13 Juli 2016
Beberapa Istilah Fashion di Jepang yang Harus Kamu Ketahui!

Jepang, belakangan ini menjadi salah satu kiblat fashion dunia. Mungkin beberapa dari istilah dalam fashion Jepang sudah pernah kamu dengar, seperti “Gyaru”, “Lolita”, atau bahkan “Shironuri”, dan “decora”. Berikut ini merupakan beberapa istilah fashion yang biasa digunakan sehari-hari di Jepang.

Kata “Coordinate” atau biasa dipendekkan menjadi menjadi “Côde” merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut tampilan atau gaya seseorang. Dalam Bahasa Inggris, “Coordinate” merupakan sebuah kata kerja, namun dalam Bahasa Jepang menjadi kata benda dan biasanya digunakan bersamaan dengan tagar (#コーディネート, #コーデ, #今日のコーデ, dan lain-lain) dalam media sosial untuk menunjukkan betapa modisnya mereka. Jumlah terbatas untuk berbagai tipe dan kombinasi tampilan yang disesuaikan dengan musim, gaya, merek, dan poin utama di mana kamu ingin menarik perhatian. Pada dasarnya mereka biasa memakai kata-kata “outfit of the day” atau #OOTD. Ditambah lagi dalam majalah dan blog fashion, seperti istilah ini (meskipun kadang terjadi salah eja) menjadi trend di Instagram dan akun Wear bagi para fashionista dan para pengamat fashion.

Border

Motif border (“motif Bôdâ” atau biasa dipendekkan menjadi “bôdâ”) merupakan istilah umum untuk motif garis horizontal yang melingkari sesuatu. Kaus kaki jadul dengan motif garis-garis hampir ke ujung pangkalnya? Itu Border! Baju berkerah kontras atau model manset? Tidak juga.

Gaya border ini bisa saja motif dari sedikit garis yang mengelilingi daerah lengan atau kerah, atau garis yang melingkari bagian torso, tapi biasanya lebih kepada garis yang membuat motif horizontal. Jika kamu melihat motif-motif “border”seperti ini, kamu akan tahu kalau musim panas telah datang, karena motif ini merupakan salah satu yang paling disenangi dalam tampilan musim panas.

Beberapa Istilah Fashion di Jepang yang Harus Kamu Ketahui!

Mizutama (Polkadot)

Mizutama, merupakan sebuatan untuk motif polkadot dalam Bahasa Jepang. Meskipun mungkin tarian-tarian dari Eropa tak begitu terkenal di Jepang, namun ternyata motif yang asal namanya dari Eropa ini banyak digemari di Jepang.

Beberapa Istilah Fashion di Jepang yang Harus Kamu Ketahui!

Motif polkadot ini juga digunakan oleh perusahaan Calpis (atau lebih dikenal dengan Calpico) dan seorang seniman bernama Yayoi Kusama, yang terkenal dengan membuat berbagai macam dekorasi hasil interpretasi dari motif polkadot tersebut.

Tartan

Dikenal juga sebagai motif “kotak-kotak” di daerah Amerika Utara, masyarakat Jepang mengartikan “Tartan” sebagai garis horizontal dan vertical yang malang melintang yang aslinya berasal dari daerah Skotlandia, biasanya di jepang digunakan pada motif rok sekolah untuk wanita dan baju berkancing bagi para otaku.

Beberapa Istilah Fashion di Jepang yang Harus Kamu Ketahui!

Salah satu swalayan di Jepang, Isetan, menggunakan motif kotak-kotak untuk kantung belanja mereka dan seorang komedian bernama Kenji Tada dari duo COWCOW juga menggunakan pakaian dengan motif yang sama saat melakukan pertunjukkan.

Sukajan

Beberapa Istilah Fashion di Jepang yang Harus Kamu Ketahui!

Sejak penjajahan Amerika di Jepang setelah perang dunia ke-2, Sukajan atau jaket souvenir memiliki arti bahwa yang memakainya memberontak dengan apa yang lingkungan sosial harapkan, biasanya para rocker, anak-anak nakal, preman, atau geng motor. Mungkin beberapa dari kalian pernah melihat Sukajan di Majisuka Gakuen, yang tentu mengingatkan kita pada reputasi mereka yang terkesan kasar, padahal nyatanya terbuat dari satin. Belakangan ini, ternyata gaya ini banyak disukai karena diusung oleh merek ternama seperti Louis Vuitton, Gucci, Valentino sebagai salah satu trend 2016. Di Jepang sendiri, untungnya Sukajan versi asli dapat ditemukan di beberapa daerah, di antaranya di Doubita Street, tepat di sebelah Yokosuka, yang satu di antaranya pernah dipesan oleh tentara Amerika untuk memperingati perjalan mereka.

Meisai (迷彩)

Beberapa Istilah Fashion di Jepang yang Harus Kamu Ketahui!

Bagi kamu yang menyukai hal-hal berbau tentara, dan urban ninja, catat, ya, kalau di Jepang, model kamuflase biasanya disebut dengan Meisai. Meskipun kamu bisa saja menulis kamuflase dengan tulisan katakana (カモフラージュ), bahkan ada pula grup band asal Nagoya bernama CAMOUFLAGE, banyak orang yang mungkin tidak familiar dengan istilah tersebut.

Jadi, apakah sebelumnya kamu juga sudah mengetahui istilah-istilah tersebut? Terkadang memang sangat sulit untuk mengatakan sesuatu dalam istilah asing, bahkan yang terdengar familiar pun sepertinya berbeda. Mungkin hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperlihatkan fotonya lalu baru bertanya!

Tokyo Girls Update / Okkun

Related article