10 Fakta Menarik Tentang Sabo
30 November 2017
10 Fakta Menarik Tentang Sabo

Sabo, orang terkuat nomor dua dalam pasukan revolusi yang ada dalam anime dan manga One Piece ini ternyata terinspirasi dari karakter novel. Mau tahu karakter apa yang menjadi inspirasi Oda-sensei ketika mencipatakan karakter Sabo?

Kehadiran Sabo dalam One Piece sungguh membuat kaget hampir seluruh fans yang ada di seluruh dunia. Sabo yang awalnya sudah dianggap mati ini, secara tiba-tiba muncul dihadapan Luffy saat berada di Dressrosa. Kemunculannya yang secara tiba-tiba ini membuat Luffy menangis melihat kakaknya.

Banyak fakta menarik tentang Sabo setelah kehadirannya di dunia One Piece, mulai dari tokoh yang menginspirasi Oda-sensei dalam menciptakan karakter Sabo hingga kemiripannya dengan mendiang Ace.

Penasaran? Yuk, langsung saja disimak 10 fakta menarik tentang Sabo berikut ini.

10 Fakta Menarik Tentang Sabo

1. Karakter Awal

Dalam cover chapter 596, Sabo digambarkan sebagai lelaki muda berpostur tubuh tinggi dan memiliki otot yang sama seperti Ace. Sabo juga terlihat mengenakan pakaian yang sama dengan yang dipakainya saat kecil dulu. Bedanya adalah pakaian tersebut berukuran lebih besar yang disesuaikan dengan tubuhnya.

 

2. Disinggung Pertama Kali dalam Chapter 558

Dalam gambar cover terlihat Sabo memiliki rambut yang agak panjang, dan matanya tertutup topi yang ia kenakan. Jika kalian perhatikan, tato yang dimiliki Ace bertuliskan ACE bukan ASCE seperti yang ia miliki. Itu menandakan bahwa adalah tribute untuk Sabo yang telah berpulang lebih dulu dari mereka. Dalam cover itu menceritakan bahwa “jika saja” mereka bertiga berlayar bersama akan terlihat seperti yang ada dalam gambar tersebut.

 

3. Terinspirasi dari Artful Dodger

Kebanyakan karakter yang ada dalam One Piece terinspirasi oleh sebuah karakter yang ada dalam film atau terinspirasi dari orang sungguhan. Nah, ternyata karakter Sabo juga terinspirasi dari sebuah karakter yang ada dalam novel karya Oliver Twist yang berjudul Charles Dickens. Dalam novel tersebut, Artful Dodger adalah seorang pencopet andal yang juga merupakan ketua dari asosiasi kriminal anak-anak. Tentu saja hal ini sangat mirip dengan Sabo yang juga merupakan seorang kriminal yang senang mencuri harta karun milik bajak laut.

 

4. Nasib Sabo Telah 2 Kali Disinggung

Bukti bahwa Sabo masih hidup sebenarnya sudah diperlihatkan sebanyak dua kali, yaitu pada episode 504 dan pada cover chapter 668. Dalam episode 504, terlihat sebuah scene di mana Dragon baru kembali ke kapalnya. Tiba-tiba Ivankov menunjuk sesuatu yang Dragon bawa pada saat itu, dan para anggota revolusioner yang lain pun berteriak memanggil tim medis untuk menolong seseorang yang dibawa Dragon.

Dalam cerita cover chapter 668, terlihat makam dari Shirohige dan Ace. Kalau secara sekilas, memang tidak ada yang aneh ataupun petunjuk yang ada di cover tersebut. Tetapi jika kalian perhatikan secara seksama, di depan makam Ace terdapat sebuah kotak dan di atasnya ada botol sake serta 3 buah chawan. Kedua clue ini menunjukkan bahwa Sabo masih hidup dan pada saat di Dressrosa, baru ditunjukkan bahwa memang Sabo yang membawa sake beserta 3 chawan tersebut ke makam Ace.

 

5. Debut Animasi Sabo

Jika kalian bertanya-tanya kapan dan di mana debut pertama Sabo dianimasikan, jawabannya adalah di episode spesial 3D2Y. Dalam episode spesial tersebut diceritakan latihan yang dijalani Luffy serta gangguan yang dihadapinya ketika sedang latihan, tapi Sabo tidak muncul dari cerita tersebut. Lalu dimanakah Sabo terlihat? Sabo terlihat pada saat scene after credit. Dalam scene itu Sabo terlihat menuangkan air ke 3 buah chawan yang ada di depan makam Ace sebagai rasa bela sungkawa pada saudara beda darahnya tersebut.

 

6. Peringkat Ke-5 Karakter Terpopuler

Dalam polling yang diadakan di Jepang, Sabo menduduki peringkat ke-5 karakter paling populer yang ada dalam One Piece yang membuatnya keluar sebagai karakter favorit yang ada di pasukan revolusioner, dan juga menjadi karakter terfavorit kedua “bukan bajak laut topi jerami” setelah Trafalgar Law.

Ketertarikan fans terhadap Sabo memang tidak bisa dipungkiti karena Sabo yang dikira telah mati ternyata masih hidup. Ia bahkan memiliki kekuatan yang sangat hebat. Selain itu, Sabo juga memiliki kekuatan Mera Mera no Mi milik Ace yang membuat semakin keren dan kuat.

 

7. Tiga Bersaudara Dengan Ciri Khas Topi Berbeda

Mengenakan topi mungkin sudah menjadi ciri khas 3 bersaudara ini, dan masing-masing memiliki topi yang berbeda. Luffy dengan topi jerami miliknya, Ace yang, meski sewaktu kecil tidak mengenakan topi pun, akhirnya mengenakan topi saat beranjak dewasa dan pergi kelautan, dan Sabo yang sejak awal diperkenalkan dalam One Piece sudah mengenakan topi dari kecil hingga sekarang ini.

 

8. Tubuhnya Paling Tinggi

Jika dilihat, Sabo memang yang paling tinggi di antara saudara-saudaranya dengan tinggi badan 187 cm (berbeda 2 cm dengan Ace tepat sebelum ia meninggal). Sedangkan Luffy bertubuh paling pendek dengan tinggi badan 174 cm saja.

 

9. Mengeluarkan Ekspresi Sama Seperti Luffy Saat Mengetahui Kematian ACE

Para fans One Piece tentunya tidak bisa melupakan kematian Ace. Luffy sangat syok saat melihat kakaknya meninggal di depan matanya sendiri. Dengan tatapan kosong, Luffy menangis dan pingsan tiba-tiba akibat syok.

Ternyata Sabo pun tidak jauh berbeda dengan Luffy ketika mengetahui kematian Ace. Sabo yang awalnya masih kehilangan memorinya tersebut menganggap Ace hanyalah bajak laut biasa. Tapi setelah mendengar kabar bahwa Ace meninggal, ia pun mengambil surat kabar dan mulai mengingat masa lalunya. Ia pun sadar bahwa Ace adalah saudaranya dan kini ia telah tiada.

10. Peran Sabo yang Menggantikan ACE

Peran Sabo dalam dunia One Piece sangatlah besar. Ia menggantikan Ace sebagai satu-satunya kakak yang dimiliki Luffy. Kemunculannya dalam cerita pun hampir sama saat Ace muncul dihadapan Luffy.

Ace pertama kali muncul saat Luffy ingin melawan seorang Shichibukai, Crocodile, dan membantu negara yang sedang diserang Crocodile. Sabo juga pertama kali muncul saat Luffy ingin melawan Shichibukai, Doflamingo, yang saat itu juga sedang menguasai suatu negara dan Luffy ingin menyelamatkan negara tersebut.

Ace menolong Luffy melawan musuh yang saat itu tidak bisa ia kalahkan seperti Smoker dan lainnya. Sama seperti Ace, Sabo juga menolong Luffy dengan cara melawan musuh yang kuat seperti Burgess dan Fujitora. Kedua kakak ini memiliki peran yang sama, yaitu membantu adiknya.

Saat ingin berpisah, Ace memberikan Luffy sebuah vivre card untuk membantu Luffy mencari Ace di masa yang akan datang, lalu menitipkan Luffy dan meminta tolong kepada anggota bajak laut topi jerami agar selalu menjaga Luffy. Ini juga mirip dengan ketika Sabo akan berpisah dengan Luffy, bedanya adalah Sabo membuatkan vivre card Luffy untuk dibagikan kepada teman-temannya agar mereka dapat dengan mudah mencari Luffy. Ia juga menyimpan sebagian vivre card untuk dirinya sendiri.

Yak, itulah 10 fakta menarik tentang Sabo. ternyata banyak hal yang sangat menarik dari kakak kapten bajak laut yang satu ini. Selain kuat, Sabo juga termasuk sebagai salah satu karakter terkeren yang dibuat Oda-sensei.

 

Hariyadi Prio Hutomo

 

 
ONE PIECE Vol. 81
ALIVE (20)
(15000 Pt.)
ONE PIECE (vol.81)

Related article

NEW RELEASES COMIC