Pemenang lomba komik pertama yang diadakan Mangamon dengan tema pahlawan sudah ditutup pada bulan Desember kemarin sudah ditentukan. Ada lima buah karya yang terpilih sebagai Juara 1-5, dan satu karya yang keluar menjadi komik favorit pilihan user MangaMon. Mau tahu siapa saja para pemenangnya? Kalian bisa lihat di bawah ini!


Dog God

Hadiyas Hanafi

total skor : 107

Dog God Score
CategoryScore
Story15
Art18
Character Development14
Pacing14
Framing16
Dialog Flow14
Creativity16

Nia Ikasary

Gambar keren. Tema Oke. Masih kental terlihat unsur komik Jepang-nya, ya, dari font sound efek dan model baju. Font sound efek susah dibaca. Agak penasaran sama ceritanya.

Syuichi Mochida

Adegan action yang menarik dan gaya penggambaran yang modern. Akan tetapi, daya tarik karakter kurang ditonjolkan. Alasan mengapa sang tokoh utama melawan musuh juga tidak dijelaskan sehingga akan membuat pembaca bingung dengan tujuan mereka bertempur dan tidak memunculkan rasa empati dari pembaca pada sang karakter utama. Jika alasan tersebut digali leih dalam lagi, saya rasa adegan aksi juga dapat digambarkan dengan lebih baik lagi.

Tomoo Yoshida

Ceritanya menarik! Meski tidak mengerti apa pun mengenai Indonesia, saya jadi tertarik dengan dunia lain dan ingin membaca kelanjutan cerita ini tentang bagaimana mereka menyelesaikan permasalahan adat tersebut.



Legenda Tikusman

Andhika Pratama Ramadhan

total skor : 102

Legenda Tikusman Score
CategoryScore
Story16
Art15
Character Development16
Pacing14
Framing12
Dialog Flow13
Creativity16

Nia Ikasary

Kocak banget! Idenya menarik dan gambarnya unik. Punya ciri khas tersendiri banget. Ngg… memang botol susu bisa buat ngaca, ya? Atau itu tumbler? Ha ha.

Syuichi Mochida

Secara pribadi, karya ini yang paling menarik di mata saya. Karya ini memiliki originalitas, mulai dari karakter, dialog, hingga gaya penggambaran. Rasa percaya diri sang karakter utama yang tak ada habisnya juga memberikan kesan yang bagus serta membuat pembaca tertarik. Menurut saya, inilah yang terpenting dalam membuat komik. Saya menunggu karya-karya lainnya yang dapat membuat kemampuan Anda lebih terasah lagi.

Tomoo Yoshida

Ceritanya menarik karena saya dibuat untuk merasakan jaman yang menjadi latar cerita. Adanya alasan mengapa ia harus menjadi Tikus-Man dan bersama-sama dengan para tikus membantu manusia, cukup bagus. Saya menunggu karya Anda dikenal oleh semua anak muda di Indonesia.

Sang Pengantar

Brian&Ruth&Brigitte

total skor : 100

Sang Pengantar Score
CategoryScore
Story14
Art14
Character Development14
Pacing14
Framing14
Dialog Flow14
Creativity16

Nia Ikasary

Ide cerita bagus, unik, apalagi bahasa daerahnya. Alur cerita sudah luwes, gambar terasa “hidup”, tapi karakter kurang “mantap” dan gambar masih terlihat kasar.

Syuichi Mochida

Sang tokoh utama digambarkan dengan cukup baik dan ekspresinya dalam adegan action di awal juga terlihat. Namun ada sedikit gap seiring berjalannya cerita. Penggunaan panel sedikit masih ada kekurangan, dan jika pembagiannya dibuat lebih bagus lagi saya rasa akan memunculkan daya tarik karakternya.

Tomoo Yoshida

Menurut saya ada beberapa bagian yang terlihat ganjil, seperti, Apakah menurut pak pos mereka berdua masih bisa tertolong? Dalam ilustrasi, mengapa anjing, dan yang lain bisa terbawa oleh mereka berdua? Ada baiknya hal tersebut diceritakan di dalam komik ini.



Daddy Long Leg

Angelia

total skor : 77

Daddy Long Leg Score
CategoryScore
Story12
Art11
Character Development11
Pacing11
Framing11
Dialog Flow10
Creativity11

Nia Ikasary

Alur cerita terlalu “cepat”, jadi seperti potongan klip. Tone kulit agak sedikit membuat bingun. Temanya simple, tapi lumayan menyentuh. Gambar masih harus dimantapkan.

Syuichi Mochida

Adegan awal ketika si anak perempuan menangis sudah cukup bagus. Akan semakin mengesankan jika ceritanya dikembangkan lagi sehingga daya tarik tiap karakter terlihat.

Tomoo Yoshida

Ketika membuat komik, jangan jadikan sinopsis sebagai jalan cerita. Dalam membuat cerita, sebaiknya dipikirkan dulu matang-matang dan buatlah klimaks ceritanya. Dalam komik ini ada banyak bagian yang masih bisa digali dan disatukan.

Pandawa Ranger

Ivana Sari

total skor : 76

Pandawa Ranger Score
CategoryScore
Story13
Art10
Character Development11
Pacing9
Framing11
Dialog Flow11
Creativity13

Nia Ikasary

Penempatan frame masih agak membingungkan antara adegan satu dan selanjutnya (pemisahnya kurang jelas, lihat hal.5 & hal.6).

Syuichi Mochida

Atmosfir dalam seri pahlawan Tokusatsu Jepang cukup terasa, namun dialognya terkesan seperti preview film dan membuat saya ingin membacanya dalam versi film. Tokoh pahlawan dalam seri Tokusatsu cukup banyak, tapi ada satu tokoh utama yang ditonjolkan untuk menyampaikan alasan mengapa mereka bertarung. Cerita ini akan semakin menarik lagi jika ada penjelasan tentang karakter lawan apa yang harus dilawan.

Tomoo Yoshida

Saya ingin tahu bagaimana sang karakter utama mendapatkan kekuatan super. Bagaimana jika kisah dari masing-masing karakter yang ada lebih digali lagi? Karena ketika saya membacanya saya menemukan ada sesuatu ketika mereka berubah, seperti tokoh yang kuat terhadap bintang, api, dsb.



Bergarter

Saikou & Karakutei

total suara : 12 suara

Komentar kami

Selamat, ya! Komik karya Saikou & Karakutei berhasil menjadi Juara Favorit user melalui voting dari poling yang MangaMon adakan. Walaupun untuk poling lomba komik pertama ini peminatnya tidak terlalu, banyak, Mangamon berharap jumlah peminat yang ikut lomba komik dan user yang memberikan suara, jumlahnya akan bertambah.


Selamat, ya, kepada para pemenang! Mungkin komentar dari para juri kami dapat menjadi masukan dan pemicu kalian untuk menggali dan mengembangkan kemampuan kalian dalam membuat karya selanjutnya.

Bagi yang belum berhasil menjadi pemenang, kalian jangan berkecil hati. Asah dan gali terus kemampuan kalian sehingga bakat yang sudah kalian miliki menjadi semakin baik.

Dan bagi kalian yang suka membuat komik, tapi belum sempat ikutan lomba komik yang MangaMon adakan, kalian bisa ikut serta dengan mengirimkan karya kalian untuk lomba komik ke-2. Syaratnya apa saja, ya? Kalian bisa baca syarat & ketentuan serta informasi lainnya dengan meng-klik (link/banner) berikut ini.

Kami tunggu karya kalian!

Promo dan Kontes Terkait