyak program dan aplikasi. Kalian juga bisa memasukkan lirik lagu yang kalian inginkan.

Yang spesial dari Pocket Miku Singing Keyboard adalah chip yang terdapat di dalamnya. Chip yang dipakai adalah eVocaloid LSI NSX-1, sebuah ultra high-performance vocaloid LSI chip, yang bisa digunakan sebagai vocaloid, dan juga bisa digunakan sebagai GM sound generator. Chip ini memiliki 16 channel MIDI dan Pocket Miku Voice dikhususkan untuk channel 1 sehingga kalian bisa menggunakan channel lainnya sebagai GM voice set.

Spesifikasi NSX-1: Reverb x 29 types, Chorus x 24 types, Insertion x 181 types, dan Master EQ (5 bands)

Dengan spesifikasi yang spektakuler tersebut, Pocket Miku Singing Keyboard ini dibanderol dengan harga sekitar 5.000 yen atau sekitar 600.000 rupiah saja! Tapi, kalian tidak perlu repot-repot membelinya dari Jepang karena Pocket Miku Singing Keyboard ini bisa kalian dapatkan di MangaMon dengan cara menukarkan reward point kalian! Jangan sampai kehabisan, ya!

Sumber: http://fumiopen.blogspot.co.id/2014/06/pocket-miku.html

Related article