Selain karakter Maid, MangaMon juga membuka submisi untuk kategori original agar para illustrator dapat bebas mengekspresikan diri mereka melalui gambar yang dibuat sesuai gaya masing-masing dan dari karakter tersebut, pesan yang ingin disampaikan MangaMon kepada masyarakat tersampaikan. Karena submisi untuk kategori original semuanya sangat bagus, para juri sampai bingung harus memilih yang mana. Selain 3 besar, ada juga 1 karakter favorit yang dipilih langsung oleh para user dari hasil polling. Berikut adalah para pemenang untuk kategori original.

Komentar Dari MangaMon
“Lucu!” itulah komentar pertama dari Tim MangaMon saat melihat desain karakter Maki & Mayu karya Atsarina Adani. Tidak hanya dari segi visual, latar belakang dari karakter yang masing-masing setinggi 20 cm ini sangat menarik. Tema android yang dipilih juga merupakan salah satu daya nilai tambah. Kalau dilihat dari penjelasan Atsarina, Maki & Mayu merupakan robot yang nantinya akan membantu Tim MangaMon dalam menjaga kerahasian database komik juga admin yang siap membantu para user MangaMon.

Kesan dari Sang Artist
Ada rasa kaget, senang, dan puas sama hasilnya. Saya sampai baca email-nya berkali-kali karena sempat tidak percaya, ha ha!

Inspirasi... Banyak, he he. Mainly anime, manga, dan karya-karya orang lain yang bikin saya amazed dan ingin improve. Kalau inspirasi untuk desain maskot MangaMon, mungkin mix antara Chobits, Angelic Layer, dan Vocaloid.

Komentar dari Mangamon
Dari segi teknis, tidak ada ruang untuk mengkritik desain karakter Mon-chan karya PhinPhin ini! Tentu kualitas paling menonjol dari karakter ini adalah teknik pewarnaannya; pembauran line-art dengan warna memberikan kesan klasik dan artistik pada desain ini. Unsur kawaii karakter ini juga sangat kentara. Ketika melihat Mon-chan, ada salah satu staf MangaMon yang langsung mengatakan “Mahoudzukai!” karena dari penjelasan yang diberikan sang kreator dikatakan kalau Mon-chan mendapatkan kekuatan yang membuat dia bisa membeli komik-komik kesukaannya.

Kesan dari Sang Artist
Inspirasi dalam pembuatan karakter yang ditujukan untuk kontes maskot MangaMon ini adalah:
a. Karakter yang mencintai manga dan sejenisnya.
b. Karakter yang memiliki kemampuan seperti "Magical Girl". Kemampuan tersebut berhubungan dengan manga dalam bentuk elektronik.
c. Karakter ini diciptakan menyerupai imej aplikasi Mangamon yang hadir secara ajaib dan membantu orang-orang untuk menggapai manga atau buku sejenisnya dengan lebih mudah.


Komentar dari MangaMon
Kawaii! Sekilas dilihat karakter Montcha buatan Caesar mirip dengan Godzilla! Dari sekian banyak karakter OC yang masuk, Montcha bisa dibilang agak berbeda. Awalnya Tim MangaMon mengira kalau Montcha adalah seorang anak laki-laki yang senang mengenakan kigurumi, tapi ternyata Montcha merupakan makhluk luar angkasa dari planet Manga. Konsep yang digunakan Caesar juga tidak biasa dan unsur ‘fun’-nya juga dapat.

Kesan dari Sang Artist
Sangat senang! Saya sendiri menyukai karakter Montcha yang saya buat ini. Dan mengetahui bahwa ia menang serta disukai oleh orang lain, turut membuat saya bahagia. Lain kali (jika ada lomba berikutnya) saya akan mencoba untuk menjadi Juara I!.

Inspirasi saya datang dari mana saja. Untuk karakter Montcha, saya membuatnya dengan image "Monster Manga" yang gemar membaca manga. Jika Montcha terlihat senang membaca manga, mungkin orang-orang yang melihatnya akan melihat betapa menyenangkannya membaca manga, dan menjadi penggemar manga juga.

Karakter Adelia Daphne terpilih sebagai ‘Karakter Favorit Pilihan Pembaca’ dengan jumlah suara 81! Selamat, Aulia Muhammad Khair

Kesan dari Sang Artist
saya sangat senang sekaligus terharu karena karya saya bisa terpilih menjadi pemenang favorit yang diadakan oleh mangamon. kerja keras saya terasa terbayarkan :'DD

kalau ditanya, inspirasi saya datang dari orang-orang terdekat saya sendiri. Merekalah yang memberi saya banyak masukan tentang bagaimana agar gambar saya terlihat lebih baik.

Demikianlah kesan-kesan para pemenang dan MangaMon. Kami juga berterima kasih kepada semuanya yang sudah mengirimkan karyanya kedapa kami. Dari sekian banyak karya yang masuk, memang tidak semuanya kami masukkan ke dalam Polling Karakter Favorit untuk kaegori Maid. Tapi, MangaMon ingin kalian tidak patah semangat! Teruslah berkreasi dan semoga ilustrator Indonesia semakin dikenal baik di dalam maupun luar negeri!

Promo dan Kontes Terkait