20 Juli 2016
Studio Ghibli Ungkapkan Filosofi di Balik Daging Misteri Spirited Away's Mystery

Film produksi Studio Ghibli, Spirited Away (atau Sen to Chihiro no Kamikakushi), menceritakan tentang petualangan tak terlupakan yang dialami Chihiro Ogino. Dia dan orangtuanya sedang dalam perjalanan pindah ke rumah baru ketika ayahnya tersesat ke distrik yang asing.

Setelah memakan hidangan misterius, orangtua Chihiro berubah menjadi babi. Kemudian Chihiro pun berusaha menyelamatkan dan mengembalikan mereka ke dunia manusia. Di akhir cerita, Chihiro diminta untuk memilih di antara kumpulan babi manakah orangtuanya. Dengan penuh percaya diri, Chihiro menjawab kalau orangtuanya tidak ada di dalam kumpulan babi itu.

Fans pun berspekulasi mengenai bagaimana Chihiro tahu kalau orangtuanya tidak ada di antara babi-babi gemuk tersebut. Kemudian seorang user Twitter, @0910noncha, pernah mengirimkan surat ke Studio Ghibli ketika masih kecil, dan dia pun mendapat respon dari Ghibli!

“Aku ingat dulu pernah menonton Sen to Chihiro no Kamikakushi, kemudian aku mengirimkan surat ke Studio Ghibli yang berisi pertanyaan tentang apa yang dimakan sang ayah dan kenapa dia berubah menjadi babi. Kemudian aku mendapatkan jawaban dari Studio Ghibli, padahal aku tidak ingat kalau aku pernah mengirim surat itu. Lol. Surat itu sekarang aku bingkai!”

Jawaban pertanyaan pertama tentang makanan apa yang terlihat sangat lezat dan enak! Menurut surat tersebut, kita semua tahu kalau makanan itu dihidangkan untuk “para tamu”, dan sangat lezat. Hidangan yang terlihat sepeti ayam tersebut dikatakan sangat lembut, bahkan sampai ke tulangnya menurut ibu Chihiro. Kalau memang benar ayam, seharusnya tidak begitu. Makanan tersebut seperti makanan yang umum ada di dunia manusia.

Kemudian, Chihiro pun menyadari kalau ada yang aneh dengan dunia itu sehingga orangtuanya berubah menjadi babi. Jawaban dalam surat menyatakan bahwa waktu mereka datang ke dunia itu sangat tepat sehingga kalian pasti akan menganggap kalau makanan itu merupakan jebakan.

Pertanyaan berikutnya adalah mengenai kenapa kedua orangtua Chihiro berubah menjadi babi.

Chihiro merupakan tokoh berusia 10 tahun yang tersesat di dunia misterius, tetapi dia belajar menerima kenyataan, begitu juga dengan pertemanan serta pengabdian sehingga dia menjadi individu yang bijaksana. Chihiro juga memiliki naluri bertahan hidup yang kuat.

Di lain pihak, orangtua Chihiro memiliki sifat yang bertolak belakang dengan puterinya: mereka berperan sebagai babi, di mana mereka mengkonsumi sesuatu secara berlebihan. Jawaban surat tersebut menyatakan kalau perubahan itu bukan merupakan perubahan seketika. Seiring berjalannya waktu, tubuh dan pikiran akan berubah seperti babi. Menurut Sutradara Miyazaki, ada orang-orang yang sifatnya serakahnya semakin menjadi-jadi selama masa penggelembungan ekonomi di Jepang. Dalam surat tersebut juga ditambahkan jika seseorang berubah menjadi babi, pikirannya dan jiwanya juga akan berubah. Fenomena ini pun dapat diobservasi di dalam kehidupan kita.

Jadi, bagaimana Chihiro bisa tahu kalau orangtuanya tidak ada di dalam kumpulan babi-babi tersebut? Itu bukan berarti Chihiro punya kekuatan khusus. Sang sutradara percaya, “Kalau Chihiro bisa bertahan di dunia itu, siapa saja juga bisa seperti Chihiro meski mereka mengalami keadaan krisis!”

Jawaban yang cukup panjang, ya? Menurut kalian, bagaimana dengan jawaban dari Studio Ghibli di atas? Apakah kalian akhirnya mendapatkan pencerahan?

ini merupakan artikel original Tokyo Otaku Mode yang ditulis oleh Jen Smith

Top Image: Tokyo Otaku Mode Premium Shop

Tokyo Otaku Mode

Related article

Komik / Manga Baru